fbpx

Mengenal Domain .DESA.ID : Domain Untuk Desa

Pengembangan desa saat ini tengah diprioritaskan. Mengingat banyak sekali daerah dengan potensi luar biasa namun masih jarang diketahui. Bukan hanya pengemabangan infrastruktur saja, namun juga terkait yang berkelanjutan guna mempertahankan potensi desa dan menjadikannya sebagai sumber income untuk pembangunan.

Mengenal Domain .DESA.ID

dengan domain .DESA.ID merupakan webite yang dibuat khusus untuk menampilkan info seputar desa secara online. Pengadaan dan pengembangan ini dimaksudkan untuk mendukung pemanfaatan serta kemajuan potensi suatu daerah agar dikenal masyarakat secara luas. Dengan hadirnya desa ini diharapkan mampu membuat masyarakat setempat untuk terus berinovasi.

Salah satu cara mutakhir dalam mempromosikan desa adalah melalui website. Perlu Anda ketahui jika web desa ini memiliki beragam manfaat  sebagai media promosi. Bukan hanya mampu meningkatkan kredibilitas, namun juga menghemat anggaran karena bisa dipakai berkepanjangan dan mampu terhubung langsung dengan masyarakat luas.

Web desa ini juga dimanfaatkan sebagai media pelayanan public dan manajemen keseluruhan infromasi yang menyangkut desa tertentu. Jadi, bagi siapapun yang ingin mencari informasi resmi, bisa langsung melihatnya di website resmi yang dikelola oleh desa.

Apa Fungsi Webs Desa?

Hampir semua lembaga membutuhkan website sebagai sarana untuk memberikan informasi secara . Baik itu terkait kegiatan, transparansi dana, keanggotaan, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan lembaga kampus, pemerintahan, website desa pun memiliki berbagai fungsi yang yang vital di tengah masyarakat. Apa saja fungsi tersebut? Berikut ini informasinya:

1. Media Penyalur Informasi

Informasi di era sekarang bukan lagi suatu hal yang sulit untuk didapatkan. Bahkan, tanpa dicari pun, informasi akan selalu mengalir. Masyarakat dengan adanya website desa bisa mengetahui informasi terkait saya seperti berita terkini, pendanaan desa, kinerja staf, profil, serta potensi apa saja yang dimilikinya. Anda tidak perlu lagi kesulitan mencari informasi jika di desa Anda sudah dimanfaatkan website dengan baik.

Baca Juga :  Apa itu Yahoo Indonesia ? dan Sejarahnya

2. Sebagai Media Publikasi

Bukan hanya sebagai penyalur informasi kepada khalayak luas, web desa juga dimanfaatkan sebagai media publikasi. Web desa ini nantinya akan memuat keberadaan desa hingga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Saat ini, memanfaatkan web desa sudah banyak diterapkan guna menunjang potensi daerah.

Salah satu contoh desa yang sudah memiliki web desa dan memanfaatkan nya adalah Desa Ciburial, Desa Pegiringan, Desa Karangmojo, dan Desa Pedekik. Dengan pemanfaatan website, masyarakat di seluruh Indonesia bisa mengenal beberapa desa tersebut secara lebih rinci dan detail.

3. Untuk Memberi Pengumuman Desa

Sebagai pemerintahan berwenang di  tingkat desa, tentu website desa bisa membantu dalam hal memberikan pengumuman desa. Seperti contohnya ketika desa ingin mengatakan sesuatu, maka tak perlu lagi repot  karena pengumuman tersebut bisa langsung disiarkan melalui website dan bisa diakses oleh banyak orang. Tentu cara ini lebih efektif dan efisien penggunaan waktunya bukan?

4. Sebagai Pasar Online

Tak hanya sebagai media pengembangan potensi desa, website juga bisa dimanfaatkan sebagai pasar inline. Jadi, semua potensi industri kreatif yang dikembangakan masyarakat bisa dipasarkan melalui website agar menjangkau yang lebih banyak.

Baca Juga Berikut : Mengenal Domain .SCH.ID : Domain Untuk Sekolah

Tips Membuat Website Desa

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari adanya web desa, tentu Anda juga ingin tahu bagaimana tips membuat .DESA.ID yang dikhususkan untuk membantu website pemerintahan desa bukan? berikut ini informasi lebih lanjutnya:

1. Daftarakan Domain Sebagai Desa.id

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan domain sebagai desa.id. Setiap kali melakukan pembelian domain pada provider, tentu pihak penyedia ini akan menanyakan diperuntukkan untuk apa website yang Anda daftarkan nantinya. Dikarenakan hampir semua lembaga memiliki domain khususnya masing-masing, maka jangan lupa untuk mendaftarkan desa dengan domain desa.id.

Baca Juga :  Cara Aktivasi Free SSL Setelah 24 Jam Dengan Mudah

Perlu Anda ketahui jika pendaftaran domain ini harus didampingi oleh pihak aparat atau yang berwenang. Biasanya, pendaftaran untuk domain satu tahun belum dikenakan biaya, namun untuk pendaftaran selama dua tahun kedepannya akan dikenakan biaya sebesar Rp 55.0000, cukup terjangkau bukan?

2. Pilihlah Layanan Hosting Terpercaya

Banyaknya penyedia layanan saat ini justru cukup membuat pusing bukan? pasalnya mereka semua pasti menawarkan sisi terbaik dari mereka. Sebagai acuan, Anda bisa melihat testimoni atau review dari pembeli yang sudah pernah memakai layanan mereka. Usahakan untuk mencari yang servernya berlokasi di Indonesia karena kecepatan dan kemudahannya akan lebih prima.

3. Lakukan Penginstalan WordPres

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah beberapa tahapan di atas adalah melakukan penginstalan . Tujuan utama dari komponen satu ini adalah untuk memudahkan Anda dalam mem mengelola konten nantinya. WordPress ini akan memberikan kemudahan dalam hal optimasi, penggunaan, serta sisi fleksibilitas layanannya.

Biasanya, pihak penyedia layanan sudah include dengan paket hosting yang mereka tawarkan. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu cermat dalam memilih provider.

4. Pilihlah Tema Website yang Sesuai

Hal penting yang juga harus diperhatikan dalam memilih web desa adalah temanya. Jangan sampai Anda salah memilih tema, seperti tampilan default saja. Karena tampian satu ini kurang menarik dan bisa membuat pembaca merasa bosan saat berkunjung di website. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih tema website, seperti: sisi desain minimalisnya, responsive, browser compatibility, hingga wajib SEO friendly nya.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengenal Domain .MY.ID : Domain Untuk Perseorangan

Itulah beberapa informasi terkait domain. DESA.iD yang diunkana  untuk engembangan potensi desa. Memang saat ini, penggunaan website menjadi hal wajib untuk memaksimalkan dan promosi agar semakin dikenal masyarakat secara luas.