fbpx

Mengenal Domain BIZ.ID untuk Bisnis

Penggunaan website saat ini bukan lagi hal yang baru. Perkembangan teknologi yang kian pesat memudahkan manusia dalam mencari informasi yang diinginkannya hanya dengan satu kali klik saja. Hampir semua orang mencari apa yang ingin diketahuinya di mesin pencari internet.  Itulah sebabnya, banyak disarankan untuk memakai website dan meng optimasinya.

Pentingnya memiliki website menjadi senjata utama di tengah perdagangan digitila seperti sekarang ini. Paling tidak, website perusahaan ini berfungsi sebagai company profile sehingga bisa dikenal luas oleh masyarakat meskipun tidak berdomisili di kota yang sama dengan perusahaan itu berdiri. Tentu calon bisa dengan mudah mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan .

Kenyataannya, website mampu menjangkau pelanggan lebih luas dan menyeluruh. Mampu menjawab tantangan jarak dan waktu karena kemudahan akses yang ada sekarang ini. Meski demikian, sebuah bisnis tidak hanya berporos pada website saja. Pengusaha juga perlu memikirkan kredibilitas dan profesionalitas website yang dimilikinya.

Ada banyak komponen yang harus dipenuhi untuk membuat website lebih terpercaya dan terjamin kredibilitasnya, salah satunya adalah Secure Socket Layer atau biasa disingkat dengan .  Selain komponen SSL, faktor pendukung kredibilitas lainnya adalah domain.

Mengapa Domain Penting Untuk Website?

Perlu Anda ketahui bahwa SEO di internet sangat dipengaruhi oleh nama . Pemberian nama website yang berhubungan dengan kata kunci serta niche memungkinkan Anda sebagai pemilik untuk mendapatkan peringkat di . Konsep bisnis, nama yang mudah diingat serta sederhana adalah poin penting yang harus diingat dalam memilih nama domain.

Selain itu, menggabungkan nama brand dan jenis yang digeluti merupakan trik jitu dalam melakukan brand awareness. Siapa sangka, hanya bermodalkan nama domain yang menarik, Anda  sudah mampu menyentuh banyak area dalam aktivitas marketing.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Hosting

Banyak pelaku usaha yang sangat berhati-hati dalam memilih nama dan ekstensi domain. Adapun domain yang paling banyak dikenal dan digunakan adalah COM. Selain Karena sudah diakui oleh global, ekstensi domain ini adalah yang tertua dan sangat familiar di telinga banyak orang.

Adapun kelemahan dari COM. Adalah sudah banyak digunakan oleh pelaku usaha sehingga memperkecil peluang untuk memperoleh nama yang sesuai untuk bisnis Anda.  Pada saat inilah, Anda perlu mencari peluang lain yang sekiranya mampu mendongkrak bisnis. Salah satunya dengan menggunakan ekstensi domain lokal atau biasa disingkat ccTLD.

Apa Itu ccTLD?

Mungkin sebagian orang masih awam dengan istilah ini. ccTLD sendiri merupakan singkatan dari Country Code Top Level Domain. Perlu Anda ketahui bahwa ccTLD ini merupakan nama domain Indonesia yang menggunakan ekstensi .ID menjadi ciri khas identitas Indonesia. Ada banyak nama domain dengan konsep ccTLD ini, diantaranya: .ID, .CO.ID, BIZ.ID, OR.ID, .AC.ID, .SCH.ID, .PONPES.ID, .MY.ID, serta .WEB.ID. Namun, kali ini akan secara khusu menbahas domain BIZ.ID yang digunaan dalam bisnis.

Ekstensi di atas dikelola oleh PANDI yang merupakan registry untuk nama domain tingkat tinggi. Beberapa domain di atas secara luas telah digunakan oleh lembaga dan pelaku usaha yang ada di Indonesia. Lalu apa saja keuntungan menggunakan domain BIZ.ID untuk bisnis Anda. Simak informasi berikut ya.

Baca Juga Berikut : Pengertian Parked Domain dan Keuntungan Membuatnya

Keuntungan Menggunakan Nama Domain BIZ.ID dalam Bisnis

Dalam menggeluti sebuah usaha, tentu keuntungan menjadi tujuan utama selain kebermanfaatan produk dan jasa yang ditawarkan bukan? salah satu cara untuk mendongkrak di era digital seperti sekarang yakni mengoptimalkan kinerja website.  Lalu apa saja keuntungan menggunakan nama do,ain BIS.ID ini? Berikut informasi lebih detailnya:

1. Diutamakan dalam Pencarian Lokal

ccTLD secara langsung akan membantu website untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari Google. Hal ini dikarenakan ip yang digunakan adalah nama local. Seperti contohnya: Google akan memberikan hasil pencarian yang beragam, namun saat mencari toko pakaian di Jakarta, maka website dengan ccTLD akan diutamakan oleh mesin pencari Google.

Baca Juga :  Mudah! Cara Mengatasi Website yang Sering Down

2. Website yang Dikelola Lebih Terpercaya

Menggunakan ccTLD dalam hal ini BIZ.ID untuk bisnis akan meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap toko Anda. Mengapa? Karena tentunya mereka akan merasa aman bertransaksi dengan website yang memiliki kode negara serta berukar informasi dengan bahasa yang dimengerti dan dipahaminya.

3. Sarana Mengembangkan Kreativitas

Dengan nama domain yang masih jarang digunakan tentu akan membuka ruang untuk mengembangkan kreativitas. Dengan nama domain yang lebih kreatif sangat menunjang strategi pemasaran bisnis Anda.

4. Menentukan Target Pasar Menjadi Lebih Mudah

Bukan hanya pelanggan lokal saja, Anda juga bisa memasang target pembeli dari WNA. Caranya yakni dengan memanfaatkan ccTLD sebagai nama domain .  Setiap pelaku usaha bisa menargetkan pasar di negara lain, tanpa perlu memiliki toko di negara tersebut.

5. Persediaan Nama Unik Domain Lebih Banyak

Berbeda dengan domain. COM yang secara global sudah dikenal dan banyak digunakan, dengan ccTLD, khususnya BIZ.iD membuka kesempatan besar untuk mendapatkan nama domain yang unik. Nama yang cenderung pendek dan SEO friendly  dengan ekstensi COM. Biasanya sudah tidak tersedia lagi. Untuknya, ccTLD membuka kesempatan untuk Anda dalam mendapatkan nama yang unik demi keberlangsungan penjualan produk dan jasa di .

Tak perlu khawatir, saat ini ada banyak sekali penyedia hosting dan domain terpercaya yang bisa membantu Anda dalam menentukan nama terbaik untuk website. Para provider pun akan membesarkan pelanggannya untuk berkonsultasi agar paket yang dipilih bisa tepat sasaran. Semoga informasi di atas bisa membantu ya. Sekian.

Baca Juga Artikel Berikut : Daftar Nama Domain Negara di Dunia | 5 Benua