fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Domain

Cara Mengatasi Your DNS Server Might be Unavailable, Mudah

Rianda

Pada dasarnya, mengatasi your DNS server might be unavailable menjadi hal penting yang perlu diketahui oleh semua pengguna website. Tentunya hal ini perlu diketahui supaya nantinya website dapat kembali digunakan seperti semula.

Supaya nantinya DNS bisa kembali berfungsi seperti seharusnya tentunya ada cara yang dapat dilakukan. Namun, bagaimana sebenarnya cara tepat untuk bisa mengatasi permasalahan ini? Simak informasinya berikut:

Kenapa DNS Server Might be Unavailable?

Seperti yang diketahui bahwa website membutuhkan DNS yang dapat tersambung dengan baik pada internet. Hal ini, sangat diperlukan supaya nantinya IP dapat terbaca dengan baik untuk menemukan website yang dicari.

Apabila DNS tidak dapat terhubung dengan baik pada sistem dalam internet, tentunya IP pun pada akhirnya tidak bisa terbaca. Resiko bila hal ini terjadi, tentunya akan membuat proses pencarian browser menjadi terganggu.

Bahkan kemungkinan IP dari website tidak dapat terhubung. Inilah kemudian yang membuat cara mengatasi your DNS server might be unavailable sangat penting diketahui. Tentunya dengan adanya informasi ini, maka nantinya pengguna bisa mengatasi bila ada masalah pada website karena kecepatan pada internet. 

Biasanya hal ini terjadi karena tidak adanya setting pada IP address yang tidak di setting secara manual. Hal ini, pada akhirnya akan menimbulkan masalah pada jaringan sistem windows.

Tentunya mengembalikan jaringan seperti semula pada akhirnya adalah hal yang perlu dilakukan supaya nantinya website bisa digunakan seperti sedia kala. Apabila DNS bisa kembali difungsikan, maka nantinya website pun bisa kembali berfungsi baik.

Bagaimana Cara untuk Mengatasi DNS Error Ini?

Mengatasi your DNS server might be unavailable pun pada dasarnya ada beberapa cara yang dapat dijadikan opsi oleh pemilik website. Lalu, apa saja solusi yang dapat dijadikan opsi dalam mengatasi masalah ini? Simak informasinya berikut:

1. Menggunakan Custom DNS

Solusi pertama yang dapat dijadikan opsi untuk mengatasi DNS server might be unailabel adalh menggunakan custom DNS. Cara ini biasa dilakukan dengan melakukan setting pada DNS. Lalu, bagaimana caranya? Berikut langkahnya:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka CMD terlebih dahulu melalui tombol windows plus R.
  • Tahap berikutnya silakan ketikkan ncpa.cpl pada kolom kosong open di jendela yang ditampilkan oleh sistem.
  • Proses berikutnya yang perlu dilakukan adalah memilih jaringan internet yang digunakan untuk disambungkan pada PC.
  • Pilih properties klik internet protocol version 4.
  • Nantinya akan muncul jendela yang memperlihatkan DNS server.
  • Silakan pilih pada menu obtain an IP address automatically.
  • Cek kembali website untuk mengetahui bahwa proses setting berhasil dilakukan.

2. Menggunakan DNS Google

Opsi berikutnya yang dapat dipilih adalah menggunakan DNS Google. Pada opsi ini, nantiya pengguna bisa melakukan pengaturan pada DNS dengan cara manual. Pada tahap ini, pengguna haruslah terlebih dahulu membuka menu windows seperti sebelumnya.

Supaya bisa mengetahui bagaimana langkah lengkap untuk mengatasi adanya tidak bisa tersambungnya jaringan pada DNS, maka mari simak ulasannya. Akan ada 4 tahap yang perlu dilakukan seperti berikut:

  • Tahap pertama silahkan tekan windows juga R bersamaan.
  • Langkah berikutnya ketikkan ncpa.cpl dalam kolom kosong yang disediakan.
  • Pilih jaringan internet untuk kemudian pilih protocol version 4.
  • Tahap berikutnya pilih address automatically sebagai proses berikutnya.
  • Silahkan klik menu ok sebagai tahap akhir.
  • Coba kembali website untuk mengecek apakah jaringan telah berhasil disambungkan kembali.

Itulah tadi sekilas tentang mengatasi your DNS server might be unavailable yang sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, dua cara tersebut merupakan cara sederhana yang tentunya bisa dipilih untuk membuat jaringan kembali dengan cepat.

Baca Juga