fbpx

Cara Menghubungkan Domain ke Hosting dengan 2 Langkah Mudah!

Apakah Anda sudah membeli dan mendaftarkan nama domain di sebuah layanan hosting? Nah, ini saatnya Anda untuk mempelajari cara menghubungkan domain ke hosting. Karena, dengan melakukan proses ini, Anda baru bisa mengaktifkan dan secara resmi meluncurkannya.

Karena terkadang, tempat membeli domain dan menyewa layanan hosting itu berbeda. Sehingga, Anda harus paham juga cara menghubungkan domain ke hosting yang berbeda.

Sebelum mulai untuk menghubungkan domain dengan hosting, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Apa saja itu?

Syarat Menghubungkan Domain ke Hosting

menghubungkan domain ke hosting berbeda

Anda pasti tidak sabar untuk segera meluncurkan website Anda dan mulai serius menjalaninya. Namun, sebelumnya, pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan berikut ini ya, untuk menghubungkan domain ke hosting yang berbeda.

1. Memiliki Nama Domain

Pastikan Anda sudah menyiapkan nama domain. Dengan begitu, saat ini Anda sudah siap untuk menghubungkannya ke hosting.

2. Memiliki Akun Hosting

Layanan hosting menyediakan fasilitas yang memiliki konfigurasi khusus dan terhubung ke secara permanen. 

Hosting merupakan rumah bagi Anda di sistem mereka. Anda biasanya harus membayar biaya langganan perbulan untuk menikmati layanan ini. Tujuannya, agar situs Anda dapat tampil luas di internet.

Nah, jika Anda sudah memenuhi dua syarat di atas, kini Anda siap untuk menghubungkan keduanya. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Menghubungkan Domain ke Hosting

cara menghubungkan domain ke hosting

Walaupun terlihat rumit, sebenarnya menghubungkan domain dan hosting hanya butuh dua langkah, lho. Apa saja langkah-langkah tersebut?

Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menguji Tema WordPress dengan Aman

1. Mengubah Domain Name System atau DNS

Di sini, Anda perlu memberi sinyal pada domain Anda untuk bisa mengarahkan domain ke hosting lain yang sudah Anda pilih dan pakai. Sehingga, ketika pengunjung mengakses domain Anda, akan langsung mengarah pada hosting tersebut.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui informasi perusahaan hostingnya. Karena, tiap penyedia layanan hosting, memiliki informasi yang berbeda-beda. Biasanya, informasi mengenai DNS ini dikirimkan  ke saat Anda membeli akun hosting tersebut.

Setelah Anda memastikan informasi Name Server dari penyedia layanan hosting, sekarang Anda bisa mengubahnya dari domain yang ingin Anda hubungkan dengan hosting. Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke halaman client area di domain yang sudah Anda gunakan.
  • Klik menu “manage” atau “pengaturan”.
  • Kemudian klik “Nameservers” di bagian kanan layar.
  • Akan muncul kolom-kolom nameserver , pilih “Use Custom Nameservers”.
  • Nah, sekarang Anda tinggal ubah nameserver tersebut dengan nameserver akun hosting yang Anda gunakan.

2. Proses Add-on Domain pada Hosting

Apabila domain yang Anda ingin sambungkan adalah domain atau website kedua, ketiga, atau seterusnya, maka Anda perlu melakukan proses add-on. Proses add-on ini artinya menyiapkan hosting untuk menjadi “rumah” bagi website Anda. Ini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke web hosting Anda.
  • Setelah masuk, klik pada ikon yang bertuliskan “Add-on Domain”.
  • Tuliskan nama domain yang akan Anda hubungkan. Anda juga diharuskan menginput password. Password bisa disamakan saja dengan akun cPanel, agar tidak membingungkan Anda.
  • Setelah Anda mengisi semuanya, klik “Add-on: di bawah pengisian.
  • Jika proses ini sukses, domain ada secara otomatis sudah ditambahkan pada daftar Add-on

Nah, itulah cara-cara untuk menghubungkan domain ke hosting. Cepat dan mudah sekali, bukan? Sekarang Anda sudah bisa mencobanya dan segera merilis website Anda. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga :  Panduan & Cara Setting VPS untuk Web Hosting Dewabiz