fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Manfaat Google Bisnisku Sebagai Sarana Promosi Bisnis

Rianda

Perkembangan teknologi informasi yang setiap tahun mengalami peningkatan memudahkan penggunanya dalam kehidupan sehari-hari. Google menawarkan sebuah tools yang membantu penggunanya berbisnis yakni Google Bisnisku. Salah satu manfaat Google Bisnisku adalah membantu promosi bisnis.

Pengertian Google Bisnisku

Google My Business merupakan suatu tools yang dibuat oleh Google untuk memudahkan pebisnis dalam mengelola bisnisnya. Calon klien dapat dengan mudah menemukan informasi tentang bisnis yang pengguna lakukan. Mulai dari alamat, nomor telepon hingga foto bisnis pengguna.

Manfaat Google Bisnisku

Penggunaan Google Bisnisku sebagai salah satu media promosi bisnis membantu penggunanya memperkenalkan bisnisnya kepada khalayak umum. Selain itu, cara pendaftarannya mudah dan gratis. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat Google Bisnis dalam mengembangkan bisnis pengguna:

1. Akses Informasi Bisnis Semakin Mudah

Manfaat Google Bisnisku adalah kemudahan calon klien untuk memperoleh informasi tentang bisnis pengguna. Kemudahan akses informasi ini membuat calon Client semakin tertarik dengan produk atau jasa yang pengguna jual. Hal ini menyebabkan calon klien akan berkunjung ke tempat bisnis pengguna.

Menurut riset dari Forbes.com terdapat 82% pengguna smartphone akan riset terlebih dahulu sebelum membeli barang. Maka, pengguna harus mengisi informasi yang lengkap tentang bisnis yang dijalankan. Semakin lengkap data tentang bisnis pengguna maka semakin banyak informasi yang diterima calon klien.

2. Sarana Komunikasi Dengan Calon Klien

Pada Google Bisnis terdapat fitur tanya jawab antara calon klien dengan pelaku bisnis. Calon klien dapat dengan bebas menanyakan berbagai hal yang terkait dengan bisnis yang pengguna kelola. Selain itu, pengguna dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan calon klien.

Fitur tanya jawab pada Google Bisnisku sangat membantu calon klien untuk berkomunikasi dengan pelaku bisnis. Proses komunikasi yang baik akan meningkatkan citra bisnis pengguna, sehingga lebih banyak calon Client tertarik dengan produk atau jasa yang pengguna tawarkan.

3. Muncul Pada Semua Device

Penggunaan Google Bisnisku dapat dilakukan oleh seluruh pengguna smartphone maupun tablet. Hal ini terjadi sebab Google Bisnisku sudah didukung dengan mobile friendly. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh Google Bisnisku semakin membuat banyak orang tertarik menggunakannya.

Calon klien dapat dengan mudah mengakses Google Bisnisku, sehingga dapat menemukan bisnis pengguna kapanpun dan dimanapun. Penggunaan Google Bisnisku menjadi sarana promosi bisnis dinilai sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan bisnis pengguna.

4. Mampu Melakukan Analisis Client

Manfaat Google Bisnisku lainnya adalah melakukan suatu analisis terhadap klien. Google bisnisku memiliki fitur khusus yang memudahkan penggunanya menganalisis klien yaitu fitur Insight. Fitur analisis ini dapat membantu pengguna untuk membuat strategi pemasaran agar lebih sesuai dengan target pasar.

Fitur Insight pada Google Bisnisku berisi tentang berapa jumlah, dimana asal Client dan bagaimana klien menemukan lokasi bisnis pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat melihat bagaimana perbandingan performa bisnis pengguna dengan bisnis lainnya.

5. Dapat Melihat Review Dari Klien

Salah satu fitur dalam Google Bisnisku yang semakin menambah nilai dari suatu bisnis adalah fitur review. Klien dapat memberikan penilaian terhadap produk atau jasa yang pengguna tawarkan. Hal ini memudahkan pengguna untuk melihat tingkat kepuasan klien.

Berdasarkan data The ROBO Economy terdapat 45% calon klien melihat review sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Pengguna perlu memberikan pelayanan serta produk yang baik agar review yang diberikan bagus. Semakin bagus review maka daya tarik produk atau jasa semakin tinggi.

Demikian penjelasan 5 manfaat Google Bisnisku sebagai sarana promosi bisnis. Semakin lengkap informasi dan semakin bagus review yang diberikan menarik banyak klien baru. Tingkatkan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan agar tingkat kepuasan klien tinggi, sehingga bisnis dapat berkembang.

Baca Juga