fbpx

Mau Tahu Manfaat DNS Server? Ini Informasinya!

Bagi seseorang yang menggunakan website sebagai media untuk bisnis maupun untuk sekedar keinginan pribadi tentu tetap harus memahami manfaat DNS server. Hal ini menjadi penting karena pada dasarnya melalui DNS inilah nantinya suatu website dapat diakses serta ditemukan dengan mudah.

DNS pun bisa dibilang merupakan sistem penerjemah yang sangat dibutuhkan oleh website supaya IP dapat diterjemahkan. Namun, apa sebenarnya fungsi dari DNS server ini? Mari simak ulasan berikut untuk informasinya:

Sekilas Tentang DNS

Pada suatu situs tentu tentulah akan banyak istilah yang harus dipahami oleh setiap pengguna website. Manfaat DNS server adalah salah satu informasi penting yang tentu harus diketahui. 

Apalagi melalui DNS inilah kemudian pengunjung atau bahkan pemilik website bisa dengan mudah menemukan situs yang tengah dicari. Sistem penyimpanan IP satu ini memang memiliki fungsi yang sangat berpengaruh besar pada mesin pencarian.

Melalui adanya DNS ini, maka nantinya pencarian address pada suatu website pun bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pengunjung tidak perlu menghafalkan banyak angka maupun kode supaya bisa membuka suatu situs.

Hal ini karena pada dasarnya DNS server merupakan suatu sistem yang dibuat untuk dapat membaca IP address pada suatu website. Melalui DNS inilah kemudian seseorang bisa membuka situs dengan lebih mudah tanpa perlu menghafal alamat dari situs tersebut.

Bila diumpamakan, maka bisa diambil contoh seperti halnya saat menyimpan nomor ponsel dan memberikan nama. Misalkan saja 0873535xxx disimpan dan diberikan nama XJ, maka nantinya pengguna bisa mencari nomor tersebut dengan menuliskan XJ.

Hal inilah kemudian yang dilakukan oleh DNS server dalam membantu pengunjung dalam menemukan situs. Tentunya dengan adanya DNS ini, maka nantinya pengunjung tidak lagi perlu menghafal banyak kode panjang untuk membuka suatu situs tertentu.

Mengenal Kegunaan DNS

Menilik dari penjelasan diatas tentu dapat disimpulkan bahwasannya DNS memang menjadi sistem yang penting bagi suatu website. Fungsi dari DNS server ini pun pada dasarnya juga cukup banyak.

Hal ini tentunya juga menjadi informasi yang perlu diketahui supaya pengelolaan sistem pun nantinya bisa maksimal. Lalu, apa sebenarnya manfaat DNS server? Mari simak ulasan berikut untuk informasi lebih jelasnya:

1. Membantu Mengatur Traffic Website

Manfaat DNS server yang pertama ialah untuk membantu sistem website dalam mengatur laju traffic pada aktivitas komputer. Tentunya dengan adanya sistem DNS yang dapat mengendalikan traffic dalam komputer, maka aktivitas pun pada akhirnya bisa berjalan lebih lancar.

2. Memudahkan Pencarian

Tanpa adanya DNS server ini tentu pencarian dalam suatu situs juga akan lebih sulit dilakukan. Hal ini karena nantinya seseorang haruslah selalu menghafalkan banyak IP address supaya bisa membuka suatu sistem.

Hal inilah kemudian yang dipermudah oleh DNS pada website supaya nantinya pengunjung bisa lebih mudah menemukan alamat situs yang dicari. Tentunya dengan begini, maka pencarian pun akan dapat dilakukan lebih cepat.

3. Dapat Mengidentifikasi Jaringan pada Suatu Komputer

Fungsi lain dari DNS server ini adalah untuk mengidentifikasi jaringan pada suatu komputer. Melalui adanya DNS ini, maka nantinya jaringan dapat mengidentifikasi komputer mana yang terhubung dengan jaringan tersebut.

4. Mendata Server Surat dari Domain

DNS juga menjadi sistem yang dapat membantu email dalam menyimpan setiap data dari server yang mengirim email. Tentunya dengan begini, maka nantinya setiap aktivitas email dari satu server ke server lainnya bisa lebih mudah.

Itulah tadi sekilas manfaat DNS server yang tentunya memang memiliki fungsi begitu penting bagi suatu website. Melalui DNS inilah nantinya suatu sistem dalam jaringan dapat berjalan dengan lebih baik. Tentunya proses pencarian website pun bisa lebih mudah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!