fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Macam Macam Cpanel Hosting yang Umum Digunakan

Rianda

Tidak ada salahnya mengenal berbagai macam cpanel hosting sebagai pengetahuan dasar. Mengingat kini banyak macam macam cpanel hosting yang dipakai dipasaran pada saat ini. Karena semua hal tersebut berfungsi dalam hal penyederhanaan berbagai proses pengolahan termasuk juga pengoperasian dari sebuah website.

Sehingga sudah dipastikan apabila ingin berkecimpung dalam dunia website harus mengenalnya. Terutama berbagai macamnya lengkap dengan kelebihan serta kekurangan dari sebuah panel hosting tersebut. Maka dari itu inilah beberapa macamnya:

1. Cpanel

Macam macam cpanel hosting pertama yaitu dengan nama cpanel yang begitu dikenal umum. Hal tersebut dikarenakan dari segi pemakaian yang familiar untuk sejumlah pengguna OS Linux. Ini juga disebabkan karena terdapatnya dua produk andalan yang sangat pas untuk berbagai kebutuhan.

Sekaligus juga dari segi fitur tampilan yang begitu lengkap dan sederhana. Maka dari itu fitur tersebut cocok bagi pemula serta juga untuk sejumlah orang yang memiliki komunitas lintas negara. Hanya saja dari segi lisensi memiliki harga yang lebih mahal.

2. Webmin

Berikutnya untuk macam macam cpanel hosting yaitu dengan nama webmin. Jenis cpanel ini memiliki ketersediaan dari berbagai jenis sistem unix, misalnya saja Solaris hingga Linux. Tidak hanya itu, dapat difungsikan bagi perangkat OS Windows, namun dengan fitur yang jauh lebih terbatas.

Tetapi jika berbicara segi keunggulan ini sangat friendly sekaligus juga didesain sederhana. Sehingga bagi pemula yang baru berkecimpung dalam bidang pekerjaan ini dapat digunakan secara mudah. Apalagi diakses gratis, namun segi kelemahannya adalah banyaknya fitur membuat proses belajar jauh lebih lama.

3. Plesk

Rekomendasi macam macam cpanel hosting selanjutnya adalah plesk. Sebenarnya plesk ini juga kini telah disediakan dalam versi Linux dan juga Windows. Mirip dengan cpanel pada umumnya bahkan dari segi ke popularitasnya kini telah dimanfaatkan oleh kurang lebih 11 juta website.

Hal ini menjadi bukti bahwa penggunaan plsk untuk us Windows jadi jauh lebih menarik. Apalagi dari segi desain antarmuka yang amat sederhana. Serta adanya tim suportif serta begitu responsif terhadap berbagai keluhan namun juga memiliki harga lebih tinggi dari segi lisensi.

4. Cyberpanel 

Jangan lupakan sebuah web hosting dengan nama cyberpanel. Bentuk cpanel tersebut juga dapat diunggah atau digunakan secara gratis bagi sejumlah pengguna Linux sebagai solusi paling tepat. Apalagi dalam pengelolaan sebuah hosting web saja lebih mudah dengan adanya kontrol panel yang sesuai.

Selain berbagai kelebihan tentu juga ada kekurangan yang dimiliki oleh jenis cpanel hosting ini. Diantaranya adalah segi kerumitan yang tidak cocok untuk pemula. Tetapi semua hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bantuan akses slack.

5. Ispmanager 

Rekomendasi terakhir berkaitan dengan kontrol panel ini dengan nama ISPmanager. Biasanya untuk hal tersebut secara umum dipakai oleh sejumlah sistem operasi dengan basis Linux. Tetapi dari segi desain pun sebenarnya jauh lebih sederhana jika dibandingkan berbagai cpanel hosting lain.

Selain itu juga telah menerapkan dua versi berbeda untuk kebutuhan bisnis dan lite. Misalnya lite cocok dipakai untuk pengguna vps atau server khusus. Berbeda halnya untuk versi bisnis sangat sesuai untuk sejumlah reseller dalam pengelolaan akun user yang jauh lebih besar.

Itulah bahasan singkat terkait macam macam cpanel hosting. Jadi kini bisa disimpulkan banyak jenis keberadaan cpanel hosting yang bisa dipakai berdasarkan kebutuhan. Sehingga dapat menyesuaikan dengan tingkat budget atau harga dari masing-masing penggunanya, jadi tidak akan terasa memberatkan.

Baca Juga