fbpx

Macam-macam Control Panel Hosting, Ini 5 yang Paling Oke

Untuk pemula, sambil belajar lebih lanjut tentang , ada baiknya Anda memanfaatkan control panel hosting. Macam-macam control panel hosting ini memudahkan Anda untuk mengelola website.

Tanpa menggunakan control panel hosting, Anda perlu mempelajari banyak hal untuk mengelola hosting website. Oleh karena itu, control panel hosting adalah yang utama untuk Anda.

Ada banyak sekali jenis control panel hosting, lima yang disebutkan di sini adalah yang paling recommended dan banyak dipakai oleh para pengelola website. 

5 Control Panel Hosting yang Paling Recommended

macam-macam control panel hosting

Fungsi control panel hosting adalah untuk memudahkan Anda dalam mengelola hosting website. Oleh karena itu, Anda harus memilih control panel yang mudah diaplikasikan. Berikut adalah beberapa yang recommended untuk Anda coba. 

1. Cpanel

Untuk pengguna OS Linux, adalah salah satu jenis control panel yang paling familiar. Kepopuleran cPanel bukan tanpa alasan. Ada dua produk andalan dari cPanel yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Keunggulan dari control panel ini adalah memiliki fitur yang sangat lengkap dan tampilan yang sederhana, sehingga cocok untuk pemula. Karena sudah banyak yang memakainya, cPanel juga punya komunitas lintas negara.

Kekurangan cPanel adalah lisensinya yang memiliki harga mahal dan perlu di-update berkala demi menjaga keamanannya, sebab ada risiko yang menyebabkan kehilangan

2. Webmin

Jika cPanel hanya bisa dipakai untuk pengguna Linux, tersedia untuk semua sistem Unix, termasuk sistem Linux dan Solaris. Control panel ini juga bisa digunakan untuk OS Windows, tetapi fiturnya mungkin lebih terbatas.

Baca Juga :  SSD Hosting VS Cloud Hosting, Apa Bedanya?

Kelebihan Webmin adalah desainnya yang sangat sederhana sehingga user friendly, terutama bagi pemula. Anda pun bisa mengakses panel ini secara gratis. Kekurangannya adalah Anda perlu banyak belajar untuk bisa memanfaatkan semua fitur yang ada di panel ini.  

3. Plesk

Plesk tersedia untuk pengguna Windows dan Linux. Hampir sama seperti cPanel, control panel ini juga sangat populer. Tercatat sudah ada 11 juta website yang memanfaatkan Plesk. Asal Anda tahu, tidak banyak panel yang mendukung OS Windows, sehingga Plesk adalah solusi terbaik bagi para pengguna Windows.

Kelebihan panel ini adalah antarmukanya yang sederhana untuk pemula. Plesk juga memiliki tim support yang responsif. Kekurangannya adalah biaya lisensinya yang relatif mahal. 

4. Cyberpanel

Untuk pengguna Linux yang ingin panel khusus yang gratis, Cyberpanel adalah solusinya. Meskipun bisa Anda gunakan secara gratis, panel ini tidak abal-abal, lho. Dengan control panel ini, Anda bisa mengelola hosting website dengan lebih mudah. Ini menjadi salah satu kelebihannya.

Namun, kekurangannya adalah tampilannya yang kurang ramah bagi para pemula. Bantuan pun hanya bisa pengguna akses melalui Slack (aplikasi pesan).  

5. ISPmanager

Terakhir, ada ISPmanager yang merupakan control panel berbasis Linux. Panel ini mempunyai desain yang cukup sederhana. 

Ada dua versi untuk control panel ini, yakni versi Lite dan . Versi lite cocok untuk pengguna khusus atau , sedangkan versi Business cocok untuk para reseller yang mengelola akun user.

Control panel ini juga mudah digunakan. Ada juga tim bantuan yang siap melayani pertanyaan-pertanyaan Anda. Namun, untuk mendapatkan hal tersebut, Anda perlu membayar biaya lisensi yang cukup mahal. 

Macam-macam Control Panel Hosting Lainnya

jenis control panel hosting

Selain lima yang sudah disebutkan di atas, masih banyak aplikasi control panel hosting lainnya. Berikut adalah beberapa control panel hosting yang juga bisa Anda pertimbangkan.  

  1. ZPanel
  2. DTC
  3. ISPConfig
  4. Directadmin
  5. VestaCP
  6. hPanel
  7. Kloxo
Baca Juga :  Cara Memperpendek Link Website dengan Mudah

Pada praktiknya, macam-macam control panel hosting tersedia untuk Anda pilih. Bagi yang masih pemula, lima control panel yang sudah disebutkan di atas adalah yang terbaik. Anda bisa mempertimbangkannya.