fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

VPS

Langkah Mudah Install cPanel di CloudLinux

dewabiz

cPanel dan CloudLinux adalah dua software populer dalam dunia web hosting. cPanel digunakan sebagai software control panel yang memudahkan pengguna untuk mengelola website dan server. Sementara CloudLinux adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikhususkan untuk web hosting. Jika Anda ingin mengelola server web hosting yang memanfaatkan kedua software tersebut, Anda perlu mempelajari cara menginstalnya dengan benar. Di artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mudah menginstal cPanel di CloudLinux.

Persiapan Sebelum Install cPanel di CloudLinux

Sebelum memulai proses instalasi, pastikan bahwa server Anda sudah terkoneksi dengan internet dan memiliki akses root. Selain itu, pastikan juga bahwa sistem operasi CloudLinux sudah terinstal di server. Jika Anda masih belum menginstal CloudLinux, Anda dapat mengikuti panduan instalasinya di situs resmi CloudLinux. Pastikan juga bahwa server Anda telah diupdate dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstal cPanel.

Setelah persiapan hardware dan software selesai, selanjutnya adalah memperbarui sistem operasi CloudLinux. Pastikan bahwa sistem operasi CloudLinux Anda telah diperbarui ke versi terbaru. Anda dapat memperbarui CloudLinux dengan menjalankan perintah “yum update” di terminal. Setelah proses pembaruan selesai, reboot server Anda untuk mengaktifkan perubahan yang telah dilakukan.

Terakhir, pastikan bahwa server Anda sudah memiliki license untuk menginstal cPanel. Anda dapat membeli lisensi cPanel dari situs resmi cPanel. Setelah memiliki lisensi, Anda dapat mengunduh file instalasi cPanel dari situs resmi cPanel dan menyimpannya di server Anda.

Langkah-langkah Mudah Install cPanel di CloudLinux

Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah menginstal cPanel di CloudLinux. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa Anda ikuti:

  1. Masuk ke server Anda melalui SSH dengan menggunakan koneksi root.
  2. Pastikan bahwa server Anda sudah terkoneksi dengan internet dan memiliki akses ke repository cPanel. Anda dapat mengeceknya dengan menjalankan perintah “ping google.com”.
  3. Update sistem operasi CloudLinux dengan menjalankan perintah “yum update”.
  4. Install cPanel dengan menjalankan perintah “cd /home && curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest”.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Jika proses instalasi gagal, pastikan bahwa server Anda telah memenuhi semua persyaratan instalasi cPanel.
  6. Setelah instalasi selesai, buka halaman cPanel dengan mengakses “https://[ip-address]:2087” dari browser Anda. Anda akan diminta untuk login dengan menggunakan username dan password root.

Setelah berhasil login, Anda dapat mulai mengelola website dan server Anda melalui cPanel.

Menginstal cPanel di CloudLinux memang membutuhkan beberapa tahapan persiapan sebelumnya. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menginstal cPanel dengan mudah dan memulai mengelola website dan server Anda dengan efisien. Pastikan juga untuk selalu memperbarui sistem operasi dan software di server Anda agar dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga