fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

VPS

Langkah Install cPanel di Rocky Linux

dewabiz

Rocky Linux adalah distro Linux yang baru dirilis setelah Red Hat Enterprise Linux (RHEL) menghentikan dukungan untuk RHEL 8. Selain itu, Rocky Linux juga merupakan distro Linux yang dapat digunakan untuk hosting web dan pengelolaan server, termasuk untuk menginstal cPanel. cPanel sendiri merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengelola hosting dan server yang kita miliki secara mudah. Artikel ini akan membahas langkah-langkah persiapan dan panduan lengkap menginstal cPanel di Rocky Linux.

Langkah Persiapan untuk Install cPanel di Rocky Linux

Sebelum menginstal cPanel di Rocky Linux, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan. Pertama, pastikan sistem operasi Rocky Linux sudah terinstall dengan baik dan terkoneksi ke internet. Kedua, pastikan bahwa sistem operasi Rocky Linux telah di-update dengan perintah sudo dnf update. Setelah itu, pastikan juga bahwa Anda telah memasang perl dengan menjalankan perintah sudo dnf install perl. Perl merupakan salah satu dependensi utama yang diperlukan untuk menginstal cPanel.

Panduan Lengkap Install cPanel di Rocky Linux dengan Mudah

Setelah melakukan persiapan di atas, maka berikut adalah panduan lengkap untuk menginstal cPanel di Rocky Linux dengan mudah:

  1. Download script instalasi cPanel dengan perintah curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest.
  2. Jalankan script instalasi cPanel dengan perintah sh latest.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Instalasi cPanel membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung pada kecepatan internet dan spesifikasi server.
  4. Setelah proses instalasi selesai, buka browser dan ketikkan alamat https://:2087 untuk mengakses cPanel. Pastikan bahwa diganti dengan IP address dari server Anda.
  5. Setelah berhasil masuk ke cPanel, lakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah panduan lengkap untuk menginstal cPanel di Rocky Linux dengan mudah. Pastikan bahwa semua langkah dipenuhi dengan baik dan cPanel dapat diakses dengan lancar. Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi dan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menginstal cPanel di Rocky Linux memang membutuhkan beberapa langkah persiapan dan panduan lengkap. Namun, dengan mengikuti panduan yang telah disediakan di atas, diharapkan Anda dapat berhasil menginstal cPanel di Rocky Linux dengan mudah. Sehingga, Anda dapat mengelola hosting dan server Anda dengan lebih mudah dan efisien menggunakan cPanel.

Baca Juga