fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Domain

Cara Melakukan Konfigurasi DNS Server Debian 9, Mudah!

Rianda

Bagi pengguna Linux tentunya melakukan konfigurasi DNS server Debian 9 menjadi hal yang perlu dilakukan. Melalui adanya konfigurasi DNS pada server Debian 9 ini, tentu nantinya sistem dalam website pun bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Pada era modern ini Debian 9 yang merupakan bagian dari sistem operasi dari Linux memberikan penawaran menarik untuk meningkatkan performa dari website. Namun, apa sebenarnya Debian 9 serta bagaimana cara konfigurasinya? Simak ulasan berikut untuk informasinya:

Mengenal Debian 9 dalam Linux

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwasanya Linux memang telah menjadi satu sistem dalam perantara hardware juga software yang banyak diminati. Pada dunia website sendiri, pun Linux juga menawarkan adanya Debian 9 sebagai bagian dari sistem Linux.

Tentunya dengan adanya Debian ini, maka nantinya sistem operasi dalam website pun bisa berjalan dengan lebih baik. Hal ini, tentu tidak terlepas dari kemampuan dari Debian 9 sendiri yang memberikan peningkatan performa pada PC.

Menariknya lagi Debian ini juga menjadi bagian dari sistem penting dalam suatu sistem komputer. Melalui Debian inilah nantinya sistem operasi dalam suatu domain ke alamat IP atau pun sebaliknya bisa berjalan dengan tepat.

Apabila diibaratkan secara lebih sederhana, maka Debian sendiri dapat dikatakan sebagai supir yang akan menjalankan kendaraan. Tentunya dalam suatu kendaraan ada berbagai macam sistem yang perlu dikendalikan supaya bisa dijalankan dengan tepat.

Hal inilah kemudian fungsi dari Debian 9 yang akan membantu sistem tersebut dapat berjalan dengan benar. Entah dari domain menuju IP address atau bahkan pada poin yang sebaliknya. Inilah kemudian yang membuat Debian 9 begitu, penting untuk dilakukan konfigurasi dalam sistem Linux.

Bagaimana Cara Melakukan Konfigurasi pada Debian 9?

Pada dasarnya untuk dapat melakukan konfigurasi DNS server Debian 9 sendiri tentunya haruslah terlebih dahulu mengunduh Debian 9. Nantinya pun untuk mengunduh Debian 9 ini bisa didapatkan dengan mudah serta gratis melalui situs resminya.

Tentunya setelah aplikasi selesai di unduh barulah kemudian Debian 9 dapat dipasang terlebih dahulu ke perangkat lunak. Apabila pemasangan telah selesai, nantinya konfigurasi dapat dimulai sebagai berikut:

  • Tahap pertama yang perlu dilakukan pada proses ini adalah mengubah NAT sebagai Host Only Adapter dimana hal ini dapat dilakukan melalui jendela Oracle VM virtualbox manager.
  • Klik ok sebagai langkah berikutnya bila NAT sudah berhasil diganti.
  • Apabila proses pergantian sistem dalam Adapter ini telah selesai, maka hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah menjalankan mesin virtual melalui menu start.
  • Tahap berikutnya adalah melakukan konfigurasi pada IP.
  • Pengguna bisa login menggunakan super user sebagai tahapan berikutnya.
  • Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan tentu adalah mulai menjalankan apt get install net tools.
  • Pada proses konfigurasi ini pun nantinya juga akan penambahan interface sebagai enpoS3.
  • Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah pilih menu nano/ etc/ network/ interface.
  • Proses pada nomor 8 ini digunakan untuk membuat pengguna dapat memperoleh konfigurasi IP address.
  • Tahap berikutnya silahkan pilih ctrl+X kemudian klik Y serta enter sebagai tahap terakhir.
  • Langkah terakhir yang perlu dilakukan berikutnya tentu adalah cek apakah konfigurasi pada DNS server Debian 9 berhasil dilakukan.
  • Tentunya dalam prosedur ini pastikan bahwasannya konfigurasi berhasil dilakukan supaya nantinya sistem pun bisa memiliki performa lebih baik pula.

Itulah tadi sekilas tentang konfigurasi DNS server Debian 9 yang diketahui oleh setiap pengguna sistem Linux. Adanya konfigurasi ini nantinya akan menjadi satu poin penting bagi pengguna website untuk mendapatkan pelayanan lebih baik untuk penggunaan Domain maupun IP address.

Baca Juga