fbpx

Daftar Kelebihan dan Kekurangan VPS dalam Mengelola Website

Untuk melakukan pengelolaan terhadap website, tentunya pemahaman mengenai kelebihan dan kekurangan VPS penting untuk dimiliki. Pasalnya VPS sendiri, merupakan suatu server virtual yang mempunyai resource secara mandiri. Hal tersebut, hanya mampu dipergunakan oleh satu orang pengguna saja.

Tak bisa dipungkiri bahwa sejumlah pengguna melakukan pertimbangan melalui kelebihan serta kekurangan yang dimiliki VPS ketika hendak memakainya. Kelebihannya seperti performa yang dimiliki sedangkan kekurangannya seperti memerlukan keahlian khusus. Berikut pembahasan tentang kelebihan sekaligus kekurangan dari VPS:

Kelebihan Virtual Private Server

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika terdapat kelebihan dan kekurangan VPS yang sering menjadi pertimbangan pengguna untuk membeli. Penasaran dengan apa saja daftar kelebihan yang dimiliki oleh VPS? Langsung saja simak ulasan berikut:

1. Mempunyai Performa Bagus

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Virtual Private Server yaitu datang dari sisi performa yang dimiliki. Yang mana performa tersebut sudah masuk kategori bagus sekaligus stabil. Hal ini, dikarenakan VPS banyak dipakai dalam skala pribadi serta mempunyai server fisik yang mampu diandalkan.

Dengan performa yang dimiliki tersebut, tentunya membuat website yang dikelola tidak gampang down. Di samping itu, nantinya website akan mempunyai performa sekaligus kinerja yang juga cukup bagus serta stabil, bahkan ketika traffic mengalami lonjakan sekalipun.

2. Mempunyai Fungsi yang Beragam

Selain bagus dan stabil dalam hal performa, kelebihan lain dari VPS yaitu mempunyai fungsi yang beraneka ragam. Hal ini, dikarenakan fitur yang dimiliki oleh VPS sendiri memang lumayan lengkap meskipun tergolong dalam kategori hosting kurang tenar.

Adapun fungsi yang dimiliki oleh VPS sendiri yaitu untuk melakukan penyimpanan dari file hosting. Selain itu, juga untuk melakukan penampungan terhadap traffic yang cukup tinggi. Menyediakan web untuk hosting dalam bentuk skala kecil serta beberapa fungsi lainnya.

3. Kapasitas Server Sangat Mumpuni

Bentuk nilai tambah lainnya yang dimiliki oleh VPS yaitu kapasitas server yang dimiliki tergolong fleksibel dipakai. Kefleksibelan ini disebabkan lantaran fitur maupun layanan yang dipakai dalam skala pribadi. Dengan begitu, pengguna mampu melakukan penambahan sekaligus pengurangan terhadap kapasitas server secara mandiri.

Kekurangan Virtual Private Server

Selain hadir dengan beberapa kelebihan, VPS juga hadir dengan sejumlah kekurangan. Untuk itulah selain melihat kelebihan, pengguna juga harus melihat kekurangan yang dimiliki ketika hendak membelinya. Berikut beberapa kekurangan dari VPS yang sering rebutan diketahui:

1. Memerlukan Keahlian Khusus

Daftar kekurangan pertama yang dimiliki oleh VPS yaitu memerlukan keahlian dalam bentuk khusus untuk mengoperasikannya. Contohnya adalah seperti paham, serta menguasai tentang bahasa pemrograman. Selain itu, juga mengetahui tentang konfigurasi dari server VPS dan yang lainnya.

Secara umum VPS dikenal sebagai hosting yang dalam hal pengelolaan server tanggung jawabnya, ada di pihak pengguna. Pasalnya dalam hal ini pihak penyedia jasa, nantinya hanya menyiapkan kapasitas untuk melakukan penyimpanan.

2. Keterbatasan Dalam Pengendalian Pada Server Fisik

Nantinya pihak pengguna dari VPS hanya akan memakai bagian dari server virtual saja. Untuk itulah pengguna tersebut akan memperoleh batasan ketika mengakses bagian data center atau pun server fisik.

Terlebih lagi tempat penyimpanan data maupun file penting dari website adalah data center. Bagi yang ingin menggunakan VPS tidak perlu khawatir, sebab masih dapat mengakses bagian server virtual nya.

Demikian sekilas pembahasan terkait kelebihan dan kekurangan VPS untuk mengelola website. Dari ulasan di atas, diketahui jika VPS cukup mendukung untuk beragam hal lantaran memiliki fitur yang banyak. Selain itu, pengguna harus tahu bahwa untuk menggunakan VPS harus mempunyai pemahaman tertentu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!