fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital Marketing

Inspirasi Konten untuk Facebook Marketing

Wiliam

Sebagai seorang pebisnis, tentu saja Anda perlu memaksimalkan promosi di berbagai media sosial. Salah satu sarana pemasaran yang dapat Anda manfaatkan semaksimal mungkin lantaran banyaknya pengguna di dalamnya yaitu Facebook. Di Indonesia sendiri, sudah sangat banyak online shop yang mulai berjualan di media sosial ini. 

Sama seperti media sosial lainnya, saat Anda memilih menggunakan Facebook sebagai media marketing maka tentu saja Anda perlu memikirkan konten yang akan didistribusikan agar bisa menarik perhatian para pelanggan. Konten yang menarik sangat penting dibuat sebab berfungsi sebagai bentuk komunikasi antara audiens dengan pemilik akun.

Jika berhasil membuat konten yang menarik perhatian audiens maka engagement pun akan turut meningkat dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan. Olehnya itu penting untuk merancang setiap postingan yang akan diunggah. 

Jika anda merasa bingung terkait konten apa yang akan dibuat, pada artikel kali ini akan dibahas beberapa inspirasi konten yang bisa Anda coba untuk postingan Facebook Anda. 

10 Inspirasi Untuk Facebook Marketing

Berikut ini beberapa ide yang dapat menjadi inspirasi konten anda untuk Facebook marketing:

1. Pemasaran produk

Inspirasi postingan untuk Facebook marketing yang pertama yaitu tentang pemasaran produk. Anda bisa membuat postingan yang berisi produk-produk yang Anda tawarkan lengkap dengan deskripsi masing-masing produk tersebut. Postingan ini seperti katalog yang bisa memudahkan pelanggan untuk memahami setiap produk yang ada. 

2. Video tutorial

Inspirasi konten untuk Facebook marketing selanjutnya yaitu membuat video yang berisi tutorial tertentu. Anda bisa membuat video tentang cara penggunaan produk yang Anda tawarkan atau cara pembelian produk Anda. 

Selain itu Anda juga bisa membuat tutorial dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Misalnya jika anda menjual skin Care dan alat make up, Anda bisa membuat tutorial menggunakan lipstik ombre, susunan penggunaan skin Care, hingga tutorial make up gaya tertentu. 

3. Video unboxing 

Membuat video unboxing juga merupakan ide yang banyak disukai oleh audience. Video ini berisi informasi kepada para calon pelanggan terkait produk apa yang akan mereka dapatkan ketika membeli produk Anda, mulai dari packaging hingga produk itu sendiri. 

Jika kita melihat di sosial media, video unboxing ini banyak dibuat oleh para konsumen setelah menerima paket dan biasanya digunakan sebagai bukti ketika ingin menukar atau mengembalikan produk yang dibeli karena terjadi kerusakan. 

Radians video unboxing ini terbilang cukup besar sebab arah calon pelanggan lebih suka melihat review dari orang yang pernah membeli produk tersebut secara langsung daripada hanya melihat deskripsi yang ada pada produk. 

4. Tips and Trik

Ide inspirasi selanjutnya adalah membuat konten yang berisi tips and trik terkait hal-hal yang berkaitan dengan bidang yang anda geluti. Misalnya jika anda menjual pakaian, anda bisa memberikan tips memadukan pakaian agar matching dan kece, cara merawat pakaian agar awet, dan lain sebagainya. 

Jenis marketing yang ini bersifat informatif sehingga bisa menjadi daya tarik sendiri dan meningkatkan engagement postingan. 

5. Dokumentasi Event Bisnis

Selain itu, ada juga bisa mengisi postingan atau halaman Facebook anda dengan dokumentasi event bisnis yang pernah anda atau perusahaan anda ikuti dan jalankan. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan para audiens dengan adanya bukti-bukti penghargaan yang diterima. 

Dokumentasi event bisnis ataupun dokumentasi pencapaian yang pernah diraih perusahaan bisa menciptakan Citra yang baik di mata masyarakat. 

6. Behind the scene 

Inspirasi konten untuk Facebook marketing selanjutnya yaitu membuat video behind the scene atau cuplikan kejadian di balik layar. 

Anda bisa memperlihatkan aktivitas karyawan sehari-hari, cara produksi, tahap pengemasan, atau aktivitas lain di perusahaan. Video jenis ini sangat populer di berbagai sosial media sebab memperlihatkan aktivitas natural yang tidak disetting dan sering berisi hal-hal lucu dan menarik. 

7. Testimoni

Inspirasi konten selanjutnya yang bisa Anda coba adalah membuat postingan yang berisi testimoni dari pelanggan titik jenis postingan ini akan membangun rasa percaya para calon pelanggan sebab melihat review dan testimoni dari orang-orang yang pernah membeli produk Anda sebelumnya. 

Postingan testimoni ini berisi ulasan dan review dari para pelanggan terhadap produk Anda yang kemudian pada akhirnya membuat konsumen yakin untuk membeli produk tersebut sehingga bisa meningkatkan angka penjualan. 

8. Repost konten dari customer 

Selanjutnya Anda juga bisa merepost konten terkait produk yang anda miliki dari postingan customer yang pernah berbelanja Di perusahaan Anda. 

Postingan ini juga akan meningkatkan kedekatan dengan para pelanggan sebab menunjukkan bahwa Anda peduli dan mengapresiasi setiap postingan terkait produk yang Anda miliki.

9. Informasi seputar Bisnis Anda 

Jenis postingan selanjutnya yang bisa dijadikan inspirasi untuk mengisi beranda atau halaman Facebook Anda yaitu postingan yang berisi informasi seputar bisnis yang Anda jalankan.  

Contohnya informasi terkait event yang akan Anda adakan, info seputar layanan bisnis, info terkait jenis produk terbaru Karena Kamu ada info promo yang sedang berlangsung. 

10. Tanya jawab

Inspirasi konten Facebook marketing terakhir yaitu tanya jawab. Pada postingan ini anda memberikan ruang kepada para audiens untuk menanyakan sesuatu dan Anda memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Postingan ini akan membuat Facebook Anda lebih hidup karena bisa berinteraksi dengan para pengikut.  

Itulah berbagai inspirasi konten untuk Facebook marketing yang dapat Anda coba. Sebagai catatan, Selain memanfaatkan beranda Facebook untuk memposting konten yang dimiliki, Anda juga bisa memanfaatkan halaman Facebook agar bisnis Anda terlihat lebih profesional. Goodluck. 

Baca Juga