fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

Inilah Strategi Website untuk Bisnis Anda

Wiliam

Ada banyak teknik penjualan yang bisa diterapkan saat ini, salah satunya melalui website pemasaran atau website marketing. Tidak diragukan lagi kekuatan internet untuk meningkatkan penjualan sangatlah besar, sehingga tak heran hampir semua brand bisnis menjadikan internet dan segala komponennya sebagai media untuk promosi.

Kehadiran toko online juga mempermudah pembeli mendapatkan kebutuhannya tanpa perlu keluar rumah. Bisa dibilang, internet mempermudah  semua pihak menjalankan aktivitasnya termasuk berbelanja. Kalau berbicara internet, cakupannya sangat luas namun kali ini kita akan membahas secara khusus media website sebagai platform untuk menunjang operasional bisnis Anda.

Memanfaatkan website membantu Anda meningkatkan kesadaran merek serta brand awareness sehingga produk atau layanan jasa bisa dijangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Bagaimana Cara Membuat Marketing Website yang Efektif?

Kalau Anda perhatikan saat ini banyak sekali pemilik bisnis yang sudah memiliki website khusu untuk penjualan. Dari sini sudah jelas bahwa pesaing dalam hal menjadikan website sebagai wadah memasarkan produk tidaklah sedikit. 

Diperlukan  usaha yang lebih agar website Anda punya kesan tersendiri di mata pelanggan. Berikut ini beberapa tips membuat website  yang efektif meningkatkan penjualan:

1. Riset pasar

Penting sekali mengetahui target Audience yang akan dijangkau sebelum menjadikan website sebagai media pemasaran. Riset ini meliputi apa yang dibutuhkan target pasar, berapa kisaran harga yang diharapkan oleh calon pembeli, Umbulan apa yang dibutuhkan dari produk anda, dan banyak lagi indikator lainnya.

Informasi mengenai segala hal yang dibutuhkan oleh pelanggan membantu anda mendesain website secara lebih efektif. Pelanggan yang merasa cocok dengan design website Anda tentu apa nyaman berbelanja dan tak berpikir dua kali untuk bertransaksi.

Penting juga untuk mencari tahu tren design website yang sedang booming saat ini, karena hal tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik untuk meningkatkan trafik website.

2. Membuat Situs Web yang Tepat

Langkah berikutnya yang harus dilakukan setelah mengetahui target Audi yen serta apa yang mereka butuhkan, kini saatnya membangun situs Web bisnis. Pastikan untuk berpatokan pada hasil riset pasar agar website yang dibuat bisa tepat guna.

Tambahkan komponen lain serta fitur yang menarik dan mudah digunakan serta sesuai dengan kebutuhan bisnis dan juga kebutuhan pelanggan.

Sematkan fitur menarik yang membedakannya dengan website kompetitor lain agar ada kesan tersendiri yang didapatkan pengunjung saat memasuki toko online Anda. Pembuatan website ini tentu memiliki anggaran tersendiri, jadi persiapkan sejak awal, ya!

3. Menggunakan Kata Kunci yang Sesuai

Agar menarik lebih banyak pelanggan, salah satu langkah yang harus dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dan tepat sasaran. Bagaimana caranya?, Anda bisa riset kata kunci secara manual atau memanfaatkan tools seperti ubersuggest, Ahrefs, serta banyak lagi platform riset keyword lainnya.

Pilih kata kunci yang populer dengan search volume yang tinggi sehingga audiens lebih mudah menemukan Anda di Google. Pastikan kata kunci ini relevan dengan bisnis Anda sehingga algoritma Google bisa menempatkan website sesuai dengan apa yang pelanggan cari.

Anggaplah, bisnis Anda seputar kecantikan pada wanita maka sebaiknya konten yang dibuat itu menyangkut topik ini. Entah itu bagaimana cara merawat muka, tips memilih skin care dan make up, dan banyak lagi lainnya.

4. Saatnya Mengunggah Konten Relevan dan Berkualitas

Langkah berikutnya setelah beberapa tahapan di atas selesai yakni mulai merutinkan upload konten yang relevan dengan bisnis anda serta berkualitas. Umumnya, setiap website bisnis selalu dilengkapi fitur blog sehingga harus Anda maksimalkan untuk mengedukasi pembaca.

Website Anda jangan sampai hanya sebatas komersial tanpa ada konten Edukasi di dalamnya. Justru penjualan soft selling seperti ini cukup mampu menarik pelanggan yang loyal. Membaca blog anda yang berisikan tips serta pengetahuan lainnya secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand Anda.

Untuk tahapan ini, anda bisa menyewa seorang penulis artikel atau membelinya di agensi apabila tidak memiliki waktu  untuk menulis kontennya sendiri. Berikan pula gambar yang menarik serta berkualitas agar artikel semakin diminati dan terpercaya.

5. Terapkan Teknik SEO

Selanjutnya jangan lupa menerapkan teknik SEO Ada umr anda optimasi dengan baik sehingga peluang mendapatkan peringkat Teratas di masih pencarian bisa terbuka semakin lebar.

Untuk saat ini, beberapa teknik SEO pemasaran  yang bisa Anda contoh diantaranya:

  • Menggunakan kata kunci yang lebih detail
  • Sisipkan kata kunci pada setiap artikel, bagian pendahuluan, isi dan penutup
  • Gunakan gambar yang berkualitas tinggi, ini bisa  dicari di pixabay ataupun Freepik
  • Memastikan URL web yang digunakan sesuai dengan nama toko online
  • Judul artikel kuga harus memuat kata kunci

Penerapan SEO  yang tepat dan sesuai ini akan memudahkan Google mengindex website Anda sehingga lebih mudah ditemukan oleh pembaca karena berada di peringkat pencarian Google.

Perlu diingat, penerapan ciyo ini tidak langsung berhasil begitu saja, diperlukan waktu dan konsistensi agar website Anda bisa muncul di halaman pertama pencarian.

Selain itu, penting juga menambahkan hyperLink atau tahu ton relevan di setiap konten yang anda upload. Ini merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif menggaet pelanggan. Hyperlink ini bisa berupa tautan ke web lain dengan konten yang relevan.

Terakhir, jangan lupa lakukan promosi di berbagai media sosial agar masyarakat bisa tahu bisnis dan situs Anda untuk mendapatkan edukasi serta mempersuasi mereka untuk membeli produk atau layanan anda.

Demikianlah informasi terkait manfaat website pemasaran untuk bisnis yang semakin banyak diterapkan oleh pengusaha ternama hingga UMKM. Lalu bagaimana dengan anda? Sudahkah anda membuat toko online yang menarik?

Baca Juga