fbpx

Inilah Cara Mengetahui Versi WordPress Mudah dan Cepat 

Pastinya bizzie pernah mendengar pertanyaan dari beberapa orang mengenai versi berapa yang digunakan. Tentu saja dengan pertanyaan tersebut bukanlah menjadi tanpa alasan lagi. 

Dengan mengetahui versi dari wordpress ini akan membuat bizzie untuk melakukan pengamanan pada sebuah website. Selain itu, dengan mengetahui versi website juga dapat membantu dalam proses install template maupun baru. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas dan mendalam mengenai cara mengetahui versi wordpress. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran bisa langsung saja simak lebih jelasnya di bawah ini. 

Cara Mengetahui Versi WordPress Pada Admin Area 

Untuk cara mengetahui versi wordpress yang pertama adalah bisa dengan menggunakan area admin. Langkah yang harus dilakukan pada cara mengetahui versi wordpress kali ini adalah:

  • Pertama bizzie bisa langsung saja masuk pada halaman utama dari dashboard admin. 
  • Pada saat sudah berada di dashboard admin bisa langsung saja melakukan login atau masuk ke menu dashboard tersebut. 
  • Ketika sudah berhasil login atau masuk bisa langsung memilih menu “updates”. Untuk menu kali ini bisa ditemukan pada bar bagian kiri. 

Cara mengetahui versi wordpress kali ini terbilang sangat mudah untuk diterapkan. Sedangkan untuk bizzie yang belum menggunakan versi terbaru bisa langsung melakukan update atau

Akan tetapi ada satu hal yang harus diingat sebelum melakukan tahap tersebut. Satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan backup terlebih dahulu. Untuk langkah backup dilakukan supaya semua data tersimpan secara aman. 

Selain itu, ada juga cara mengetahui versi wordpress yang bisa dilakukan. Untuk melihat update versi wordpress bisa melalui menu “footer”. Sedangkan untuk bizzie yang ingin menemukan menu tersebut bisa langsung melakukan scroll sampai dengan bagian bawah. 

Baca Juga :  Cara Membuat Desain Blog Keren dan Menarik

Sedangkan untuk menu “footer” ini mempunyai posisi yang sejajar dengan teks “thank you creating”. Pada tulisan tersebut juga akan diberikan informasi mengenai versi dari wordpress. 

Akan tetapi, untuk informasi versi wordpress ini hanya bisa dilakukan atau tersedia pada versi 4.1.5.Bahkan, juga belum pasti bizzie bisa lakukan pengecekan pada perangkat mobile. 

Cara Mengetahui Versi WordPress Pada Page Source 

Cara mengetahui versi wordpress selanjutnya bisa dilakukan dengan bantuan dari page source. Bahkan, untuk bizzie pernah mengalami kesusahan ketika akan masuk ke halaman dashboard pada wordpress. 

Kesusahan masuk pada halaman wordpress ini bisa saja terjadi karena dan alamat . Ketika terjadi permasalahan seperti itu bizzie tidak akan mungkin bisa menggunakan cara mengetahui versi wordpress yang sebelumnya. 

Pada umumnya untuk yang ditawarkan oleh bizzie ini sudah memuat semua informasi mengenai versi pada html meta tag. Untuk tag kali ini bisa dilakukan insert secara default pada bagian template wordpress. 

Akan tetapi, ketika melakukan hal tersebut admin situs juga mempunyai hak untuk menonaktifkan. Kenapa harus admin, karena beliau yang mengerti atau paham tentang keamanan dari sebuah website. 

Untuk menemukan versi pada meta tag, bizzie hanya perlu membuka website pada yang digunakan. Setelah berada di halaman utama bisa langsung mengklik kanan dan memilih opsi “view page source”. 

Selain itu, dengan melakukan langkah tersebut juga bisa langsung membuka dan memberikan kode source html dari halaman yang diinginkan. Setelah itu bisa langsung menekan tombol ctrl+f maupun command+f . Untuk langkah tersebut bisa dilakukan untuk bizzie menggunakan perangkat mac. 

Tools pencarian juga akan terbuka secara otomatis ketika menggunakan cara tersebut. Ketikan saja “generator” pada kolom pencarian dan tunggu sampai dengan hasilnya muncul. 

Apabila pihak admin situs tidak mematikan atau menonaktifkan generator meta tag., maka akan muncul beberapa kode source html. Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, bahwa versi pada wordpress yang ditampilkan ini akan menjadi suatu ancaman.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection Bagian 2

Baca Juga : Pilih Mana, Website Builder vs WordPress?

Ancaman yang diberikan adalah keamanan situs. Sebaiknya untuk informasi mengenai versi wordpress bisa disembunyikan. Ketika versi wordpress tidak muncul, maka kemungkinan besar telah disembunyikan oleh pihak template website. 

Ada beberapa langkah untuk mematikan generator meta tag yang tidak muncul pada page source. Beberapa langkah tersebut adalah:

  • Langkah pertama bisa membuka dashboard admin dari
  • Langkah kedua yaitu langsung saja masuk pada menu “appearance” dan “editor”. 
  • Langkah ketiga langsung saja memilih tema yang saat ini akan digunakan. Untuk pemilihan tema ini bisa langsung saja memilih file “functions.php”. Pada menu tersebut juga bisa langsung melakukan edit. 
  • Langkah keempat, pastikan bahwa dengan proses sebelumnya akan memunculkan kode source html. Lakukan paste kode yang sudah muncul pada bagian kolom yang tersedia. 
  • Langkah penutup atau akhir bisa langsung saja menyimpan perubahan. Untuk penyimpanan perubahan ini bisa dilakukan dengan memberikan klik pada kolom “update file”. 

Bizzie tentunya mempunyai keinginan masing-masing ketika melakukan pengelolaan website wordpress. Akan tetap, untuk bizzie yang ingin mendapatkan versi terbaru bisa langsung saja install plugin atau template. 

Tentu saja sebelum memilih plugin atau template bizzie harus mengetahui versi dari wordpres yang akan digunakan. Dengan adanya dua cara mengetahui versi wordpress yang sudah dijelaskan diatas bisa menjadi pilihan dan referensi untuk bizzie 

Sekian penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara mengetahui versi wordpress. Besar harapan dengan penjelasan mengenai cara mengetahui versi wordpress bisa membantu bizzie yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Baca Juga : Inilah 3 Cara Menguji Tema WordPress dengan Aman