fbpx

Inilah 3 Cara Menguji Tema WordPress dengan Aman

Anda sudah memiliki sebuah dan ingin memberikan polesan untuk membuatnya lebih menarik? Ya setelah beberapa lama, Anda mungkin melihat situs sejenis dengan tampilan yang lebih menarik. Untuk membuat situs Anda tak kalah bagus, pelajari bagaimana cara menguji tema WordPress tanpa mengacaukannya berikut ini.

3 Cara Ganti Tema WordPress dengan Pengujian

Ya, selalu ada kalanya kita ingin membuat tampilan situs menjadi lebih baik. Entah itu dari segi warna, elemen maupun navigasinya. WordPress dengan segala keunggulannya, memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian visual tanpa merusak situs yang sedang online. Jadi perlu untuk menguji tema WordPress terlebih dahulu, untuk menyempurnakan tampilan kamu.

Berikut ini 3 pilihan cara menguji tema WordPress yang dapat dilakukan dengan tanpa mengganggu pengunjung yang sedang online.

1. Memanfaatkan Halaman Coming Soon atau Halaman Maintenance

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan sambutan Coming Soon saat pertama kali membuat situs di WordPress. Menariknya, halaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengeksplor dan menguji tema yang ingin Anda coba. Pengunjung pun tak akan terganggu oleh kehadiran halaman yang satu ini.

Pada dasarnya, halaman Coming Soon atau Segera Hadir ini bisa dikatakan sebagai semacam placeholder. Tujuannya untuk memberitahu pengunjung bahwa situs Anda akan segera hadir. Halaman ini bisa Anda aktifkan dan pergunakan sementara situs sedang diupdate. 

Begitu pula dengan halaman Maintenance, Anda bisa melakukan berbagai pengujian, termasuk menerapkan tema sepuasnya.

Dengan kata lain, pengujian tema berkali-kali tersebut tidak akan dilihat oleh pengujung situs Anda. Setelah yakin tema baru sudah sesuai dan tidak memicu masalah, Anda pun bisa menerapkannya. 

Baca Juga :  Macam-Macam Penyebab CPC Adsense Kecil 

Untuk memudahkan Anda dalam membuat halaman Coming Soon dan Maintenance ini, ada beberapa yang bisa dicoba. Salah satunya adalah plugin Coming Soon Page & Maintenance Mode by SeedProd.  

2. Menggunakan plugin WordPress staging

Pastinya, Anda tidak ingin meng-offline-kan situs untuk melakukan update, utamanya seperti situs dengan . Dan jika Anda juga enggan menggunakan halaman Coming Soon atau Maintenance di atas, sia mempertimbangkan pluging WordPress staging seperti WP Staging, Duplicator atau WP Stagecoach, misalnya.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menguji berbagai penyesuaian terhadap situs, termasuk mengganti tema. Pengujian tersebut tidak akan mempengaruhi interaksi pengunjung yang sedang berada di situs Anda. Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Download dan instal plugin staging pilihan Anda lalu aktifkan
  • Buka plugin staging tersebut (di navigasi kiri dashboard WordPress Anda)
  • Ikuti panduan yang ditampilkan untuk membuat situs versi staged kemudian berikan nama pada situs tersebut
  • Plugin akan mulai mengkloning situs Anda dengan berbeda (misalnya dengan tambahan wp-staging.com)
  • Buka situs baru tersebut kemudian login menggunakan akun WordPress Anda
  • Lakukan pengujian yang Anda inginkan, termasuk mencoba tema baru yang ingin Anda gunakan nantinya
  • Apabila sesi pengujian tersebut selesai degan hasil yang sesuai harapan, Anda bisa melanjutkan ke situs utama Anda

3. Melakukan Pengujian WordPress Lokal

Maksudnya adalah, Anda melakukan pengujian terhadap penyesuaian di luar WordPress. Pada dasarnya, cara ini mirip dengan cara kerja plugin staging di atas. Bedanya opsi ini diterapkan dalam suatu ruang khusus di penyimpanan komputer Anda.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah menginstal local WordPress testing environment untuk melakukan berbagai pengujian, termasuk penggantian tema.

Baca Juga :  Cara Menampilkan Dokumen Google Drive ke Website

Baca Juga : 8 Tahap Cara Menggunakan Website Builder

Pilihan ini bisa jadi opsi ideal apabila Anda tak ingin mengacaukan sesuatu di dashboard WordPress. Salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah All-in-One WP Migration plugin dimana Anda cukup mengekspor situs ke komputer lalu ikuti petunjuk yang ditampilkan aplikasi.

Akhir Kata

Bagaimana, sudah siap mencoba cara menguji tema WordPress di atas? Anda pasti sudah tidak sabar untuk menerapkan perubahan ke situs.

Namun untuk memastikan perubahan tidak mengganggu kinerja situs dan mempengaruhi pengalaman pengunjung, selalu lakukan pengujian terlebih dahulu. Belum punya WordPress Hosting? Langsung beli di .com dapatkan promo spesialnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.