fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Inilah Cara Membuat Website Membership WordPress

Wiliam

Bizzie sudah membuat website di WordPress dan ingin memberikan layanan registrasi user? Tentu saja, bizzie bisa melakukannya. Akan tetapi, untuk platform WordPress ini tidak memberikan tools untuk membatasi sebagian atau keseluruhan akses konten bagi para membernya.

Untuk mengaktifkan fungsi pembatasan akses, maka bizzie harus melakukan instal plugin WordPress terlebih dahulu. Plugin ini juga akan membantu bizzie di dalam cara membuat website membership WordPress.

Cara Membuat Website Membership WordPress

Di bagian ini akan dibahas lengkap mengenai cara membuat website membership WordPress dengan menggunakan tiga langkah mudah. Disini, akan melakukannya dengan bantuan plugin membersih bernama Membersih dan Content Restriction karena mudah digunakan. Bahkan, untuk plugin tersebut juga memberikan penawaran fungsi maupun fitur berlangganan.

Jangan khawatir, ketika plugin membership WordPress yang bizzie gunakan ini tidak sama. Pada dasarnya, untuk langkah-langkah pembuatan situs keanggotaannya juga tidak begitu berbeda.

Supaya plugin ini bisa bekerja dengan baik, maka bizzie harus melakukan pemasangan sertifikat secure sockets layer (SSL) terlebih dahulu di dalam website. Bizzie direkomendasikan pemasangan sertifikat satu ini demi memberikan keamanan website. Untuk informasi selanjutnya, mengenai pengertian apa itu SSL dan cara pemasangan bisa mengunjungi blog tersebut.

1. Langkah 1 : Mengaktifkan Layanan Registrasi User di WordPress

Pertama, bizzie bisa mengaktifkan registrasi user di dalam website dengan membuka tab menu “settings – general” di dalam dashboard WordPress. Setelah itu, masuk di dalam emnu tab yang dituju dan mencari menu “membership” dan klik “checkbox” yang mempunyai label “anyone can register”. Simpan juga semua perubahan yang dilakukan dan membuat layanan berlanggan dengan berbagai level di dalam situs membership.

2. Langkah 2 : Membuat Paket atau Layanan Berlangganan

Setelah plugin membersih dan content restriction sudah berhasil diinstall, maka menu “tab corresponding baru” akan muncul di dalam halaman dashboard tersebut. Membuka halaman “paid member subscription – subscription plans  dan di menu tersebut juga akan terlihat semua daftar paket yang dimiliki.

Tuliskan juga anam dan deskripsi di dalam masing-masing paket maupun layanan berlangganan sudah dibuat. Bizzie juga diberikan kebebasan nama yang menarik di masing-masing paket, akan tetapi pastikan untuk deskripsi yang ditulis sudah memuat i format sedetail mungkin.

Biasanya, untuk informasi yang diberikan adalah pembeda di antara paket berlangganan A dan B. Selanjutnya, atur juga lama atau durasi paket langganan yang ditawarkan. Untuk durasi standarnya adalah 0 hari yang artinya plugin tersebut unlimited subscription atau berlangganan tanpa batas.

Apabila bizzie mengatur durasi di angka 0, maka user akan menjadi seumur hidup dan hanya dengan pembayaran sekali saja. Maka dari itu, bizzie bisa menentukan seberapa lama durasi yang diinginkan setiap paket berlangganan.

Biasanya, durasi yang umum digunakan adalah 1- 6 bulan. Dari langganan setiap bulan sekali ini bisa menjadi berlangganan di setiap tahun. Setelah mengatur seberapa lama durasi yang diinginkan, maka hal selanjutnya adalah menentukan harga atau biaya.

Dengan plugin yang satu ini, maka bisa menentukan paket berlangganan dengan menggunakan mata uang U.S dollar. Masukkan juga angka untuk biaya paket tersebut. Terakhir adalah mengatur paket berlangganan ke aktif atau tidak aktif.

Ketika bizzie memilih untuk menonaktifkan paket, make user tidak bisa mengaksesnya. Paket tersebut hanya berupa draft maupun konsep saja. Pilih menu “aktif” untuk mengaktifkan paket berlangganan dan memilih role user agar bisa bergabung dengan paket yang barusan saja dibuat.

Sebaiknya, untuk bizzie menetapkan role user di pengaturan standar yaitu subscriber. Ketika bizzie tidak ingin reguler member, maka bisa dikatakan menyalahgunakan permission atau hak akses yang sudah diberikan.

Kini bizzie sudah berhasil membuat paket berlangganan. Buat paket lainnya dengan cara membuka menu tab “paid member subscription – settings – payments”. Setelah tab terbuka, maka bizzie bisa melakukan konfigurasi di pengaturan pembayaran.

Untuk metode pembayaran di dalam plugin satu ini hanya tersedia 2 tipe, yaitu manual dan paypal. Ketika ingin mengaktifkan metode pembayaran menggunakan paypal, maka hanya perlu memasukan alamat email paypal.

Bagi yang hendak melakukan pendaftaran sebagai anggota berbayar di dalam website, maka bisa memilih jenis paket berlangganan sesuai kebutuhan. Setelah itu, lakukan pembayaran dengan sejumlah biaya yang sudah ditentukan sebelumnya. Ketika tidak menjadi anggota dan tidak melakukan pembayaran, maka tidak akan bisa mengakses semua area di dalam website tersebut.

3. Langkah 3 : Memilih Konten yang Aksesnya Ingin Dibatasi

Setelah melakukan pengaktifan layanan register user dan membuat paket berlangganan, selanjutnya adalah memilih konten yang akan diakses dan dibatasi. Pertama-tama bizzie bisa membuka page atau halaman mana saja yang aksesnya hendak dibatasi.

Bizzie juga akan langsung diarahkan ke WordPress Editor. Scroll sampai dengan bawah atau menemukan widget Content Restriction. Widget tersebut juga memberikan penawaran dua pilihan untuk halaman atau post yang aksesnya hendak dibatasi, yaitu apakah ingin page atau post tersebut hanya bisa diakses oleh user yang sudah terdaftar.

Pilihan yang tertera di dalam widget ini sepenuhnya juga bergantung dengan paket berlangganan sudah dibuat sebelumnya. Bizzie juga bisa melakukan konfigurasi apakah page atau halaman ini bisa diakses oleh berbagai tipe user atau hanya mereka yang sudah berlangganan di dalam paket keanggotaan tersebut.

Tambahkan juga pesan yang akan bizzie buat bagi mereka tidak mempunyai izin akses di dalam post tertentu. Untuk memasang iklan tersebut, maka bizzie bisa mengaktifkan opsi pilihan menu “enable custom messages”, Setelah itu, opsi tersebut akan aktif dan tiba saatnya untuk menulis pesan untuk dibaca oleh mereka yang belum menjadi anggota.

Satu hal perlu diingat di dalam cara membuat website membership WordPress adalah menyimpan semua perubahan yang bizzie sudah lakukan. Ketika bizzie ingin menyembunyikan akses ke dalam post atau page yang lain, maka caranya hampir sama dan dipastikan tidak ada langkah yang terlewati.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara membuat website membership WordPress. Semoga bisa membantu dan memberikan tambahan informasi kepada bizzie yang mempunyai website maupun blog.

Baca Juga