fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

Inilah 6 Website untuk Download Buku Gratis

Wiliam

Buku merupakan salah satu bagian yang paling penting di dalam proses pendidikan dan pengajaran. Selain itu, buku bukan sekedar sebagai alat pembelajaran di sekolah maupun kampus saja.

Peran dari buku ini sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, seiring berjalannya kemajuan teknologi seperti sekarang penggunaan kertas ini dinilai kurang ramah lingkungan.

Dengan faktor tersebut, maka sekarang banyak buku elektronik atau sering disebut dengan e-book. Menggunakan e-book ini bisa mengurangi penggunaan kertas yang berasal dari pohon.

Terlebih lagi, sekarang juga banyak sekali ebook yang bisa di download secara gratis. Ada beberapa website untuk download buku gratis dan untuk lebih lengkapnya bisa simak penjelasan dibawah ini.

Website untuk Download Buku Gratis

1. OpenLibrary.org

Apabila bizzie senang membaca buku, maka sudah tidak asing lagi dengan Openlibrary.org. Di zaman yang serba digital seperti sekarang, untuk perpustakaan tradisional sudah mulai berkembang dan beradaptasi dengan teknologi yang baru atau sering disebut perpustakaan online atau digital.

Kedua jenis perpustakaan ini mempunyai fungsi yang sama dan memberikan kesempatan untuk membaca buku secara gratis. Pada website untuk download buku gratis kali ini sudah mempunyai lebih dari 20 juta pengguna.

Salah satu faktor kenapa website untuk download buku gratis adalah tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. Lebih uniknya lagi, bizzie juga bisa ikut serta kontribusi dengan menambahkan beberapa buku elektronik di dalam website tersebut.

Supaya mempermudah di dalam pencariaan ebook, maka Open Library ini melakukan pengelompokan sesuai dengan tema masing-masing. Mulai dari buku romantis sampai dengan resep masakan tersedia di website untuk download buku gratis.

Pada website untuk download buku gratis ini juga mempunyai fitur pencarian berdasarkan judul, kategori dan penulis. Bizzie bisa bebas membaca dan download e-book secara gratis yang sudah tersedia di website untuk download buku gratis tersebut.

2. Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di beberapa tahun yang lalu berhasil merilis program Buku Sekolah Elektronik (BSE). Bizzie bisa download lebih dari 1300 buku pelajaran resmi dari jenjang SD sampai dengan SMA/SMK tanpa biaya sama sekali.

Tujuan dari program yang satu ini adalah mempermudah akses kepada siswa, wali murid dan guru untuk mendapatkan bahan pembelajaran. Dengan askes situs resmi kemendikbud, bizzie bisa download e-book secara gratis. Pada buku-buku paket elektronik yang telah disediakan oleh Kemendikbud ini sudah lengkap dari kurikulum 2007-2013.

3. DuniaDownload.com

Pada website untuk download buku gratis kali ini juga menyediakan ribuan ebook secara gratis di dalam bahasa Indonesia. Selain itu, DuniaDownload.com ini juga memberikan penawaran e-book tanpa berbayar dan tidak perlu melakukan pendaftaran.

E-book yang tersedia juga mempunyai banyak topik yang beraneka ragam dari bisnis, novel sampai dengan resep makanan. Bizzie juga bisa menjadi seorang kontributor dengan cara mengunggah karya tulis di situs DuniaDownload.com.

Disamping menyediakan ebook gratis, website untuk download buku gratis kali ini juga menyediakan undian berhadiah buku. Ketika bizzie terpilih sebagai pemenang, maka bisa mendapatkan buku original dan akan dikirimkan ke alamat rumah.

4. Project Gutenberg

Salah satu website untuk download buku gratis yang paling tua adalah Project Gutenberg. Pada website kali ini sudah bisa digunakan sejak 1975 yang lalu dan sampai sekarang masih banyak digunakan.

Project Gutenberg adalah perpustakaan online yang sudah menyimpan lebih dari 60.000 buku elektronik. Untuk membacanya, bizzie bisa langsung saja memilih format epub gratis menggunakan kindle.

Bizzie juga bisa download atau membacanya secara langsung. Ada satu keunikan dari website Project Gutenberg, yaitu keberadaan buku-bukunya berada di literatur klasik. Semua buku yang hak ciptanya sudah kadaluwarsa ini juga akan disimpan dan tetap bisa diakses oleh semua orang.

Satu permasalahan dari buku klasik bukan di masalah harganya. Akan tetapi di dalam ketersediaan buku cetaknya. Karena telah diterbitkan di ratusan tahun yang lalu, maka sebagian besar naskah aslinya telah lenyap begitu saja.

5. Indonesia Ebook

Mungkin untuk beberapa orang ada yang bingung, ketika ingin membaca novel. Ada satu website untuk download buku gratis yang bisa digunakan untuk bizzie yang ingin membaca novel, yaitu Indonesia ebook.

Pada saat menggunakan website untuk download buku gratis, maka bizzie diberikan kemudahan dan gratis. Tidak hanya novel saja, akan tetapi Indonesia Ebook ini juga berisikan beberapa buku fiksi dan non fiksi dalam bentuk digital lainnya.

6. Oapen.org

Bizzie juga bisa download beberapa jenis buku akademik secara gratis menggunakan Oapen.org. Pada saat memilih website untuk download buku gratis, maka akan diberikan banyak pilihan mengenai buku-buku ilmu sosial.

Oapen.org ini juga sudah bekejr asama dengan sejumlah penerbit guna menciptakan kontrol terhadap kualitas buku-buku yang sudah ditawarkan oleh para pembaca. Perpustakan digital kali ini mempunyai kantor fisik di National Library di The Hague, Belanda.

Pada awalnya, website untuk download buku gratis adalah proyek yang didanai oleh EU di dalam waktu 30 bulan. Tujuan dari proyek kali ini adalah untuk melakukan publikasi yang optimal terhadap buku akademik, dan khususnya di dalam bidang ekonomi.

Pilih saja salah satu website untuk download buku gratis yang menurut bizzie mempunyai cara paling mudah. Selain itu, bizzie juga harus memperhatikan perihal jaringan internet karena bisa berdampak terhadap proses download.

Sekian penjelasan mengenai 6 website untuk download buku gratis dan semoga bisa membantu bizzie yang ingin menggunakan e-book

Baca Juga