fbpx

Inilah 5 Metrik Esensial dalam Mengukur Strategi SEO

nyatanya akan bisa ditingkatkan menjadi lebih baik setelah melalui proses pengukuran yang tepat. Tentunya dengan menggunakan hasil dan dari pengukuran, maka akan bisa dilakukan penilaian dan review seberapa tepat SEO yang sebelumnya sudah dijalankan. 

Mengukur kinerja SEO pun kerap sekali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Selainn itu ada banyak bagian penting atau komponen dalam upaya SEO. Sehingga dalam hal ini metrik esensial dalam mengukur strategi SEO sangat dibutuhkan untuk mengukur keberhasilan. 

Tentu saja ini bisa jadi menantang dan sangat memerlukan kesabaran untuk menguasai seni dan ilmu mengukur SEO. Para pebisnis pun pun nyatanya juga akan sangat beruntung jika mengetahui dan bisa mengenrti mengenai pengukuran strategi SEO. Lalu seperti apa metrik esensial dalam mengukur strategi SEO?

5 Metrik Essensial dalam Mengukur Strategi SEO

Metrik SEO ini diketahui memiliki fungsi besar untuk mengukur performa website bizzie di mesin pencarian seperti dan Bing. Tentu saja melalui statistik ini, bizzie diberikan berbagai informasi tentang progres strategi SEO Anda. 

Walaupun pengaplikasian satu metrik tidaklah cukup, namun Anda tidak juga harus menggunakan semua metrik yang tersedia sekaligus. Metrik SEO berikut adalah yang paling esensial dan cukup memberi bizzie gambaran mengenai strategi SEO yang sedang bizzie praktikkan. Lalu seperti apa metrik esensial dalam mengukur strategi SEO?

1. Organic traffic 

Tentu saja implementasi SEO ini akan berhasil ketika bizzie mampu menarik pengunjung organik. Merekalah orang yang mencari di kolom pencarian Google, melihat yang dicari di halaman website (bukan iklan), kemudian nanti mengkliknya dan masuk ke website. 

Metrik esensial dalam mengukur strategi SEO yang satu ini pun akan memberitahukan informasi yang bizzie perlukan mengenai aspek SEO ini. Data organic traffic yang meningkat akan membuktikan keberhasilan target bizzie untuk mendatangkan pengunjung yang memang ingin berkunjung. Lalu bagaiman acara memeriksanya?

  • Menggunakan Console yang merupakan tool yang bebas bizzie gunakan untuk melihat jumlah organic traffic. Saat website terverifikasi, maka bizzie dapat menemukan metrik SEO ini di tab performance. 
  • Selanjutnya adalah filter yang tersedia di tab ini nantinya akan membantu bizzie memperoleh metrik yang lebih akurat dengan menyingkirkan kata kunci tertentu. Hal ini pun berlaku apabila brand bizzie cukup dikenal sehingga memengaruhi data yang disediakan. 
  • Lalu, bizzie juga bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat seperti apa jumlah dan kontribusi dari organic traffic. 
Baca Juga :  Aged Domain: Kunci Rahasia untuk SEO Website Anda

2. Keyword ranking 

Ini adalah metrik esensial dalam mengukur strategi SEO selanjutnya dimana kita tahu bahwa Keyword atau kata kunci adalah alasan mengapa seseorang mengklik website bizzie di halaman pencarian Google. Tentunya dalam praktiknya, semua keyword itu tidak sama. Kata kunci yang memiliki hubungan dengan bizzie lah yang berpeluang muncul di halaman utama pencarian. 

Dalam metrik keyword ranking, kata kunci pilihan ini seharusnya bisa menaikkan peringkat website bizzie. Apabila misalnya hal ini belum terlihat, maka ada kemungkinan strategi SEO Anda perlu dibenahi. Lalu bagaimana cara memeriksa? Dalam hal ini bizzie bisa memeriksa performa keyword di beberapa tool pihak ketiga seperti Ahrefs’ Rank Tracker dan Overview dari SEMRush.

3. Organic visibility

Munculnya website bizzie di hasil halaman pencarian tentulah akan membuktikan adanya progres pada strategi SEO bizzie secara organik, sekalipun itu tidak membuahkan pengunjung.  Walaupun tidak menghasilkan conversion, eksisnya website bizzie itu di Google merupakan nilai tambah untuk mengampanyekan brand Anda kepada publik. 

Lalu bagaimana cara memeriksa? Pertumbuhan organic visibility bisa bizzie lacak lewat Google Search Console, khususnya di grafik total impressions seperti Ahrefs’ Rank Tracker dan Organic Research Tool. Ini adalah metrik esensial dalam mengukur strategi SEO lainnya yang harus bizzie ketahui.

Baca Juga : Cara Mengecek Domain Authority untuk Tingkatkan SEO Website

4. Organic traffic conversion

Walaupun organic traffic dan visibilitas website sudah bagus, sign-up , langganan layanan, dan bentuk conversion lainnya juga menjadi hasil yang diinginkan dalam upaya optimasi SEO, namun bisa dibilang ini sebenarnya menjadi salah satu target utama SEO. 

Hal ini disebabkan, karena metrik ini penting selalu dimasukkan dalam laporan KPI yang memperlihatkan gol strategi SEO secara keseluruhan. Lalu bagaimna cara memeriksanya? Maka bisa bizzie bisa menyelidiki pertumbuhan conversion di Google Analytics dengan mengakses tombol Admin kemudian Goals. Ada empat yang menjadi tipe Goals di sini, yaitu:

  • Revenue yang mana ini akan mewakili laba dari produk
  • Acquisition yang merupakan bukti subscriber dari sign-up surel
  • Inquiry akan menunjukkan lead dari kontak atau telepon
  • Engagement yang adalah interaksi pada konten, seperti share dan komentar. 
Baca Juga :  Apa Itu Backlink dan Jenis-Jenisnya?

5. Core web vitals

Metrik esensial dalam mengukur strategi SEO lainnya ada Core Web Vitals ynag nyatanya bisa menampilkan baik atau buruknya pengalaman tersebut. Di dalamnya terdapat tiga metrik sebagai berikut:

  • Largest contentful paint yaitu berapa lama waktu membuat elemen terbesar dalam sebuah halaman website begitu bizzie nanti membukanya.
  • First input delay dimana ini adalah momen dari pertama pengunjung berinteraksi dengan website Anda baik itu mengklik tombol atau  bahkan sampai website merespon interaksi tersebut. 
  • Cumulative layout shift yaitu untuk mengukur adanya pergeseran tidak terduga pada tiap elemen di dalam tata letak website. Tentu saja adanya pergeseran ini akan bisa memperburuk pengalaman pengunjung. 

Lalu bagaimna cara memeriksanya? Metrik SEO ini pun bisa bizzie akses di Google Search Console yang mana di dalamnya akan disebutkan aspek mana yang perlu diperbaiki. 

Bagaimana? Sudahkah bizzie paham mengenai penggunaan metrik esensial dalam mengukur strategi SEO ini? Intinya penggunaan metrik ini sangat berguna jika bizzie ingin SEO dalam website itu berhasil.

Baca Juga : Memahami Cara Memaksimalkan SEO Website [Lengkap]