fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Inilah 5 Cara Mengatasi Paket Bronet Axis Tidak Bisa Digunakan

Rianda

Paket bronet Axis merupakan salah satu layanan yang ditawarkan provider Axis. Dalam kegiatan mengakses internet, termasuk pelanggan setia Axis, penting untuk mengetahui cara mengatasi paket bronet Axis tidak bisa digunakan. Penduduk di zaman ini disebut sebagai generasi Z di tengah perkembangan koneksi jaringan internet. Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan informasi mengenai hal ini. 

Generasi Z ini sudah terbiasa menggunakan jaringan internet yang lancar. Oleh sebab itu, ketidakstabilan koneksi internet akan sangat menjengkelkan. Belum lagi adanya kebijakan yang mau tidak mau mengharuskan pekerjaan diselesaikan di rumah atau Work From Home. Bagi pengguna provider internet Axis, jangan khawatir karena persoalan ini dapat dituntaskan sebagaimana dijelaskan berikut ini:

1. Mulai Lakukan Perbaikan

Salah satunya dengan melakukan pengaturan ulang pada bagian APN Axis. APN berfungsi sebagai pintu masuk untuk mengenal jaringan penghubung. Cara mengatur ulang jaringan APN dengan benar adalah:

  • Bukalah pengaturan pada telepon genggam.
  • Carilah pengaturan jaringan.
  • Pilih jenis kartu SIM AXIS.
  • Carilah menu APN, di mana konektivitas jaringan dapat diatur dengan menggunakan data-data APN.
  • Tulislah nama APN dengan jaringan Axis.
  • Isikan kolom kode Proxy dengan 10.8.3.8. Port number adalah 8080 Pada kolom pengguna isi dengan AXIS Gunakan kata sandi dengan angka 123456.
  • Pengaturan server default.
  • Pengaturan MN 510.
  • Kode Autentikasi PAP.
  • Tulislah Jenis APN dengan Default.
  • Pada bagian protokol Tipe APN isilah dengan IPv4.

2. Cek Pengaturan

Axis menggunakan jaringan koneksi dengan kecepatan paling tinggi, 4G. Tentu saja dengan jaringan ini, koneksi internet akan lancar sesuai harapan meski kadang di suatu daerah tidak terdapat sarana yang mendukung jaringan 4G. Jaringan koneksi 4G yang tidak didukung ditandai dengan koneksi internet yang tiba-tiba melambat. Berikut cara untuk cek pengaturan pada smartphone:

  • Buka pengaturan jaringan pada telepon genggam.
  • Pilih koneksi pada jaringan lainnya.
  • Pada pengaturan jaringan akan terlihat pilihan 4G yang sudah dicentang, tetapi sekarang tidak bekerja dengan baik.
  • Lihat kembali pada jaringan 3G dan 2G. Centanglah salah satu.
  • Atur ulang telepon genggam untuk mendeteksi jaringan yang baru.

3. Setting Lokasi

Terkadang, penyebab jaringan AXIS yang bermasalah adalah tidak adanya sistem yang mendukung jaringan. Seperti berada pada basement, tentu saja faktor ini akan menghambat koneksi internet yang ada. Cara mengatasi paket bronet Axis tidak bisa digunakan adalah dengan berpindah lokasi. Sering ditemukan, bergeser sedikit saja, maka koneksi internet akan lebih baik.

4. Refresh Smartphone

Cara keempat untuk mengatasi paket bronet Axis yang tidak bisa digunakan adalah dengan merefresh koneksi. Tujuannya adalah “mengistirahatkan perangkat” untuk sementara waktu. Cukup matikan dulu telepon genggam selama beberapa saat kemudian nyalakan kembali. Selain mematikan smartphone, dapat juga dengan mematikan paket data atau konektivitas internet yang sedang terhubung pada saat itu.

5. Paksa Berhenti Smartphone

Hal lain yang dapat menyebabkan paket bronet Axis tidak bisa digunakan adalah terlalu banyak aplikasi yang dibuka pada perangkat. Cobalah untuk mematikan paksa aplikasi tersebut yang diharapkan dapat menjadi salah satu jalan untuk memperlancar jaringan. Cukup buka menu pengaturan pada telepon genggam, kemudian manajemen aplikasi. Matikan paksa aplikasi yang banyak menyedot kuota.

Demikian 5 cara mengatasi paket bronet Axis tidak bisa digunakan. Jika suatu saat nanti mengalami jaringan Axis yang lambat secara tiba-tiba tidak perlu gusar karena sudah ada banyak solusinya. Lakukan langkah-langkah sesuai artikel yang dibahas di atas. Dengan mengetahui caranya, semoga jika menemukan masalah kembali, akan segera teratasi.

Baca Juga