fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Inilah 5 Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris dengan Tepat!

Rianda

Setiap orang tentu saja ingin menggunakan perangkat laptop atau komputer dan sebagainya dengan kondisi monitor yang baik. Bagi yang sedang mengalami masalah seperti layar bergaris, ada beberapa cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang bisa dicoba saat ini.

Secara garis besar, beberapa solusi yang tersedia ini bisa dicoba dengan mudah oleh para pemula. Bagi yang ingin mencobanya, maka bisa menyimak beberapa cara yang dapat dilakukan dalam uraian yang ada berikut ini:

1.  Menggunakan Pixel Repair

Ada sebuah solusi yang mungkin banyak tidak diketahui oleh pengguna padahal tidak akan memakan banyak waktu dan beberapa menit saja. Bahkan solusi pertama ini sudah jelas bisa dilakukan mandiri oleh setiap orang, tanpa harus khawatir mengeluarkan biaya yang mahal.

Untuk yang ingin mencoba cara ini, maka bisa mengawali dengan mencoba untuk mengubah bagian warna ke netral agar lebih memudahkan. Setelah itu, langsung saja tekan bagian untuk Repair dan tunggu beberapa menit sampai proses perbaikan bisa diselesaikan sesuai dengan kebutuhan.

2. Memeriksa Kabel Fleksibel

Kemudian ada juga cara lainnya yang dapat dicoba yaitu dengan memeriksa kabel fleksibel. Kali ini, setiap pengguna hanya perlu menyempatkan waktu yang ada untuk secara khusus memeriksa bagian kabel yang biasanya dipakai. 

Untuk cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang kedua ini bisa dicoba dengan membenahi bagian kabel yang rusak dengan lebih teliti. Jika tidak berhasil ketika melakukannya, maka bisa melanjutkan dengan membeli kabel yang baru namun pastikan model dan kualitasnya memang sesuai.

3. Mengecek RAM dan Hardisk

Solusi yang ketiga yang bisa dicoba adalah dengan memeriksa bagian atau komponen yang lainnya yang lebih penting. Setiap orang bisa mencoba dengan memeriksa bagian RAM yang ada dengan lebih hati-hati karena termasuk komponen yang keras dalam komputer.

Jika tidak ditemukan permasalahan di bagian RAM tersebut, maka bisa melanjutkan dengan memeriksa bagian VGA terutama untuk mengatasi kerusakan tidak terduga. Periksa apakah posisinya sudah sesuai, jika tidak, maka sebaiknya ambil dahulu sebelum dipasangkan ulang dengan mudah dan tepat di tempat masing-masing.

4. Memperbaharui Drive VGA

Mungkin banyak yang tidak tahu, bahwa ada sebuah jenis cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang lain dengan waktu lebih lama. Misalnya saja kali ini, setiap orang perlu memeriksa apakah bagian VGA yang ada di laptop tersebut sudah terbaru dan berkualitas.

Jika tidak, maka waktunya untuk lebih memperhatikan aspek terkait sinkronisasi dan pastikan nanti ada driver terbaru dari VGA yang digunakan. Namun sayangnya, proses pembaharuan untuk VGA ini bisa membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga pengguna bisa sembari melakukan aktivitas lainnya.

5. Mengecek Power Supply

Untuk solusi yang terakhir ini jangan sampai ketinggalan untuk dicoba, terutama bagi beberapa orang yang tidak memerlukan banyak waktu. Setiap pengguna bisa mencoba dengan memeriksa bagian untuk power supply dan segera mengganti dengan yang baru jika ditemukan kerusakan akut.

Selain itu, menjadi penting untuk melihat apakah kerusakan tersebut bisa diatasi dengan mandiri atau bantuan dari ahli. Untuk meminta bantuan dari ahlinya, diperlukan dana lebih banyak dan waktu sesuai dengan order.

Solusi terkait dengan cara memperbaiki monitor LCD bergaris tersebut tentu saja bisa dicoba dengan mudah oleh setiap orang. Ada yang bisa dilakukan hanya dengan bantuan dari mengganti kabel dan ada juga yang membutuhkan proses pembaharuan driver yang lama.

Baca Juga