fbpx

Inilah 3 Perbedaan JPG dan JPEG 

Pastinya bizzie pernah memperhatikan untuk format file gambar yang tersimpan pada maupun smartphone akan menggunakan ekstensi apa. Format gambar kini menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mengetahui tentang support tersebut. 

Saat ini ada beberapa software dan yang memang tidak dapat menerima beberapa file gambar tertentu. Bahkan ada juga ada salah satu format file gambar yang kadang membingungkan bizzie. 

Salah satu kebingungan yang sering terjadi adalah format file gambar JPG dan JPEG. Sampai dengan sekarang banyak dari kalangan masyarakat yang belum bisa melakukan

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai perbedaan JPG dan JPEG. Untuk bizzie yang penasaran dengan beberapa perbedaan tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

3 Perbedaan JPG dan JPEG 

Ketika dilihat kedua format file ini mempunyai nama yang hampir sama. Pastinya juga ada banyak sekali macam-macam pertanyaan yang muncul mengenai perbedaan JPG dan JPEG. Untuk perbedaan JPG dan JPEG yang harus diketahui dan dipahami adalah:

1. Asal Usul File JPEG 

JPEG yaitu salah satu file ekstensi gambar yang pertama kali muncul. JPEG mempunyai kepanjangan Joint Photographic Expert Group. Untuk ekstensi file gambar kali ini mulai diperkenalkan pada tahun 1992 dan sudah sesuai dengan standar ISO. 

Kebanyakan file gambar menggunakan format ekstensi file JPEG. Bahkan, untuk di zaman dahulu banyak kamera yang mempunyai format JPEG pada setiap hasil potret yang dihasilkan. 

Tidak perlu heran lagi ketika format file JPEG banyak dipergunakan pada kalangan masyarakat secara umum. Apalagi pada format JPEG ini mempunyai satu kelebihan yang cukup bagus dan berkualitas. 

Satu fitur dan kelebihan yang ada di file JPEG adalah mempunyai kualitas ketika melakukan campuran warna. Sebaliknya juga ada kekurangan format JPEG yang harus diketahui oleh bizzie. 

Baca Juga :  Perangkat Pengembang Aplikasi Web yang Perlu di Ketahui

Kekurangan yang didapatkan yaitu hasil yang diberikan kurang bagus dalam sisi warnanya juga kurang tajam. Hasil warna pada gambar dengan format JPEG ini akan terlihat sedikit agak kabur. 

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya metode kompresi yang dilakukan atau yang sering disebut dengan lossy compression. Metode lossy compression yaitu teknik yang digunakan untuk mengecilkan ukuran file gambar. 

Dengan menurunkan file gambar pastinya akan berdampak pada kualitas yang akan diberikan. Format file JPEG ini pertama kali muncul di tahun 90an. Bahkan ada dua operasi komputer saja yang dapat menggunakan format file tersebut. 

Untuk dua jenis komputer tersebut adalah windows dan macintosh. Pada saat tersebut hanya jenis komputer macintosh saja yang bisa membawa format file JPEG. Sedangkan untuk jenis komputer windows yang pertama kali muncul belum bisa membaca format JPEG. 

Sampai dengans aat ini komputer jenis windows hanya bisa membuka file dengan tiga huruf ekstensi saja. Selain tiga huruf ekstensi tidak bisa untuk membuka file gambar tersebut. 

Alasan yang sudah dijelaskan di atas menjadi salah satu perbedaan JPG dan JPEG. Sampai dengan sekarang untuk file gambar yang awalnya JPEG diubah menjadi JPG. 

Pada kesimpulannya untuk perbedaan JPG dan JPEG ini tidak ada perbedaan yang terlalu berarti. Untuk perbedaan yang terlihat dalam segi bentuk format file saja.

Baca Juga : 6 Perbedaan VPS dan RDP untuk Kebutuhan Web Bisnis Anda

2. Dukungan Sistem Operasi yang Digunakan 

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, bahwa dengan munculnya macintosh ini hanya dapat membaca format gambar dengan ekstensi file JPEG. Tapi untuk sekarang komputer dengan sistem windows sudah bisa membaca format gambar dengan ekstensi JPEG. 

Untuk sekarang juga ada beberapa software aplikasi yang dapat membantu dalam proses membuka gambar dengan bervarian jenis ekstensi. Bahkan untuk komputer yang belum didukung sistem operasi juga bisa menggunakan software aplikasi tersebut. 

Baca Juga :  Perbedaan Shared Hosting dan VPS: Lebih Untung Mana?

Bizzie tidak perlu mempermasalahkan mengenai format gambar yang akan digunakan. Sekarang semua jenis ekstensi file gambar penyimpanan bisa dibuka melalui software aplikasi. Juga tidak ada perbedaan JPG dan JPEG di dalam sistem operasi yang digunakan. 

3. Kualitas Gambar yang Diberikan 

Masalah kualitas gambar yang diberikan untuk file JPG dan JPEG tidak terlalu mencolok. Artinya tidak ada perbedaan jPG dan JPEG dalam kualitas gambar yang diberikan. 

Contoh mudahnya ketika bizzie ingin mempunyai foto full badan, ketika ingin membuka kedua file tersebut bisa dilakukan tanpa harus melalui proses edit. Setelah membuka file tersebut bisa langsung memilih menu “save as”, 

Jangan lupa juga memberikan nama file baru supaya mengalami sedikit penurunan. Ketika dilihat dengan kasat mata, memang tidak ada perbedaan JPG dan JPEG. Tetapi jika dilihat dari ukuran gambar tentunya akan mengalami sedikit perbedaan atau penurunan. 

Apalagi di dalam segi kualitas yang diberikan memang tidak terlihat jelas. Untuk perbedaan jelas akan terlihat ketika melakukan perbesaran di satu file gambar tersebut. 

Pada ekstensi format file JPG dan JPEG di dalam hal keperluan ini tidak ada satu kendala yang dipermasalahkan. Semua sistem komputer juga mensupport di dalam beberapa file ekstensi gambar. 

Satu tips atau cara yang dapat digunakan oleh bizzie yaitu lakukan terlebih dahulu supaya ukuran gambar lebih kecil. Sehingga dengan cara tersebut membuat bizzie tidak banyak menghabiskan banyak space di kapasitas

Nah, itu dia penjelasan mengenai perbedaan JPG dan JPEG. Besar harapan dengan penjelasan diatas dapat membantu bizzie ketika ingin melakukan perbesaran gambar.

Baca Juga : Perbedaan VPS dan Dedicated Server untuk Web Profesional