fbpx

Perbedaan VPS dan Dedicated Server untuk Web Profesional

Perbedaan dan dedicated server adalah faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih untuk keperluan pribadi atau perusahaan. 

Sekilas, beda VPS dan dedicated server tidak terlihat berbeda karena Anda adalah pemilik tunggal dalam server tersebut. Kelebihan yang Anda dapatkan hampir mirip. 

Meski begitu, tetap ada hal yang membedakan antara DS dan VPS dalam server hosting yang perlu Anda perhatikan.

Mengenal VPS dan Dedicated Server

Perbedaan dedicated server dan VPS

VPS atau Virtual Private Server dan DS atau Dedicated Server adalah dua pilihan berbeda meski terlihat mirip. Untuk lebih mengenal keduanya, berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Virtual Private Server

VPS adalah layanan hosting untuk web pemula dengan trafik tinggi namun dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Virtual Private Server adalah gabungan antara shared hosting dan dedicated server. Mengapa?

Karena VPS hosting adalah jenis shared hosting yang mendapatkan ruang server tersendiri namun belum memiliki urgensi untuk menyewa server secara menyeluruh seperti pengguna DS. 

Lewat layanan hosting ini, Anda akan memiliki akses ke server pribadi termasuk web sehingga Anda dapat melakukan pengaturan web sesuai dengan kebutuhan. Anda juga lebih bebas untuk menginstal tanpa perlu takut dengan terbatasnya ruang penyimpanan.

Namun terdapat kekurangan yang perlu Anda antisipasi karena kewenangan ini, yaitu Anda harus mengerti tentang server. Termasuk soal sistem OS Linux dan Windows pada saat pengaturan awal VPS. 

Kekurangan lainnya adalah Anda masih harus berbagi sumber daya fisik server seperti ruang penyimpanan dan CPU dengan pengguna lain. 

Baca Juga :  Cara Membuat VPS Windows Gratis di Google Cloud

Namun tenang, web Anda tidak akan terganggu meski ada penggunaan sumber daya berlebih dari web lain atau server yang mendadak down karena ini telah tersimpan secara virtual di .

Pengertian DS Hosting

Berbeda dengan VPS, Dedicated server memiliki segala kewenangan, tidak hanya pada pengelolaan server tersendiri, namun juga sumber daya fisik yang tidak berbagi dengan pengguna lain.

Fleksibilitas dan kekuatan server yang besar adalah keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika mengelola web profesional.

Catatan penting lainnya adalah tingkat keamanan server ini sangat baik karena setiap pengguna akan mendapatkan protocol (IP) yang berbeda sehingga sulit bagi hacker atau pengguna lain untuk mencuri pada web Anda.

Namun Anda perlu merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan berbagai fitur premium tersebut. Selain itu, terdapat kesulitan pada saat perawatan server atau perbaikan jika terjadi kerusakan sehingga hal itu menjadi tanggung jawab provider.      

Perbedaan Dedicated Server dan VPS

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Terdapat beberapa faktor perbedaan dedicated server dan VPS yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika sedang membangun web profesional. Simak daftarnya:

1. Fleksibilitas

Keduanya menawarkan fleksibilitas dalam pengaturan server. Namun pengguna VPS hanya bisa mengatur ruang control panel web dan tetap harus berbagi sumber daya fisik dengan pengguna lain. Hal itu jelas tidak Anda akan rasakan saat menyewa dedicated server.

2. Keamanan

Pengguna DS akan mendapatkan IP unik yang berbeda dengan pengguna lain. Jaminan keamanan sama sekali tidak perlu Anda khawatirkan karena sulit bagi hacker untuk mencuri data.

Sedangkan VPS masih ada kemungkinan terjadi dibobol oleh hacker karena IP yang Anda gunakan adalah IP public yang berpotensi sama dengan server lain.

Baca Juga :  3 Tips Membuat One Page Website yang Efektif untuk Bisnis

3. Harga 

Biaya server DS jelas lebih mahal daripada VPS meski sama-sama memiliki akses ke server pribadi. Dedicated server memiliki keunggulan yang lebih premium termasuk adanya jaminan keamanan dan perawatan dari provider.

Ketiga perbedaan VPS dan dedicated server ini adalah gambaran yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika sedang membangun web profesional. Penyedia hosting tepercaya dan terbaik di Indonesia hanya ada di DewaBiz, yuk segera order!