fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital Marketing

Funnel Marketing Adalah: Inilah Beberapa Tahapannya

Yanti puspita

Funnel marketing adalah alat yang di gunakan oleh bisnis untuk mengukur tingkat minat pelanggan terhadap suatu produk atau layanan. Selain itu, saluran pemasaran juga membantu bisnis mengidentifikasi masalah dalam proses pembelian dan menemukan cara untuk mengatasi hambatan.

Perlu kamu ketahui, bahwa pada artikel kali ini kita akan menjelaskan kepada kamu tantang bebera tahapan funnel marketing. Dan hal lain yang terkait dengan funnel marketing.

Funnel Marketing Adalah: Inilah Beberapa Tahapannya

Funnel marketing adalah sebuah konsep yang mengarah pada pemahaman mendalam tentang cara kerja proses konversi pelanggan, telah menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran modern.

Strategi Funnel marketing adalah bentuk lain dari perjalanan pelanggan, yang menggambarkan proses orang-orang mulai dari tidak mengetahui merek, mengetahui, mengingat, membeli, mengevaluasi produk, hingga menjadi pelanggan. Ada 5 tahapan dalam funnel marketing yaitu:

§  Kesadaran(Awareness)

Funnel Marketing saluran yang pertama adalah kesadaran. Misalnya, bisnis menjalankan kampanye iklan di media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek dan menarik calon pelanggan.

§  Terpesona(Interest)

Strategi selanjutnya adalah Interest. Misalnya, bisnis membuat konten pemasaran yang bermanfaat dan menarik bagi pelanggan. Seperti artikel dan video tutorial tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan.

§  Pertimbangan(Consideration)

Strategi selanjutnya adalah meningkatkan pertimbangan pelanggan untuk menggunakan produk/jasa usaha. Bisnis mengoptimalkan situs web dan platform digital lainnya agar mudah di akses dan di pahami oleh pelanggan. Selain itu, kamu dapat menggunakan fitur chatbot untuk membantu memberikan informasi instan kepada pelanggan.

§  Keputusan(Decision)

Strategi lain yang perlu kamu lakukan adalah Decision. Pelaku bisnis harus memberikan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, serta membangun hubungan baik dengan pelanggan melalui pelayanan pelanggan yang baik dan aktif di media sosial.

§  Bertahan(Action)

Tahapan selanjutnya adalah mengoptimalkan proses pembelian dengan memberikan pilihan pembayaran yang mudah dan aman, serta memberikan layanan purnajual yang baik agar pelanggan membeli dan menjadi pelanggan bisnis yang loyal.

§  Program loyalitas

Tahapan selanjutnya adalah menjalankan program loyalitas. Melalui program ini, bisnis kamu dapat memberikan reward kepada pelanggan setia, seperti diskon, hadiah, atau keanggotaan VIP. Dengan cara ini, pelanggan akan merasa di hargai dan berpotensi menjadi pelanggan setia.

§  Menggunakan CRM

Terakhir, kamu dapat menggunakan CRM untuk mengoptimalkan tahapan funnel marketingmu. Hal ini di karenakan CRM dapat menjadi sebuah sistem yang memusatkan seluruh data bisnismu.

Sehingga kamu dapat memahami dan menganalisis kebutuhan setiap pelanggan dalam riwayat aktivitasnya. Fitur ini yang mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi juga memudahkan agen kamu untuk melakukan tindak lanjut.

Apa Fungsi dari Funnel Marketing?

Fungsi Funnel marketingbagi bisnis adalah untuk memahami bagaimana calon pelanggan mengenali merek atau bisnismu. Lalu pada akhirnya mengambil keputusan untuk membeli produk yang di tawarkan.

Funnel marketingini menggambarkan perjalanan yang di lakukan calon pelanggan mulai dari pertama kali mereka mempelajari merek atau bisnismu hingga titik pembelian. Proses ini terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari kesadaran, minat, pertimbangan, hingga tindakan.

Dengan mengikuti marketing funnel, bisnis dapat memahami posisi pelanggan mereka dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Dan kemudian menyesuaikan strategi pemasaran mereka.

Hal ini juga membantu bisnis mengidentifikasi hambatan dalam proses pembelian pelanggan dan menemukan cara untuk mengatasi hambatan tersebut. Selain itu, Funnel marketingjuga dapat membantu bisnis menentukan efektivitas periklanan dan strategi pemasaran lainnya.

Apa Manfaat Marketing Funnel

Funnel marketingini penting untuk di terapkan karena memiliki banyak manfaat bagi bisnismu. Manfaatnya meliputi:

§  Meningkatkan Penjualan

Penjualan bisa meningkat ketika kamu bisa beradaptasi dengan apa yang sesuai dengan pelanggan. Dengan memberikan pengalaman yang di sesuaikan bagi pelanggan, akan lebih banyak keputusan pembelian konsumen yang terpicu.

§  Mendapatkan Perilaku Konsumen

Jika kamu sudah menganalisis saluran pemasaran, kamu juga bisa mendapatkan temuan terkait perilaku pelanggan di setiap tahap. Pelaku bisnis akan memahami apa yang membuat konsumen ingin membeli suatu produk. Dengan modal itu, pengusaha akan tahu strategi apa yang harus di ambil selanjutnya.

§  Membantu Mengidentifikasi Area yang Kurang Optimal

Ketika Funnel marketingdi terapkan, perilaku konsumen pada setiap tahapan juga di ketahui. Jadi, ketika ada tahapan yang kurang optimal, kamu bisa memaksimalkan atau mengubah strategi menggunakan modal yang di dapat dari marketing funnel.

§  Efektivitas dan Efisiensi Strategi Pemasaran

Funnel marketingjuga dapat membuat strategi pemasaranmu lebih efektif dan efisien. Sebab, tentunya pengusaha sudah tahu persis apa yang harus di lakukan, apa saja yang perlu di tingkatkan, dan apa saja yang perlu di tambahkan.

Contoh Strategi Marketing Funnel

Di bawah ini adalah contoh strategi yang dapat di terapkan pada setiap tahapan marketing funnel. Yaitu:

·         Melakukan promosi iklan secara intensif

Ini merupakan tahap dasar yang wajib di lakukan oleh setiap bisnis. Sebab, tahapan inilah yang menentukan apakah konsumen mengetahui produkmu atau tidak. Caranya cukup sederhana, misalnya dengan membuat media sosial yang kini gratis.

Jika kamu mempunyai dana lebih, kamu bisa meng-endorse Key Opinion Leaders atau bisa juga dengan melakukan promosi berbayar di media sosial agar orang-orang yang tidak tahu apa-apa tentang produkmu bisa mengetahui keberadaan produk.

·         Identifikasi Masalah Konsumen dan Tawarkan Solusi

Setiap bisnis selalu memiliki target pasar yang ingin di jangkau. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu masalah konsumen apa yang ingin di selesaikan. Sebab, ketika kamu memahami permasalahan konsumen, maka bisa membuat strategi promosi yang sesuai dengan konsumen.

Misalnya, jika kamu menemukan kendala yang di hadapi konsumen, seperti mereka terlalu malas untuk datang ke toko, maka kamu bisa membuat poster atau konten promosi yang menjelaskan bahwa produkmu bisa di antar secara gratis.

·         Tampilkan Keunggulan Produk

Strategi ini juga merupakan strategi dasar yang harus di ikuti untuk setiap produk. Jadi kamu bisa menunjukkan keunggulan produkmu dengan menggunakan layanan product reviewer untuk menunjukkan keunggulan produk tersebut.

·         Sederhanakan Alur Transaksi

Meski terkesan sederhana, namun tahapan ini sebenarnya penting, karena terkadang ada sebagian konsumen yang enggan melakukan transaksi karena sulitnya alur transaksi pembelian.

Misalnya saja saat ini sudah ada teknologi cashless di mana konsumen hanya perlu memindai QR Code untuk membayar.

Tujuan Funnel Marketing

  • Funnel marketing harus di pelajari dan di terapkan dalam bisnis. Berikut tujuan dari Funnel marketingdalam bisnis, yaitu:
  • Membantu menentukan tahap apa yang telah di capai oleh pengalaman pelanggan produk bisnismu.
  • Dengan adanya Funnel Marketing, komunikasi antara sales, marketing. Dan departemen lainnya menjadi selaras dengan visi yang sama.
  • Mengetahui tahapan pengalaman pelanggan dapat menjadi acuan berapa kali mereka akan menutup atau melakukan pembayaran untuk membeli produkmu.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai Funnel Marketing yang perlu kamu ketahui. Untuk meningkatkan pengetahuanmu tentang Funnel Marketing, kamu harus belajar di tempat yang tepat. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kamu khisusnya yang ingin tahu tentang Funnel Marketing.

Baca Juga