fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Fungsi Google Play Services For AR Serta Dampak yang Ditimbulkan

Rianda

Google merupakan layanan yang sudah diketahui oleh seluruh pengguna Android. Namun beda halnya dengan Google Play Services, masih banyak pengguna Android yang belum mengenal platform tersebut. Lalu apa sebenarnya fungsi Google Play Services for AR pada Android?

Hal itu sudah sepatutnya untuk dipertanyakan mengingat masih jarang yang menggunakan layanan tersebut. Padahal Google Play Services merupakan layanan yang sudah terpasang secara otomatis di semua jenis Android. Maka dari itu simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui fungsi yang sebenarnya:

Apa Fungsi Dari Google Play Services For AR?

Aplikasi ini berguna sebagai layanan application programming interface package. Google Play Services For AR juga berfungsi untuk meng-upgrade Google dan aplikasi lainnya yang telah diunduh dari Google Play Store. Walaupun aplikasi tidak dibuka, Google Play Services tetap menjalankan fungsinya.

Selain itu, Google Play Services For AR ini juga dapat meng-handle seluruh aktivitas pada Android. Banyak pengguna Android yang ingin menghentikan secara paksa aplikasi tersebut karena belum terlalu paham akan fungsinya. Untuk lebih jelasnya simak fungsi Google Play Services berikut:

  • Fungsi Google Play Services for AR yang pertama yaitu mampu mengakses autentikasi Google Services. Seperti halnya Gmail, sinkronisasi kontak dan layanan yang berbasis lokasi lainnya.
  • Memperluas pengalaman aplikasi pengguna seperti pencarian offline, pengalaman bermain game serta pencarian peta yang lebih detail.
  • Fungsi berikutnya yaitu Google Play Services dapat menemukan perangkat yang berbahaya bagi Android.
  • Mengatur iklan-iklan yang terdapat pada aplikasi gratisan.
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan reset factory pada Android. Jika hal tersebut terjadi, semua data akan terhapus secara otomatis. Namun, pengguna tetap akan dapat mengakses beberapa data secara online.
  • Google Play Services for AR juga dapat menghandle aplikasi pihak ketiga yang telah terhubung dengan akun Google.
  • Dapat digunakan untuk melacak suatu lokasi. Apabila terdapat aplikasi yang membutuhkan pelacakan lokasi maka Google Play Services otomatis akan segera mengaktifkan GPS pada Android. Google Search juga akan membutuhkan akses lokasi untuk memberikan info cuaca terkini.

Dampak Google Play Services For AR

Setelah mengetahui fungsi dari Google Play Services selanjutnya pengguna akan memikirkan kembali apabila ingin menghapus aplikasi ini. Selain itu, sudah dapat disimpulkan bahwa Google Play Services merupakan layanan yang legal dan memiliki peran penting bagi pengguna Android.

Namun ada beberapa pengguna yang tidak tahu mengenai dampak apabila Google Play Services dihapus. Pasalnya layanan ini tidak dapat dihapus dari Android melainkan pengguna hanya dapat melakukan disable saja. Simak beberapa dampak yang ditimbulkan apabila menonaktifkan Google Play Services:

  • Tidak dapat mendeteksi aplikasi berbahaya pada Android. Hal ini memungkinkan aplikasi berbahaya beroperasi secara bebas pada sistem Android. Apabila hal tersebut dibiarkan maka akan berpotensi merusak kinerja Android.
  • Tidak melakukan pembaharuan aplikasi secara otomatis. Apabila pengguna Android ingin meng-upgrade aplikasi yang berasal dari Google Play Store, pengguna harus melakukannya secara manual.
  • Aplikasi yang bekerja langsung dengan Google Play Services sudah tidak dapat dijalankan.
  • Tidak dapat mengontrol iklan yang terdapat pada aplikasi gratisan. Hal ini tentu akan mengganggu pengguna apabila sedang menjalankan aplikasi tersebut.

Itulah tadi beberapa fungsi Google Play Services For AR serta dampak yang ditimbulkan pada Android apabila pengguna melakukan disable. Google Play Services akan membuat Android boros baterai karena pengoperasiannya yang berjalan di background.

Namun sekarang ini sudah ada solusi agar baterai tetap hemat kalau Google Play Services sedang digunakan. Maka dari itu pengguna tidak perlu repot lagi menghentikan Google Play Services hanya karena baterai yang boros. 

Baca Juga