fbpx

Mengenal DNS Bypass Internet Positif dan Cara Penggunaannya

Banyak yang mulai beralih menggunakan DNS bypass Internet Positif, saat untuk mengakses situs tertentu. Pasalnya, tidak ada yang tahu seperti apa kebijakan terbaru Menkominfo di masa mendatang. Sebagai jaga-jaga, ada baiknya untuk menggunakan DNS custom sebagai pengakses situs terblokir.

Seperti yang dikenal, Internet Positif merupakan peraturan Menkominfo yang sudah lama beredar. Sistem ini dimaksudkan untuk memblokir situs negatif seperti judi dan media eksplisit. Sayangnya, Internet Positif juga memblokir situs-situs aman, sehingga orang kerap mencari-cari solusi bagaimana mengaksesnya.

Mengenal Fitur DNS-over-HTTPs

Untuk yang mencari bagaimana cara mengakses situs yang diblokir, maka dapat menggunakan DNS bypass Internet Positif seperti DoH. Memiliki nama lengkap DNS-over-HTTPs, DoH merupakan protokol custom yang menggunakan remote DNS saat berselancar di internet.

Umumnya DoH digunakan sebagai privasi dan perlindungan firewall internet. DNS-over-HTTPs ini dikenal lebih efektif dalam menumpas peretas bila dibandingkan dengan DNS-over-TLS (DoT). Akan tetapi, DoH masih terbilang baru sejak kemunculannya pada tahun 2018.

Dengan menggunakan DoH, tidak hanya peretas, namun sistem blokir seperti Internet Positif juga tidak dapat menghentikan pengguna internet. Hal tersebut dikarenakan sejatinya Internet Positif menggunakan DNS default dari ISP. Inilah mengapa berbagai provider internet menampilkan halaman blokir yang berbeda-beda.

Selain bypass situs yang terblokir, DoH juga digunakan untuk memberikan kelancaran saat menggunakan internet. Terkadang DNS default dari provider internet tidak selamanya lancar. Dengan menggunakan DoH, maka koneksi dapat lebih stabil, meski hal ini belum sepenuhnya berfungsi.

Begini Cara Menggunakan DNS Bypass Internet Positif

Teruntuk yang ingin mengakses situs yang diblokir Internet Positif, DoH dapat dijadikan sebagai salah satu solusi alternatif. Cara memasangnya pun mudah, dan dapat dilakukan siapa saja. Simak berbagai metode yang bisa diikuti berikut:

1. Melalui Pengaturan Browser Smartphone

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan pengaturan browser smartphone. Umumnya, browser berbasis Chromium seperti Chrome, Edge dan lainnya sudah memberikan opsi DoH ini. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Mula-mula buka browser berbasis Chromium yang dimiliki pada smartphone.
  • Kunjungi Setelan dengan mengetuk ikon titik tiga di samping alamat situs.
  • Scroll ke bawah hingga pada menu Privasi dan keamanan, lalu ketuk.
  • Pilih opsi Gunakan DNS Aman, lalu aktifkan opsi Pilih penyedia lain.
  • Ketuk tanda panah ke bawah untuk memilih salah satu list DoH yang dapat digunakan.

Pada browser Firefox, opsi DoH dapat ditemukan di Settings > Enable DNS over HTTPs. Lalu, tinggal pilih DoH yang diinginkan. Pengguna juga bisa menambahkan DoH custom jika dimiliki.

2. Melalui Pengaturan Smartphone

DoH sebenarnya sudah tersedia pada pengaturan smartphone. Hanya saja, pemilik smartphone di bawah Android 9 mungkin belum memiliki fitur tersebut. Bagi yang di atasnya, silahkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tahap pertama, kunjungi Pengaturan atau Settings dari smartphone.
  • Kunjungi menu Koneksi atau Connection, lalu pilih Internet.
  • Pada halaman ini, pilih opsi DNS Pribadi atau DNS Private, lalu aktifkan opsi Custom.
  • Isikan kolom yang disediakan dengan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com, kemudian simpan.

3. Melalui Pengaturan Wi-FI Komputer

Pengguna komputer atau laptop dapat menambahkan DNS bypass Internet Positif melalui pengaturan Wi-Fi. Perlu diingat, jika Wi-Fi publik mungkin tidak akan dapat menggunakan cara ini. Berikut langkah-langkah pengaturannya:

  • Pilih jaringan Wi-Fi yang digunakan, lalu klik kanan opsi Settings.
  • Pilih menu Internet Protocol Version 4 > Properties. Tambahkan kolom dengan mengetikkan DNS berikut: 1.1.1.1 1.0.0.1
  • Kembali ke Settings, pilih menu Internet Protocol Version 6 > Properties.
  • Tambahkan kolom dengan mengetikkan DNS berikut: 2606:4700:4700::1111 2606:4700:4700::1001

Demikian informasi mengenai DNS bypass Internet Positif dan cara menggunakannya. Di samping kelebihannya, sayangnya berbagai provider sedang berusaha untuk tetap menekankan Internet Positif bagi pengguna DoH. Akan tetapi, DoH adalah protokol baru, sehingga akan terus dikembangkan untuk memberikan kebebasan berinternet.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!