fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Domain

Ketahui Fitur Chrome DNS Over HTTPS & Cara Menggunakannya

Rianda

Keamanan saat mengakses web di browser merupakan hal yang sepatutnya menjadi concern. Chrome DNS Over HTTPS adalah fitur yang akan memberikan keamanan tersebut. Terlebih lagi jika mengaksesnya di jaringan umum, seperti WiFi yang ada di mall dan cafe.

Banyak manfaat dari mengaktifkan DoH. Selain meningkatkan keamanan, fitur tersebut ternyata juga bisa digunakan membuka situs terblokir. Meski fungsi tersebut bisa diakses memakai VPN, tapi belum tentu aman dan bahkan berbayar. Tapi agar fitur berjalan, harus diaktifkan dulu. Berikut penjelasannya.

Apa Itu DoH?

Bagi yang belum tahu, DNS Over HTTPS adalah salah satu fitur keamanan yang bekerja ketika user mengakses suatu situs web. Cara kerjanya yaitu dengan melakukan enkripsi pada permintaan Domain Name System. Enkripsi dilakukan dengan menggunakan protokol HTTPS.

Bisa dikatakan, DoH masih tergolong sebagai protokol yang baru. Dua perusahaan yang sudah menyediakan layanan tersebut adalah Google dan Cloudflare. Keduanya memiliki infrastruktur dan DNS sendiri.

Jika mengakses suatu alamat website dengan DNS dari dua perusahaan tersebut, otomatis menggunakan layanan DoH. Fitur ini juga sudah disediakan dalam browser Chromium, seperti Google Chrome sejak 2019. Itu artinya, tidak hanya berjalan di desktop saja, tapi juga mobile.

Apa Manfaat DoH?

Banyak manfaat jika membuka website dengan Chrome DNS Over HTTPS. Sebelumnya sudah disebutkan tentang meningkatkan keamanan. Tapi selain itu, fitur ini juga lebih menjamin kerahasiaan atau privasi pengguna internet selama mengakses situs tertentu. Berikut penjelasan masing-masing manfaatnya:

  • Aman dari hacker. Peretas adalah serangan paling sering terjadi di internet. Bahaya tersebut akan diminimalisir jika mengaktifkan DoH dengan cara menggunakan DNS yang mendukung fitur tersebut. Manfaat ini diperoleh karena alamat yang dikirim dienkripsi, sehingga hacker tidak tahu tujuan user.
  • Melindungi privasi. Cara kerja DNS Over HTTPS yang mengenkripsi permintaan akan menyembunyikan penerjemahan alamat situs. Penyedia internet (ISP) tidak dapat melihat DNS request  dari pengguna. Itu artinya, privasi user bisa terjaga dan memaksa ISP untuk menebak kemana akses yang dibuka.
  • Dapat membuka situs yang diblokir. ISP selalu menyaring aktivitas internet pengguna. Ada banyak situs yang diblokir ISP, meski tidak semuanya melanggar. Salah satu cara agar bisa membukanya yaitu dengan menggunakan DoH, sehingga permintaan yang dienkripsi membuat ISP tidak dapat membacanya.
  • Meningkatkan kecepatan internet. Manfaat berikutnya yaitu dapat meningkatkan proses muat halaman. Berbeda dengan menggunakan DNS dari ISP yang belum dilengkapi fitur ini. Alamat default tersebut biasanya lebih lama dalam menerjemahkan web yang dibuka pengguna.

Cara Mengaktifkan DoH di Google Chrome

Karena DoH sudah tersedia dalam Google Chrome, maka pengguna bisa menggunakannya lebih mudah. Cara mendapatkan fitur tersebut yaitu dengan mengganti pengaturan default ISP dan beralih ke DNS server yang sudah mendukung DoH, yakni Cloudflare atau Google Public. Inilah langkahnya:

  • Buka browser Google Chrome yang akan digunakan.
  • Kemudian klik titik tiga yang berada pada sudut kanan layar sebelah atas.
  • Setelah itu masuk ke menu Setelan.
  • Masuk lagi ke opsi Privasi dan Keamanan.
  • Gulir layar dan aktifkan menu Gunakan DNS Aman.
  • Geser slider ke arah kanan.
  • Jangan menggunakan penyedia saat ini. Tapi pilih lainnya dengan klik menu dropdown.
  • Pilih Cloudflare (1.1.1.1). Bisa juga memilih Google Public DNS.
  • Muat ulang Chrome.
  • Jika menggunakan Cloudflare, coba ketik di address bar https://1.1.1.1/hep.
  • Pada Debug Information, pastikan bagian Using DNS Over HTTPS sudah menjadi Yes.

Demikian penjelasan tentang fitur keamanan Chrome DNS Over HTTPS. Mengakses internet menggunakan fitur tersebut lebih aman dari serangan hacker dan menjaga privasi. Karena sudah didukung pada browser Chrome, bisa juga digunakan di versi mobile-nya.

Baca Juga