fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Cara Upload WordPress Offline ke WordPress Online dengan Mudah

Wiliam

Cara upload wordpress offline ke wordpress online pada dasarnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Biasanya cara satu ini dibutuhkan jika Bizzie sudah lancar memakai dashboard WordPress serta puas dengan tampilan situs tersebut di PC lokal. Umumnya situs tersebut sudah di kostumisasi dan ditambahkan dengan beberapa konten serta personalisasi. Dengan demikian keberadaan situs bisa lebih optimal.

Setelah puas dengan tampilan situs, berikutnya Bizzie memang perlu membuatnya agar bisa diakses oleh semua orang di internet. Di sinilah pemilik situs perlu mengupload atau memindahkan situs dari server lokal ke online. Namun sebelum melakukan cara satu ini, pastikan Bizzie sudah memiliki pilihan server terbaik. Selain itu pastikan juga server memiliki fasilitas database berupa MYSQL serta mendukung script PHP. 

Bagaimana Cara Upload WordPress Offline ke WordPress Online?

Dalam cara upload wordpress offline ke wordpress online, maksudnya yaitu memindahkan WordPress yang ada di server PC milik Bizzie atau server lokal ke server sebenarnya alias server online. Adapun cara selengkapnya antara lain:

1. Membuat Database di Dalam Server Web Online

Untuk cara upload wordpress offline ke wordpress online yang pertama, Bizzie harus membuat database di dalam server web online.  Harap pastikan pemilik situs membuat database baru atau memakai database lama namun sudah kosong atau isinya telah dihapus dalam database. Dengan demikian Bizzie bisa mengupload wordpress offline ke wordpress online lebih mudah dan relatif cepat.

2. Edit File Wp-config.php di Dalam Server Komputer Lokal Bizzie

Sebagai informasi, wp-config.php sendiri merupakan file rename wp-config-sample.php yang berguna untuk menginstal wordpress di perangkat komputer. Bizzie perlu membuka kembali file itu karena akan memindahkan server berarti juga harus mengedit settingannya. Pengeditan file sendiri dilakukan dengan mengedit kata sandi, nama database, localhost menjadi nama MySQL host serta nama penggunanya. 

3. Ekspor Database yang Berasal dari Server Offline

Selanjutnya dalam cara upload wordpress offline ke wordpress online yaitu mengekspor database dari server offline antara lain:

  • Jalankan XAMPP Control Panel dan browser lalu ketikkan https://localhost/phpmyadmin.
  • Setelah itu pilih database yang Bizzie gunakan untuk wordpress, lanjutkan dengan tekan nama database.
  • Kemudian tekan export.
  • Lalu beri tbizzie pada opsi save as file yang ada di bagian bawah. Harap pastikan jenis file SQL sudah terseleksi dan tekan Go.
  • Nantinya browser langsung mengupload file wordpress.sql buatan Bizzie sebelumnya. 
  • Berikutnya simpan file SQL tersebut dan eksport database pun selesai.

4. Import Database 

Jika sudah mengekspor file database sebelumnya, langkah untuk cara upload wordpress offline ke wordpress online berikutnya yaitu dengan import database. Caranya sendiri antara lain:

  • Pertama-tama masuklah ke dalam Control Panel server online milik Bizzie.
  • Lanjutkan dengan tekan phpMyAdmin.
  • Kemudian cari database yang telah Bizzie buat sebelumnya dengan nama tersendiri.
  • Setelah itu akan terlihat bahwa database masih dalam kondisi kosong, maka tekan import.
  • Di bagian File to Import, silahkan tekan Browse lalu cari file yang Bizzie namakan tadi serta tekan Go.
  • Tunggu hingga tahap import database berhasil dan Bizzie pun siap mengupload file WordPress ke server online.
  • Kini import database pun sudah selesai.

5. Upload File WordPress

Untuk cara upload wordpress offline ke wordpress selanjutnya adalah mengupload file khusus. Langkahnya adalah dengan membuat folder khusus di dalam server web online. Biasanya ini berada di bawah folder public_html atau htdocs dan perlu Bizzie buat folder baru, misalnya saja Blog. Agar bisa upload file ke server online, maka Bizzie bisa memakai cPanel ataupun program FTP seperti FileZilla.

Seharusnya cPanel sudah disediakan oleh server Bizzie. Sedangkan jika menggunakan FileZilla maka bisa mengunduhnya langsung di https://filezilla-project.org. Setelah itu install FileZilla itu di PC dan bisa Bizzie gunakan. Adapun untuk cara menggunakannya cukup mudah seperti saat memakai program explorer pada umumnya. Agar bisa menyetel program tersebut, Bizzie hanya perlu mengisi nama Host dengan nama host milik sendiri ataupun nama situs.

Contohnya saja nama pengguna dengan username dalam server dan kata sandi atau password. Adapun password yang dipakai dalam cara upload wordpress offline ke wordpress online ini adalah kata sandi yang sama agar bisa login di dalam cPanel. Sedangkan untuk port biarkan jika tidak diisi sekalipun. Kemudian pindahkan atau upload file wordpress ke htdocs atau direktori public_html.

Dalam hal ini pastikan berkas telah mengandung file wp-config.php yang telah diedit dengan benar. Jika menggunakan FileZilla, maka caranya lebih mudah yaitu Bizzie hanya perlu copy dan paste atau drag serta drop. Jika ukuran filenya cukup besar serta terdiri dari banyak file maka ada baiknya file-file tersebut dikompres terlebih dahulu baru diupload dan dikembagngkan dalam server. Cara satu ini bisa digunakan kalau Bizzie memakai file manager cPanel.

6. Mengedit Database MySQL dalam Server Online

Terakhir dalam cara upload wordpress offline ke wordpress online yaitu Bizzie harus mengedit database. Kalau Langkah satu ini tak dilakukan maka situs tidak akan tampil. Cara mengeditnya sangat mudah yaitu:

  • Jalankan phpMyAdmin dalam Control Panel.
  • Tekan nama database Bizzie dan klik wp_options.

Itulah tata cara upload wordpress offline ke wordpress online yang bisa Bizzie lakukan dengan sangat mudah walaupun pemula sekalipun. Dengan cara di atas, situs Bizzie dapat tampil dan bisa mudah diakses banyak orang.

Baca Juga