Cara Setting Plugin Yoast SEO Terbaik

Cara Setting Plugin Yoast SEO Terbaik

Mengetahui cara setting Yoast SEO tentunya akan semakin mendapatkan peringkat yang tinggi pada mesin pencari google. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan pada website Anda. Ketika Anda mengelola sebuah website dari platform wordpress dan melakukan  hosting sendiri, maka plugin SEO Yoast adalah salah satu alat yang penting dan bisa Anda miliki dengan mudah. Peranan Yoast juga sangat penting sehingga para pemilik website menginstalnya.

Cara setting Yoast SEO sangatlah mudah. Ini nantinya dapat dioperasikan dengan mudah bahkan bagi seorang pemula di bidang SEO sekalipun. Tools dari wordpress ini juga yang paling komprehensif di antara tools sejenis lainnya.

Yoast SEO merupakan plugin yang cukup banyak digunakan oleh pemilik website karena fitur SEO yang dimilikinya cukup lengkap. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan peringkat website. Yoast tersedia gratis maupun premium. Namun pada dasarnya seluruh fungsi pentingnya terdapat di Yoast SEO yang gratis.

Plugin andalan wordpress ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan beberapa hal seperti mengontrol title dan meta description, menetapkan keyword yang telah ditargetkan dan melacak seberapa sering digunakan.

Bagaimana Cara Install Yoast SEO?

Tak hanya memberikan kemudahan dalam mengelola website, Yoast SEO juga bisa diunduh secara gratis sehingga siapa saja bisa menggunakannya. Namun sebelum setting Yoast, ANda harus melakukan instal plugin Yoast SEO terlebih dahulu.

Berikut cara instal plugin SEO;

  • Login wordpress

Langkah pertama Anda harus masuk ke wordpress terlebih dulu.

  • Add new plugin

Kemudian cari menu Pluginan  pilih Add New.

  • Search Yoast SEO

Selanjutnya Anda bisa melihat pada bagian kolom Search, kemudian tulis ‘Yoast SEO’ kemudian klik enter.

  • Instal Yoast SEO

Kemudian Anda bisa langsung pilih Install lalu Activate dan tunggu proses installasi hingga selesai.

  • Setting Yoast SEO

Jika berhasil akan muncul menu baru bernama ‘SEO’, silakan explore tentang segala fitur yang tersedia.

Cara Setting Yoast SEO

1.Lakukan transfer data

Langkah pertama adalah dengan memastikan semua setingan SEO pada plugin sebelumnya sudah dipindakan ke plugin Yoast sebelum menonaktifkanya.

2.General

Selanjutnya silakan klik pada menu SEO, kemudian pilih tab General. Di sini akan terlihat tombol untuk membuka konfigurasi.

3.Features

Selanjutnya Anda bisa pilih tab features kemudian aktifkan bagian Advanced settings pages. Setelah itu silakan klik tombol Save changes untuk menyimpan pengaturan. Nanti akan terlihat pada menu SEO bertambah menu baru.

4.Your info

Pada bagian ini Anda perlu memasukan seputar informasi mengenai situs dan nama Anda atau nama perusahaan.Pada bagian website name dan alternate nantinya akan menggambarkan jenis website Anda. Jika bagian ini tidak diisi, maka Yoast SEO akan otomatis menggunakan title dari website Anda.

Kemudian Anda bisa langsung pilih company atau person untuk website yang Anda buat. Jika Anda memilih Company, silakan untuk mengisi nama perusahaan dan juga mengupload logo dari perusahaan. Jika Anda memilih person, silakan untuk memasukkan nama yang mengelola website, kemudian klik tombol Save changes.

5.Webmaster tools

Ini sangat memungkinkan Anda melihat insight dan data mengenai website Anda dari search engine. Untuk melakukan verifikasi website dan melihat data laporan mengenai website, Anda harus menambahkan kode traking ke website atau mengupload file dari webmaster ke hosting di mana website Anda berada.

6.Security

Pada bagian ini hanya terdapat satu pilihan, yaitu mengaktifkan bagian advance meta box dari Yost SEO. Yang Anda lakukan di sini sebaiknya memilih Disabled. Dengan menonaktifkan pilihan ini memungkinkan author tidak dapat menentukan nonindex pada postingan.

7.Title dan Meta

Di sini akan muncul beberapa tab menu seperti, General, Homepage, Post Types, Taxonomies, Archieve dan Other. Pada  bagian other sebaiknya dibiarkan secara default.

8.Social

Di menu social ini Anda dapat mengintegrasikan akun sosial media seperti Facebook, Twitter dan Google+ dengan blog Anda. Caranya adalah dengan klik tab Accounts, kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom Your Social Profiles berupa url dari profile masing-masing akun sosial media Anda.

Ini sangat  berguna untuk memberitahu search engine seperti Google mengenai akun media sosial untuk website Anda. Setelah selesai, jangan lupa klik tombol Save Changes.

9.XML Sitemaps

Ini merupakan bagian terpenting yang harus dimiliki pada website WordPress Anda karena akan memudahkan search engine seperti Google dalam mengindex konten yang  Anda buat. Cara membuatnya adalah dengan memilih menu XML Sitemaps yang ada dibagian kiri, kemudian pada bagian XML sitemap functionality diubah statusnya menjadi Enabled. Setelah itu silakan klik tombol Save Changes.

10.Advanced

Pada bagian ini Anda dapat dapat melakukan pengaturan breadcrumbs, permalink dan RSS feed.

11.Tools

Ada tiga fitur yang digunakan yaitu;

  • Bulk editor: Berguna untuk melakukan perubahan pada title dan description setiap postingan Anda.
  • File editor: Berguna untuk melakukan perubahan pada file .htaccess dan robots.txt.
  • Import and Export: Pada bagian ini dapat digunakan untuk mengimport atau mengeksport setingan yang ada pada Yoast SEO.

12.Search Console

Search Console akan memungkinkan Anda untuk melakukan verifikasi website ke Google Webmaster tools atau yang sekarang namanya adalah Google Search Console. Sedangkan Untuk melakukan verifikasi melalui plugin Yoast SEO cukuplah mudah, silakan klik tombol Get Google Authorization Code, kemudian setelah mendapatkan code dari Google Search Console, silakan tambahkan pada kolom yang ada, kemudian klik tombol Authenticate.

Demikianlah cara mudah setting Yoast SEO. Caranya cukup mudah bukan?

Related Posts