fbpx

6 Cara Optimasi Google Bisnis Secara Mudah

Memiliki banyak pengunjung pada mesin pencarian Google menjadi salah satu tujuan ketika melakukan digital . Saat ini hampir semua sudah mencoba untuk menambah jumlah pengunjung dengan menggunakan aktivitas SEO. Selain itu, bizzie juga bisa menggunakan Google Ads agar mendapatkan jumlah secara berbayar. 

Pada saat menggunakan Google Bisnis akan memudahkan para calon untuk menemukan, mempelajari serta interaksi dengan pemiliknya. Google Bisnis merupakan satu tools yang di keluarkan oleh pihak Google guna membantu para pemilik bisnis agar dapat mengelola secara online. 

Cara Optimasi Google Bisnis 

Menggunakan Google Bisnis tidak semudah dengan apa yang bizzie bayangkan. Belum tentu ketika menggunakan Google Bisnis bisa mendapatkan jumlah pengunjung banyak. Maka dari itu,untuk kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara Bisnis. Untuk penjelasan lebih jelasnya bizzie bisa simak di bawah ini:

1. Membuat Akun Google Bisnis 

Cara optimasi Google Bisnis paling pertama tentunya bizzie harus mempunyai akun terlebih dahulu.Pada saat bizzie ingin membuat akun bisa langsung memasukkan yang sudah bizzie buat. Usahakan email yang bizzie gunakan hanya untuk keperluan bisnis. 

2. Membuat Listing Pada Google Bisnis 

Ketika bizzie akan menggunakan cara optimasi Google Bisnis kedua harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Tidak semua bisnis bisa memiliki listingan pada Google Bisnis. Pada saat bizzie sudah mempunyai bisnis cukup lama akan diberikan peluang besar bisa menggunakan Google Bisnis. Untuk mendapatkan kesempatan itu bizzie tinggal langsung klaim saja. 

Setelah proses klaim sudah berhasil maka bizzie bisa melakukan pengelolaan informasi di dalam listingan tersebut. Selain itu, hal menarik lainnya pada saat menggunakan Google Bisnis yaitu akan diberikan pemberitahuan ketika ada seseorang yang klaim bisnis milik bizzie. 

Baca Juga :  Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda

Untuk bisnis yang belum pernah dibuat pada listing maka bizzie bisa mendaftarkan terlebih dahulu. Proses pendaftaran di Google Bisnis bisa dilakukan secara cepat. Namun, untuk proses verifikasi Google Bisnis membutuhkan waktu yang cukup lama kurang lebih 1 minggu. 

3. Mengisi Semua Informasi Pada Google Bisnis 

Profil Google Bisnis yang diisi secara lengkap maka akan membantu bizzie untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di penelusuran lokal nya. Selain itu, ketika profil Google Bisnis sudah lengkap akan memberikan potensi terhadap calon pelanggan untuk menemukan profil bizzie. 

Ada beberapa informasi yang harus bizzie isi secara lengkap mulai dari nama, alamat, telepon, , jam, kategori, jenis produk, dari bisnis dan faq. Tidak hanya itu saja pada profil Google Bisnis juga ada beberapa hal yang harus selalu bizzie update seperti postingan, ulasan, pertanyaan dan jawaban. 

4. Menulis Deskripsi Bisnis Secara Lengkap 

Cara optimasi Google Bisnis kali ini tidak boleh sampai bizzie lewatkan. Ketika bizzie sudah berada di halaman utama menu Google Bisnis akan minta untuk memberikan deskripsi. Usahakan bizzie menuliskan deskripsi secara jelas dan lengkap agar tidak menimbulkan pertanyaan dari para calon pelanggan. 

Untuk bizzie yang ingin menggunakan cara optimasi Google Bisnis harus memastikan bahwa informasi yang disebarkan sama dan tidak berubah. Ada beberapa langkah yang bisa bizzie gunakan untuk menuliskan deskripsi sebagai berikut:

  • Menuliskan deskripsi kurang lebih 750 karakter. Pada 250 karakter bizzie bisa memberikan informasi mengenai kata kunci. 
  • Gunakan menu “tentang kami” untuk menuliskan deskripsi bisnis secara lengkap dan jelas. 
  • Usahakan menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh audiens agar dapat mempermudah calon pelanggan untuk menemukan bisnis bizzie. 
  • Hindari pengulangan informasi yang sudah di jelaskan pada bagian menu profil utama bizzie. Manfaatkan ruang deskripsi untuk menjelaskan mengenai bisnis, perbedaan, kompetitor dan masih banyak lainnya. 
  • Pada saat menuliskan deskripsi jangan pernah memberikan tautan maupun HTML. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Daftar Google News Secara Cepat dan Mudah!

5. Memilih Salah Satu Kategori Pada Google Bisnis 

Sebelum membuat Google Bisnis tentunya bizzie akan diminta untuk memilih kategori yang akan bizzie gunakan. Pada saat menggunakan cara optimasi Google Bisnis kali ini ada beberapa langkah yang harus bizzie lakukan seperti: 

  • Harus mempunyai sikap yang spesifik. 
  • Memilih lebih dari satu kategori atau disebut dengan kategori tambahan. 
  • Usahakan jangan memilih kategori yang berlebihan. 
Baca Juga :  Apa Itu Level Domain? Kenali Fungsi di Setiap Tingkatannya

Selain itu, ada hal yang haru diingat bahwa pihak Google akan meminta bizzie untuk melakukan verifikasi ketika akan melakukan edit daftar kategori. Proses verfikasi ini bertujuan untuk memastikan agar Google Bisnis milik bizzie tetap berada zona akurasi. 

6. Memberikan Dukungan Beberapa Foto

Ketika bizzie menggunakan cara optimasi Google Bisnis kali ini ada beberapa langkah yang haus bizzie ikuti sebagai berikut: 

  • Bizzie bisa melakukan penambahan foto setiap seminggu sekali. 
  • Pada saat menggunakan thumbnail bizzie bisa menambahkan logo yang sudah dibuat. 
  • Bagian foto sampul bizzie bisa menggunakan produk yang mewakili agar mempermudah calon pelanggan untuk melakukan proses pencarian. 
  • Hindari menggunakan stock foto dengan penggunaan beberapa efek. Pihak Google akan lebih suka dengan foto tanpa adanya edit agar terlihat lebih nyata. 
  • Tetap fokus pada gambar yang berkualitas. 
  • Ketika bizzie mempunyai mengenai produk bizzie bisa melakukan upload pada Google Bisnis. 
  • Usahakan bizzie tetap selalu menggunakan Google Street View agar dapat menambahkan foto 360 derajat di bagian profil milik bizzie. 

Pada saat bizzie menggunakan Google Bisnis harus tetap sabar karena untuk mendapatkan jumlah pengunjung tinggi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sekian informasi mengenai cara optmasi Google Bisnis  dan semoga dapat membantu bizzie yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Baca Juga Artikel Berikut : Inilah Cara Memasang Google Analytics di WordPress