fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Cara Ngecas Jam Smartwatch Serta Cara Memaksimalkan Masa Pakai

Rianda

Jam Smartwatch merupakan perangkat teknologi yang menunjang aktivitas sehari-hari. Mengisi daya Smartwatch sangat penting untuk dilakukan agar jam tetap dapat digunakan. Lalu bagaimana cara ngecas jam Smartwatch yang tepat? Walaupun tergolong mudah namun ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya.

Saat ini Smartwatch sudah populer di berbagai kalangan. Selain berfungsi sebagai pengingat waktu, ternyata Smartwatch juga memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki jam tangan pada umumnya. Bagi yang ingin memiliki Smartwatch namun belum mengetahui cara mengisi daya simak penjelasan berikut:

Bagaimana Cara Mengisi Daya Pada Smartwatch?

Perangkat ini dapat dikoneksikan maupun diintegrasikan dengan smartphone. Fitur yang dimiliki Smartwatch hampir mirip dengan fitur yang terdapat pada smartphone. Pengguna dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan kerabat melalui telepon dan pesan, bahkan konten hiburan seperti musik juga ada.

Smartwatch juga memiliki fitur kesehatan seperti menghitung denyut jantung hingga saturasi yang dapat digunakan secara bebas oleh pengguna. Banyaknya fitur yang tersedia pada Smartwatch tentu akan berdampak pada baterai. Maka dari itu simak cara mengisi daya pada Smartwatch berikut:

  • Langkah cara ngecas jam Smartwatch pertama yaitu non aktifkan Smartwatch terlebih dahulu. Mengisi daya dalam keadaan Smartwatch nyala akan mempengaruhi kualitas baterai.
  • Lalu bersihkan terlebih dahulu Smartwatch dengan menggunakan kain basah dan tunggu hingga kering. Apabila  Smartwatch masih dalam keadaan lembab dan kontak langsung dengan listrik maka akan berpeluang terjadi korosi.
  • Terdapat dua pin yang sejajar melingkar di bagian belakang Smartwatch pada charger magnetis. Ambil kabel charger dan tempelkan bagian ujung magnetis ke bagian belakang Smartwatch.
  • Hubungkan adaptor charger Smartwatch ke terminal listrik. Apabila Smartwatch yang digunakan memakai pengisi daya nirkabel, pengguna bisa langsung meletakkan Smartwatch di atas pengisi daya nirkabel tersebut.
  • Selanjutnya pastikan baterai Smartwatch benar-benar terisi. Pengguna dapat memastikannya dengan melihat layar Smartwatch. Perangkat ini otomatis akan menyala dan memunculkan ikon petir pada layar apabila pengisian daya berhasil.

Memaksimalkan Masa Pakai Baterai Smartwatch

Sama seperti smartphone, baterai pada Smartwatch juga memiliki batas pemakaian. Namun tidak jarang ditemukan Smartwatch yang memiliki baterai boros atau cepat habis. Ada beberapa penyebab yang membuat baterai Smartwatch menjadi boros, seperti fitur yang tetap on walaupun jarang digunakan.

Perhatikan penggunaan fitur pada Smartwatch. Non-aktifkan fitur dan aplikasi yang dianggap tidak penting karena akan berdampak pada baterai Smartwatch. Maka dari itu sebelum masalah ini terjadi, simak beberapa cara berikut untuk membuat baterai Smartwatch menjadi awet:

  • Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mematikan notifikasi yang tidak perlu dengan cara memblokir platform terkait. Selain dapat membantu memaksimalkan masa pakai baterai, cara ini juga dapat meminimalisir penyimpanan Smartwatch.
  • Selanjutnya yaitu sesuaikan tingkat kecerahan pada Smartwatch. Tips yang satu ini akan membuat baterai Smartwatch menjadi tidak boros, selain itu juga akan melindungi mata pengguna dari layar.
  • Cara berikutnya yaitu dengan mematikan fitur wrist atau fitur gerakan pergelangan tangan. Fitur ini akan membuat layar Smartwatch menyala secara otomatis apabila tangan digerakkan atau layar diarahkan ke arah  wajah pengguna.
  • Terakhir yaitu dengan menggunakan fitur penghemat daya. Fitur ini akan membantu Smartwatch dalam mengontrol WiFi, data seluler, getaran dan lainnya.

Itulah tadi beberapa langkah cara ngecas jam Smartwatch serta cara memaksimalkan masa pakai baterai Smartwatch yang perlu diketahui. Pengguna tidak perlu khawatir lagi apabila ingin memiliki Smartwatch  namun masih bingung dengan cara pengisian daya.

Jangan lupa juga untuk selalu memelihara kesehatan baterai pada Smartwatch. Sebab, baterai yang boros akan sangat mengganggu pengguna dan apabila dibiarkan terlalu lama akan mempengaruhi kinerja Smartwatch.

Baca Juga