fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Cara Mudah Membuat Meta Description di WordPress, Website Otomatis Langsung Banyak Pengunjung!

Wiliam

Untuk membuat website Bizzie dapat bertengger di peringkat teratas hasil pencarian Google, Bizzie perlu menerapkan berbagai teknik SEO. Salah satu yang paling dasar adalah menambahkan meta tag dan/atau membuat meta description di wordpress. Dengan membuat meta description di wordpress (meta tag), Bizzie akan membantu Google memahami konteks konten Bizzie.

Meta tag terdiri dari tiga jenis, di antaranya adalah meta keyword, meta title, dan meta description. Lantas, apakah cara membuat meta description di wordpress, meta title, dan itu sulit? Untungnya tidak. Jika Bizzie ingin tahu caranya, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Peran Meta Title dan Description di Mesin Pencarian

Meta title dan meta description merupakan optimasi yang digunakan untuk membuat judul serta deskripsi konten lebih menarik. Jika Bizzie membuat meta description di wordpress dan meta title, itu artinya Bizzie memberi tahu kepada robot Google tentang isi dari artikel tersebut. Untuk optimasi standar biasanya judul dan deskripsi, Bizzie harus menggunakan kata kunci yang ditargetkan.

Nah, dengan membuat meta description di wordpress, saat pengunjung yang mengetikan kata kunci website Bizzie, konten Bizzie berpeluang tampil pada SERP Google. Misalnya saja, ketika ada pengunjung mencari “Rekomendasi Hosting Murah” di Google, dan artikel Bizzie membahas mengenai “10 Rekomendasi Hosting Murah Terbaik”, maka peluang muncul konten Bizzie sangat besar.

Terlebih lagi ditambah dengan membuat meta description di wordpress yang menggunakan kata kunci sama dengan pengunjung.

Fungsi Meta Title, Keyword, dan Description pada Website WordPress

Oke, Bizzie mungkin masih penasaran, kira-kira apa sih pentingnya membuat meta description di wordpress, meta title, dan meta keyword? Untuk menjawab pertanyaan Bizzie tersebut, mari kita bahas ketiganya satu per satu berikut ini:

  • Meta title

Meta tittle merupakan judul konten atau halaman website Bizzie yang muncul di halaman hasil pencarian Google.

  • Meta keyword

Meta keyword merupakan kode HTML yang muncul di halaman website Bizzie. Fungsi dari meta keyword adalah untuk memberitahu Google terkait keyword yang ditargetkan konten atau halamannya.

  • Meta description

Meta description merupakan deskripsi singkat tentang konten atau halaman website Bizzie saat muncul di halaman hasil pencarian Google.

Tersedia banyak plugin yang dapat Bizzie gunakan untuk membuat meta description di wordpress dan keyword. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan plugin Yoast SEO. Bila Bizzie belum menginstal dan memasang plugin Yoast pada website Bizzie, silakan Bizzie setting Yoast SEO lebih dulu.

Manfaat Lain dari Membuat Meta Title dan Description di Website

Mungkin masih ada dari Bizzie yang belum melakukan optimasi atau membuat membuat meta description di wordpress beserta meta title. Bila sampai saat ini belum diisi, bisa dipastikan performa website Bizzie dari segi jumlah kunjungan pasti sepi. Ada beberapa alasan kenapa Bizzie sebagai pemilik website harus memasang meta title dan membuat meta description di wordpress:

  1. Memudahkan mesin pencari untuk mengindeks halaman website sesuai dengan isi kontennya.

Robot Google akan melakukan indexing mulai dari judul artikel, heading kemudian artikel kemudian membuat perangkingan di SERP. Nah, kegunaan dalam optimasi meta title dan membuat meta description di wordpress, ini akan membantu robot Google mengetahui isi dari artikel. Maka, pastikan Bizzie selalu buat judul dan deskripsi sesuai dengan artikel jangan clickbait.

  1. Konten lebih menarik di SERP sehingga mendapatkan klik yang lebih banyak dibandingkan dengan website lain.
  1. Prosentase Click To Ratio (CTR) website dapat meningkat dengan memberikan keyword pada judul dan membuat meta description di wordpress dengan adanya keyword.

Cara Membuat Meta Title, Description, dan Keyword di Website WordPress

  1. Tambahkan Focus Keyword di Tab Yoast SEO.
  • Di sidebar sebelah kiri, Bizzie klik Posts > All Posts. Kemudian, pilihlah postingan yang ingin Bizzie edit.
  • Setelah itu, silahkan Bizzie gulir ke bagian bawah unggahan. Pada tab Yoast SEO, silakan Bizzie isi kolom Focus Keyphrase dengan target keyword Bizzie.
  1. Tambahkan Meta Title di Kolom SEO Title
  • Masih pada bagian Yoast SEO, gulir ke bawah untuk menemukan kolom SEO Title.
  • Berikutnya, Bizzie isi kolom SEO title dengan judul yang sesuai dengan konten Bizzie. Judul tersebut akan tampil di hasil pencarian Google.
  • Jika tidak diisi, Yoast SEO akan menggunakan judul unggahan Bizzie secara otomatis. Jadi, pastikan meta title berisi target keyword Bizzie.
  • Selain itu, pastikan Bizzie menuliskan judul hingga bar di bawahnya berwarna hijau. Ini artinya panjang judul telah mencapai batas optimal.
  1. Tambahkan Deskripsi di Kolom Meta Description
  • Di bawah kolom SEO title, Bizzie akan menemukan kolom Meta Description.
  • Isi kolom Meta Description dengan kalimat berisi deskripsi singkat tentang konten atau halaman website Bizzie.

Sama seperti meta title, Bizzie tuliskan meta description sampai bar di bawahnya berwarna hijau. Pastikan Bizzie juga menyertakan target keyword di dalamnya.

Cara Membuat Meta Keyword di Blogspot

Ketika Bizzie membuat meta description di wordpress, maka itu akan mudah karena sudah ada dasbornya. Namun, bagaimana dengan cara membuatnya di blogger atau blogspot? Caranya tidak ada, karena tidak memang ada dasbor khususnya.

Jika Bizzie ingin membuat meta deskripsi di blogger, maka akan lebih mudah jika Bizzie sudah menempatkannya di awal paragraf tulisan sehingga deskripsi otomatis akan ditampilkan di mesin pencari. Demikian tips mengenai cara membuat meta description di wordpress yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, Bizzie!

Baca Juga