fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

VPS

Cara Mudah Install cPanel di AlmaLinux

dewabiz

AlmaLinux adalah sistem operasi kelas enterprise yang populer untuk pengembangan web. Untuk memudahkan manajemen website, banyak pengguna yang memilih untuk menginstall cPanel di AlmaLinux. Sebagai salah satu platform hosting terbaik, cPanel memberikan akses mudah ke berbagai fitur dan fungsi hosting yang dibutuhkan. Artikel ini akan membahas langkah-langkah untuk menginstall cPanel di AlmaLinux dengan mudah dan efektif.

Persiapan Sebelum Install cPanel di AlmaLinux

Sebelum menginstall cPanel di AlmaLinux, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama, pastikan Anda telah memiliki lisensi cPanel resmi yang valid. Lisensi ini dapat dibeli langsung dari website cPanel atau melalui reseller resmi. Selanjutnya, pastikan bahwa server Anda memiliki spesifikasi minimal yang diperlukan untuk menginstall cPanel.

Persyaratan minimum untuk menginstall cPanel di server Anda adalah penggunaan CentOS 7 atau 8 minimal dan 1 GB RAM. Selain itu, pastikan juga bahwa semua paket yang diperlukan telah diinstall di server Anda. Beberapa paket yang harus diinstall adalah curl, wget, tar, perl, dan net-tools.

Langkah-Langkah Install cPanel di AlmaLinux secara Mudah

Setelah persiapan selesai, Anda dapat mulai menginstall cPanel di AlmaLinux. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk menginstall cPanel di AlmaLinux:

1. Download Script cPanel

Untuk menginstall cPanel, pertama-tama download script cPanel dari website resmi cPanel. Anda dapat menggunakan perintah wget untuk mengunduh script cPanel. Berikut adalah perintah untuk mengunduh script cPanel:

# wget -N http://httpupdate.cpanel.net/latest

2. Jalankan Script cPanel

Setelah script cPanel berhasil diunduh, jalankan script tersebut dengan perintah berikut:

# sh latest

Setelah script dijalankan, Anda akan melihat beberapa pesan konfirmasi. Pastikan untuk membaca pesan tersebut dengan seksama dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

3. Tunggu hingga Installasi Selesai

Setelah mengikuti semua petunjuk dan konfirmasi yang diberikan, biarkan proses installasi berjalan. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan internet dan spesifikasi server Anda.

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat mengakses cPanel dengan membuka halaman web melalui browser. Gunakan alamat IP server Anda dengan ditambahkan port 2087 (https) atau 2086 (http) untuk mengakses cPanel.

Menginstall cPanel di AlmaLinux memang membutuhkan sedikit usaha, namun dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menginstall cPanel dengan mudah dan efektif. Dengan cPanel, manajemen website Anda akan menjadi lebih mudah dan terorganisir dengan baik. Pastikan untuk selalu melakukan backup data sebelum melakukan perubahan atau upgrade pada website Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga