fbpx

Cara Mudah Buat Google Form Untuk Pemula

Anda pasti memerlukan form untuk kepentingan tertentu. Cara mudah buat untuk pemula sangat penting. Google Forms adalah salah satu layanan Google yang paling banyak digunakan dan menawarkan banyak keuntungan. Layanan Google Forms ini terintegrasi dengan Google dimana semua data dapat disimpan disini dengan pengelolaan yang sangat canggih dan nyaman.Google Forms memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas, dari hal yang sangat sederhana hingga formulir dengan banyak pertanyaan dan berbagai bentuk.

Semua yang dapat Anda lakukan dengan Google Formulir.Biasanya, beberapa hal seperti mengelola pendaftaran anggota, mendaftar untuk acara seminar, mendaftarkan anggota organisasi, membuat kuesioner, membuat polling, dan melakukan polling penghitungan cepat membuat Google Forms sering digunakan.Selain itu, Google Forms memungkinkan Anda untuk membuat dan menganalisis survei dan hasil survei dari atau smartphone, bahkan tanpa aplikasi khusus, hanya mengandalkan yang diinstal.

Dari hasil tersebut juga dapat diringkas dalam bentuk grafik untuk mempermudah pembacaan data.Sebelum memulai langkah-langkah membuat Google Forms, pastikan Anda sudah memiliki akun Google atau dan ingat passwordnya.

Lalu buka Google Drive dan buka Google Forms, atau klik saja di sini, masuk dulu jika belum masuk.Pertama pilih . Setelah masuk ke Google Forms, Anda akan melihat layar dengan berbagai template untuk digunakan tergantung pada kebutuhan Anda, termasuk informasi kontak, RSVP, undangan pesta, dan banyak lagi.

Baca Juga : Daftar Lengkap Google Trends Terpopuler 2022

Pilih saja template kosong seperti yang akan kita buat dari awal.Kedua, isi judul dan deskripsi formulir. Isikan judul form sesuai dengan tujuan dari form tersebut, disini sebagai contoh kami beri judul “Formulir Pendaftaran Anggota Harapan Collection” dan juga isi deskripsi singkatnya. Jangan lupa beri nama file juga dengan mengklik “Untitled Form” dengan nama yang diinginkan di kiri atas.

Baca Juga :  Ketahui Ini! 6 Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik

Ketiga, isi formulir yang diperlukan. Sekarang setelah Anda mengisi judul dan deskripsi formulir, mari kita buat formulir untuk diisi atau pertanyaan yang ingin kita ajukan. Buat pertanyaan dengan jawaban singkat. Untuk memulai, cukup klik pertanyaan tanpa judul atau pertanyaan tanpa judul.Anda dapat memilih salah satu dari banyak pilihan yang disajikan. Jika Anda menginginkan jawaban singkat. Misalnya, masukkan nama atau nomor telepon Anda, ubah opsi dari “Pilihan Ganda” menjadi “Jawaban singkat” atau “Jawaban singkat”.

Centang juga opsi “Wajib” jika menurut Anda formulir tidak boleh dibiarkan kosong. Untuk menambahkan pertanyaan lain, klik ikon plus di lingkaran atau ikon duplikat/salin jika pertanyaan berikutnya sama jenisnya dengan pertanyaan sebelumnya.Sekarang mari kita buat soal dengan jawaban pilihan ganda. Tentunya Anda perlu mempersiapkan jawabannya terlebih dahulu, bisa berupa “Ya dan Tidak”, “Sangat setuju, Setuju, Netral, Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju” dan masih banyak pola lainnya. Dalam contoh kami, kami menggunakan never dan never sebagai pilihan ganda.P

ertama klik ikon Tambah Pertanyaan. Isi pertanyaan dan atur jenis jawaban menjadi pilihan ganda. Masukkan jawaban dengan mengklik opsi 1, ganti dengan never. Untuk menambahkan jawaban, klik Tambahkan opsi, lalu isi dengan tidak pernah.Setelah selesai membuat Google Forms, gulir halaman ke atas, klik ikon roda gigi (Pengaturan, di sebelah kiri tombol kirim).

Di sebelah ikon roda gigi (Pengaturan), klik tombol Kirim. Di bagian Send Via, tinggal pilih icon link (tautan) agar bisa dicopy ke WA, FB, Twitter, Telegram, dll. Untuk tampilan yang lebih ringkas dan profesional, klik Persingkat . Terakhir, klik Salin. Ini adalah untuk cara mudah buat Google Form untuk pemula erutama bagi Anda yang baru membuat Google Forms. Anda juga dapat mencoba hal-hal lain, terutama di menu pilihan dan pengaturan jenis respons, untuk membuat formulir terlihat lebih baik dan lebih baik. Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :  Solusi Mengatasi Lupa Password Gmail

Baca Juga : Cara Paling Mudah Membuat Blog [Lengkap]