Cara Menghubungkan Domain ke VPS DewaBiz

Cara Menghubungkan Domain ke VPS DewaBiz

Hai Bizzie, kali ini kami akan share cara menghubungkan domain ke VPS. Banyak dari klien DewaBiz yang akhirnya migrasi dari shared hosting ke VPS. VPS (Virtual Private Server) merupakan salah satu jenis hosting yang menggunakan teknologi virtual. Satu klien hanya mendapatkan satu server privat, dimana resource tidak dibagi dengan klien lainnya. Alhasil, klien bisa mendapatkan resource maksimal.

Karena menawarkan teknologi hosting yang sangat powerful, VPS ini cocok digunakan untuk website dengan traffic banyak dan membutuhkan ruang penyimpanan besar. Bagi mereka yang sudah lama menggunakan VPS, pasti tak asing lagi dengan koneksi domain ke VPS.
Namun bagi mereka yang baru migrasi ke VPS, terkadang agak bingung menghubungkan domain ke VPS. Prinsipnya hampir sama saat Anda menghubungkan cloud hosting ke domain.

 

Cara Menghubungkan Domain ke VPS

Kami yakin bahwa Anda kesini karena Anda membutuhkan cara menghubungkan domain ke VPS. Tenang, Anda akan segera menemukannya! VPS memang menjadi primadona belakangan ini. Tak hanya bagi kalangan berduit, developer, programmer, ataupun blogger sukses, VPS ini juga diminati oleh kalangan menengah kebawah.

Baca juga: Pindah ke Layanan VPS Hosting? Perhatikan Panduan Berikut Ini!

  • Jika dibandingkan dengan shared hosting atau cloud hosting, VPS memang tak dapat dipungkiri lebih unggul. Namun VPS ini membutuhkan self-control, alias Anda mesti mengaturnya sendiri. Berbeda dengan shared hosting atau cloud hosting, dimana setup sudah disediakan oleh pihak penyedia hosting. Nah bagi Anda yang bingung caranya menghubungkan domain ke VPS, Anda bisa menemukan solusinya di bawah ini!
    Pertama silakan log in dan masuk ke member area di DewaBiz.

  • Nah pada menu Layanan, klik Layanan Saya.

  • Lalu klik VPS Anda.

  • Di dashboard VPS, temukan IP Address, lalu salin IP Address oleh Anda.
  • Setelah itu klik Layanan Domain di bagian menu Domain.

  • Di bagian kanan, Anda bisa menemukan tiga dot, klik oleh Anda. Lalu klik Kelola Nameserver.

  • Pastikan Anda memasukan nameserver dengan format:
    dewa.dewabiz.com
    dewi.dewabiz.com

  • Lalu masuk ke DNS Management.

  • Pertama tambahkan dulu A Record, tambahkan @ dan IP Address seperti yang terlihat di gambar. Setelah itu klik Simpan Perubahan.

  • Setelah itu tambahkan CNAME, tambahkan www dan nama domain (tanpa www) seperti yang terlihat di gambar. Setelah itu klik Simpan Perubahan.

  • Selesai, domain Anda sudah terhubung dengan VPS.

Seperti yang Anda lihat, cara menghubungkan domain ke VPS DewaBiz sangatlah simpel. Setelah Bizzie berhasil menghubungkan domain ke VPS, maka Bizzie bisa langsung membuat website lewat cPanel yang telah di-install di VPS. Semoga bermanfaa ya Bizzie!

 

Related Posts