fbpx

Cara Menghilangkan Komentar Spam Secara Mudah dan Cepat 

Sebagai pemilik , pastinya bizzie sudah tidak asing lagi ketika mendapatkan komentar spam dari . Komentar yang diberikan oleh wordpress ini berbentuk seperti website, iklan produk tidak jelas dan masih banyak lainnya. 

Dengan adanya komentar spam ini tentunya memenuhi kolom komentar dari pemilik website. Selain itu, dengan adanya komentar spam ini bukan memancing diskusi dan justru memancing emosi bagi siapa saja yang membacanya. 

Untuk saat ini banyak sekali cara yang bisa dipilih dan dilakukan. Bagi bizzie yang penasaran apa saja cara menghilangkan komentar spam bisa langsung simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Macam-Macam Cara Menghilangkan Komentar Spam 

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya bahwa ada banyak sekali cara menghilangkan komentar spam. Untuk beberapa cara menghilangkan komentar spam adalah:

1. Cara Menghilangkan Komentar Spam Dengan Mengubah Pengaturan 

Cara menghilangkan komentar spam yang pertama bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan. Ketika ingin menghilangkan komentar melalui pengaturan bisa memilih menu “settings” dan “discussion”. Di dalam menu “discussion” ini juga ada pengaturan yang bisa diubah oleh bizzie yaitu:

  • Melakukan Menonaktifkan Kolom Komentar 

Bizzie bisa melakukan cara menghilangkan komentar spam dengan melakukan menonaktifkan kolom. Tentu saja untuk melakukan cara kali ini harus benar-benar dipikir dahulu, ketika dirasa tidak penting maka bisa langsung menonaktifkan kolom komentar. 

Cara menghilangkan komentar spam pada kali ini bisa dilakukan dengan mudah. bizzie bisa langsung saja memberikan centang pada menu “allow people to submit comments:. Untuk menemukan menu tersebut bisa masuk pada menu “settings” dan “discussion”. 

Ketika semua proses perubahan sudah selesai dan benar bisa langsung memberikan klik pada kolom “save changes”. Kolom “save changes” ini berada dibagian paling bawah halaman website. 

Untuk pengaturan yang sudah dijelaskan pada sebelumnya ini hanya bisa digunakan untuk menonaktifkan kolom komentar setelahnya bukan sudah terbit. Ketika ingin melakukan menonaktifkan kolom komentar yang dulu bisa langsung memilih pada poin ketujuh dan berada di bagian bawah. 

Baca Juga :  Cara Membuat Database MySQL di cPanel Hosting

Biasanya untuk orang yang akan berkomentar akan muncul nama, serta alamat website nya. Akan tetapi, ketika komentar anonymous sudah diaktifkan maka akan memberikan efek pada semua pengunjung. Bahkan, untuk kalangan masyarakat yang berkunjung pada website bisa leluasa untuk memberikan komentar. 

  • Mengaktifkan Moderasi Komentar 

Pada cara menghilangkan komentar spam dengan merubah pengaturan bisa menyalakan moderasi komentar. Ketika mengaktifkan moderasi komentar, maka untuk orang yang ingin berkomentar harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu. 

Dengan hal tersebut sangat dirasa bisa mencegah spam. Menariknya lagi para pengunjung hanya bisa melihat komentar yang berkualitas dan disetujui saja. Untuk menggunakan cara menghilangkan komentar spam kali ini dapat memilih dua menu yaitu “settings” dan “discussion”. 

2. Cara Menghilangkan Komentar Spam Menggunakan Plugin 

Cara menghilangkan komentar spam yang kedua bisa dengan menggunakan bantuan . Ketika ingin menggunakan cara yang satu ini bisa memasang beberapa plugin terlebih dahulu. Untuk beberapa plugin yang harus dipasang adalah:

  • Akismet 

Akismet merupakan salah satu plugin yang sangat populer dan dapat melindungi website dari komentar spam. Selain itu, Akismet juga bisa digunakan untuk melakukan analisis komentar yang jumlahnya jutaan dan secara real time. 

Dengan adanya Akismet bisa membantu dalam menjalankan cara menghilangkan komentar spam. Bahkan, Akismet ini juga bisa berjalan secara otomatis yang sudah terpasang di .

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Judul Postingan Blog WordPress

  • Disable Comments 

Pilihan plugin yang kedua bisa dengan menggunakan disable comments. Pada saat menggunakan plugin kali ini akan membantu bizzie untuk mematikan semua kolom komentar yang tersedia. 

Bahkan semua jenis komentar akan otomatis dinonaktifkan. Sehingga dengan cara menghilangkan komentar spam menggunakan plugin tidak perlu mematikan satu persatu. 

Baca Juga :  Elemen Antarmuka Pengguna WordPress yang Paling Populer

Apalagi untuk website yang mempunyai banyak konten sangat disarankan menggunakan plugin satu ini. Sudah banyak juga dari kalangan masyarakat yang puas dengan cara menghilangkan komentar spam satu ini. 

3. Cara Menghilangkan Cara Komentar Spam Menggunakan Captcha 

Cara menghilangkan komentar spam yang paling akhir bisa menggunakan captcha. Captcha merupakan salah satu fitur keamanan yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa orang tersebut robot atau manusia real. 

Sehingga, dengan menggunakan cara menghilangkan komentar spam kali ini bisa terhindar dari spambot. Ada beberapa plugin captcha yang bisa digunakan untuk menghilangkan spam. Untuk beberapa plugin captcha tersebut adalah:

Google Captcha merupakan salah satu jenis pilihan captcha yang terbaik pada wordpress. Dengan menggunakan Google Captcha ini bisa mengamankan website dan mengurangi user experience dari para pengunjung. 

Kebanyakan untuk kalangan masyarakat yang menggunakan cara menghilangkan komentar spam akan menemukan puzzle aneh dan sulit diselesaikan. Captcha bisa dikatakan baik ketika pengunjung harus memberikan centang pada satu kotak saja. 

Maka dari itu, dengan memberikan satu centang dirasa sangat mudah dan simple. Juga sangat disarankan untuk para pemilik website bisa menggunakan Google Captcha. 

  • Plugin Captcha Lainnya 

Bizzie juga bisa menggunakan plugin captcha lainnya. Pada saat memilih menggunakan cara menghilangkan komentar spam kali ini akan diberikan beberapa pilihan plugin. Untuk beberapa plugin pilihan yang bisa digunakan adalah:

  • Cerber Security yaitu salah satu plugin yang menggunakan kode algoritma ketika masuk pada Google Captcha. Dengan menggunakan plugin ini dapat mencegah spam. 
  • Advanced no Captcha dapat memberi kemungkinan bizzie untuk memasukkan captcha dengan versi tiga. 
  • Stop Spammers adalah plugin yang digunakan ketika ingin melakukan komentar. Biasanya bisa dibuat secara individu. 

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan komentar spam yang bisa bizzie pilih. Besar harapan dengan penjelasan mengenai cara menghilangkan komentar spam dapat membantu para kalangan masyarakat yang mempunyai website.

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online Di WordPress Termudah untuk Seller Pemula