fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Cara Menggunakan Elementor di WordPress dengan Mudah

Muhammad Rizqy

Cara menggunakan Elementor di WordPress adalah dengan menambahkan plugin ini ke browser Anda. Elementor berfungsi sebagai page builder yang akan memudahkan para blogger dalam mendesain ulang web tanpa perlu memahami bahasa pemrograman.

Dengan Elementor, Anda bisa membuat halaman landing, Pop up website hingga costum header dan footer. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan kostumisasi lainnya sesuai dengan keperluan website.

Agar lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai bagaimana cara menggunakan Elementor di WordPress untuk mengatur kembali tampilan website.

Fungsi dan Cara Kerja Elementor

Cara Menggunakan Elementor di WordPress

Elementor merupakan plugin website builder yang berfungsi untuk mendesain ulang tampilan visual web dari WordPress. 

Dengan Elementor, Anda bisa mendesain halaman utama web. Kemudian section dan widget di setiap halaman juga bisa Anda desain dengan template yang tersedia. 

Beberapa widget yang bisa Anda tambahkan dalam halaman website seperti login form, peta, jam hingga rekomendasi konten sejenis.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur informasi dan tampilan dari header and footer pada halaman website.

Tidak hanya untuk mendesain website, fungsi Elementor di WordPress dapat juga untuk keperluan hosting dan CMS Tools dalam pembuatan tema serta konten artikel. 

Untuk lebih jelasnya, simak fungsi dan cara membuat Elementor di WordPress beserta pilihan button yang tersedia.

  1. Editor

Pada fitur ini, Anda bisa mengedit tampilan website dengan drag and drop. Anda bisa memilih template desain dan mengatur penempatan section serta widget sesuai dengan kebutuhan.

  1. Design

Dengan plugin ini, Anda juga bisa mendesain ulang halaman website mulai dari warna dan efek background, tipografi, layout, dan motion & interaction

Jelas Anda akan terbantu dengan fitur ini karena kostumisasi bekerja secara frontend dan bukan secara back-end yang banyak berkutat dengan bahasa pemrograman.

  1. CMS Tools

CMS Tools akan membantu Anda untuk mengatur tema dan dashboard. Selain itu, membuat konten bisa diatur dengan fitur ini. 

Cara Menggunakan Elementor di WordPress dengan Cepat

Cara Menggunakan Elementor di WordPress

Cara menggunakan Elementor di WordPress yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah menginstal plugin ini di browser. Caranya dengan mencari kata kunci Elementor di menu Plugins pada cPanel. 

Setelah selesai menginstal, simak cara menggunakan Elementor di WordPress secara gratis:

  1. Login ke akun WordPress Anda setelah menginstal plugin Elementor. Di Dashboard, pilih menu Pages lalu klik “Add New” untuk membuat halaman baru.
Cara Menggunakan Elementor di WordPress
  1. Selanjutnya, beri nama pada kolom “Name Your Page”. Lalu, klik tombol terbitkan untuk menayangkan halaman website Anda.
Cara Menggunakan Elementor di WordPress
  1. Kemudian klik “Edit with Elementor” untuk mendesain section, column, dan widget pada halaman website

Berikut penjelasan masing-masing:

Cara Menggunakan Elementor di WordPress
  1. Section

1a. Klik ikon + atau ikon folder untuk membuat section yang baru pada halaman website. Anda juga bisa menggunakan template yang telah tersedia pada tombol bergambar folder. Lalu klik tombol Insert di bawah desain.

Cara Menggunakan Elementor di WordPress

2a. Atur ukuran kolom section sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu klik kanan jika ingin melakukan proses edit, duplikat, copy, delete, dll. Gunakan drag and drop untuk mengatur penempatan section.

  1. Column

1b. Atur lebar kolom dengan cara drag garis putus-putus pada kolom menyesuaikan tata letak yang dibutuhkan.

2b. Untuk menambahkan kolom baru, klik kanan pada kolom lalu pilih “Add New Column”.  

  1. Widget

1c. Masukkan Widget pada kolom Anda.

2c. Lebar Widget akan secara otomatis menyesuaikan lebar kolom. Apabila ingin diubah, Anda dapat menggunakan opsi lebar khusus dengan meng-klik Advanced tab lalu klik Positioning.

4. Setelah kustomisasi website selesai, Anda dapat menyimpan desain tersebut dengan klik “Save Draft”.Itulah tutorial singkat cara menggunakan Elementor di WordPress yang sangat memudahkan Anda dalam mendesain ulang halaman website. Selamat berkreasi!

Baca Juga