fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Tutorial Cara Menggunakan cPanel di Android dan Kelebihannya

Rianda

Perangkat mobile seperti HP Android tidak terlepas dari rutinitas sehari-hari dan selalu dibawa kemanapun beraktivitas. Selain untuk media komunikasi, Android juga dapat digunakan untuk mengakses cPanel. Pengguna dapat memahami cara menggunakan cPanel di Android dengan mudah.

Layanan ini akan sangat membantu, terutama saat berada jauh dari perangkat komputer untuk melakukan pengeditan file dengan cepat. Sementara pengaturan cPanel melalui desktop membutuhkan perangkat lebih besar. Berikut tutorial konfigurasi cPanel yang dapat dipelajari:

Cara Menggunakan cPanel pada Android

Terkadang permasalahan bisa muncul dari sisi hosting, misalnya file-file website yang terdapat di cPanel. Menyelesaikan persoalan tersebut memerlukan perangkat yang bisa terhubung dengan cPanel. Itulah alasannya, cara menggunakan cPanel di Android perlu dikuasai supaya dapat mengelola hosting dengan mudah.

Persiapan awal untuk menerapkan cara menggunakan cPanel di Android adalah menyiapkan aplikasi pihak ketiga berupa cPanel. Layanan tersebut tersedia gratis hingga berbayar menyesuaikan dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Sementara konfigurasi cPanel dapat dikerjakan melalui tahapan berikut:

  • Klik aplikasi cPanel dari beranda HP.
  • Pilih bagian ikon (+) untuk memulai penambahan layanan.
  • Isi bagian detail server berupa nama dan alamat domain atau server yang dimiliki.
  • Masuk ke bagian Service.
  • Pilih cPanel, lalu klik Confirm.
  • Silahkan lengkapi bagian Authentication dengan mengisikan nama username dan password cPanel.
  • Jika seluruh informasi sudah lengkap, klik Connect dan tunggu beberapa saat.
  • Saat ini pengguna sudah terhubung ke server dan mempunyai akses di cPanel.

Bagi pengguna iPhone, akses cPanel tetap bisa dilakukan dengan memasang aplikasi cPanel yang diunduh dari App Store. Sistem operasi pada aplikasi memang sedikit membingungkan dibandingkan tampilan perangkat komputer yang lebar. Meski demikian, aplikasi tersebut tetap mempunyai manfaat bagi penggunanya.

Kelebihan Menggunakan cPanel di Android

Saat mengakses cPanel melalui perangkat Android, memang aktivitas yang bisa dilakukan cukup terbatas. Apalagi ukuran layar HP Android yang kurang leluasa dibandingkan saat mengaksesnya melalui komputer atau laptop. Namun, mengakses cPanel di Android memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

1. Pengelolaan Web Hosting yang Praktis

Kelebihan mengakses cPanel dari Android melalui bantuan aplikasi adalah dapat dibuka kapan pun. Sebab, bentuknya simpel dan tidak memerlukan perangkat yang besar dan berat untuk dibawa bepergian. Hal tersebut tentu akan memudahkan saat ingin mengupload file pada waktu mendesak.

Bagi pengguna PC terkadang mengalami sedikit masalah dalam website yang dimiliki. Untuk menyelesaikan persoalan ini maka pengguna memerlukan bantuan komputer lain untuk online dan membuka cPanel. Sungguh akan menyusahkan apabila kondisinya sedang berada di luar rumah.

Namun, pengguna HP dengan sistem operasi Android tidak perlu cemas. Sebab, mengakses cPanel dapat dilakukan dari HP yang sudah terhubung sebelumnya. Dengan demikian, pengelolaan web hosting menjadi lebih praktis tanpa repot menyalakan komputer terlebih dahulu.

2. Keamanan Terjamin

Aplikasi cPanel yang terpasang pada HP pada dasarnya lebih mudah diatur keamanannya. Beberapa upaya menjamin keamanan akses cPanel bisa berupa penggunaan kode sandi, autentikasi sidik jari, dan pola. Dengan demikian, keamanan cPanel di Android selalu terjaga meski HP sedang dipinjam.

3. Mengurangi Kerumitan Saat Terhubung ke Seluler

Dibandingkan dengan komputer, mengakses cPanel dari Android cenderung lebih ringkas. Perangkat seluler ini dapat membantu pengaturan server dan proses masuk ke cPanel dengan cepat. Pengguna bisa melakukan berbagai tugas pemeliharaan hosting mulai dari yang sederhana hingga rumit.

Demikian panduan cara menggunakan cPanel di Android yang bisa dikerjakan dengan mudah. Akses ke seluler menjadi solusi bagi pengguna yang ingin mengelola hosting, namun tidak sempat menyalakan komputer. Melalui cPanel di Android, pengguna dapat mengatur kenyamanan dalam mengelola hosting dengan praktis.

Baca Juga