fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Cara Mengatasi Kesalahan Koneksi SSL di Android dengan Mudah

Rianda

Cara mengatasi kesalahan koneksi SSL di Android dapat dilakukan dengan cukup mudah asalkan mengetahui celahnya. Hanya saja, belum tentu semua pengguna Android mengetahui cara mengatasi kesalahan yang muncul pada koneksi SSL.

Sejauh referensi yang ditemukan ada beberapa cara dalam mengatasi error SSL pada browser perangkat Android. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan rangkuman berikut dengan jeli agar dapat menerapkan secara tepat.

1. Atur Waktu & Tanggal

Cara pertama yang mungkin bisa dicoba adalah dengan mengatur waktu dan tanggal dalam perangkat smartphone. Kesalahan SSL umumnya disebabkan karena ketidaksesuaian antara waktu dan tanggal dengan lokasi perangkat. 

Dimana protokol keamanan pada SSL memblokir akses website sehingga website gagal dibuka. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengaturan waktu dan tanggal baru sesuai lokasi.

Untuk mengaturnya dapat menuju menu Pengaturan kemudian klik opsi Date & Time. Lalu kustomisasi Automatic date and time menjadi Set Date agar bisa mengatur tanggal dan waktu pada Android.

2. Atur Jaringan Internet

Cara kedua yang juga dapat dicoba melalui kustomisasi koneksi internet yang tersambung ke Android. Misalkan sebelumnya menggunakan sambungan data seluler maka geser ke sambungan WiFi.

Namun berbeda dengan masalah error SSL yang muncul saat pengguna Android melakukan konfigurasi proxy atau lainnya. Disini perlu tindakan reset melalui Pengaturan Reset Jaringan yang terdapat dalam menu Android.

Nantinya setelah kustomisasi maupun reset jaringan, buka kembali website untuk melihat apakah berhasil atau tidak. Kalau seandainya belum berhasil bisa menggunakan cara alternatif.

3. Perbarui Mesin Peramban 

Tidak hanya sistem operasi atau aplikasi tertentu saja yang harus diperbarui, pembaruan berlaku pula pada mesin peramban. Apalagi browser yang selalu dimanfaatkan sebagai akses digital perlu diperbarui.

Untuk dapat menerapkannya, masuk ke Google Play lalu pilih menu yang akan membawa pada pembaruan aplikasi. Kemudian klik aplikasi terinstal dan lihat daftar piranti yang belum dilakukan updating.

Apabila aplikasi browser termasuk di dalamnya maka klik opsi Update untuk memperbarui. Nantinya tunggu hingga proses updating selesai baru kembali ke browser.

Sedikit saran, ada baiknya menyoal updating aplikasi lakukanlah dengan berkala (khususnya saat diminta). Sempatkan waktu walaupun sebentar agar permasalahan update aplikasi tidak menghambat akses.

4. Atur Antivirus

Berlanjut ke cara mengatasi kesalahan koneksi SSL di Android khusus bagi pengguna yang menyematkan antivirus. Biasanya beberapa aplikasi antivirus mempunyai sistem tersendiri dalam memblokir website dengan enkripsi tidak aman.

Ada dua kustomisasi untuk menerapkan cara yang satu ini, pertama dengan kustomisasi Pemindaian Koneksi Terenkripsi. Kedua dengan menonaktifkan aplikasi antivirus sementara waktu pada Android.

Silahkan coba dua kustomisasi tersebut kemudian masuk lagi ke browser dan lakukan browsing. Apabila tidak ditemukan kendala maka browsing dapat berjalan normal.

5. Reset versi Setelan Pabrik

Cara berikut terbilang paling akhir dalam mengatasi error yang terjadi pada SSL. Artinya reset versi Setelan Pabrik disarankan hanya dilakukan kalau-kalau keempat cara yang diberikan tidak berhasil dilakukan.

Perhatikan sebelum menerapkan reset Setelan Pabrik untuk mencadangkan seluruh file penting dalam Android. Baik itu berupa media di Galeri atau file yang ada di Manager.

Nantinya langsung menuju menu Pengaturan yang terdapat di Android, Setelan Pabrik atau Settingan Pabrik. Ikuti arahan yang ada pada laman Setelan Pabrik agar reset segera dapat berjalan dan mencegah kegagalan.

Kiranya itulah cara mengatasi kesalahan koneksi SSL di Android yang dapat diterapkan oleh masing-masing pengguna. Penting diingat setiap cara dilakukan sesuai dengan keadaan dari perangkat smartphone dan opsi Setelan Pabrik menjadi pilihan terakhir.

Baca Juga