Cara Mengatasi Error WordPress Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance

Cara Mengatasi Error WordPress Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance

Apakah Bizzie sedang mencari cara mengatasi Error WordPress Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance? Error yang ditemukan pada WordPress memang bermacam-macam, salah satunya adalah error WordPress briefly unavailable for scheduled maintenance. Jika dilihat dari namanya sepertinya website Anda dalam masalah besar. Akan tetapi hal tersebut tentunya bisa diatasi. Hanya saja sangat mengganggu. Proses update atau upgrade plugin, tema dan WordPress sendiri biasanya akan mengaktifkan mode maintenance. Dan ini semuanya berjalan otomatis tanpa perlu Anda lakukan apapun. Biasanya WordPress akan memunculkan pesan “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.” selama maintenance mode aktif karena proses update.

WordPress briefly unavailable for scheduled maintenance biasanya muncul secara tiba-tiba. Kendala tersebut ternyata tidak disebabkan karena Anda jarang melakukan update pada wordpress. Melakukan update WordPress secara berkala merupakan hal yang penting agar setiap celah keamanan bisa tertutupi dengan cepat. Selain keamanan, update ke versi baru juga akan ada peningkatan perofrma serta penambahan fitur-fitur yang baru.

Akan tetapi, saat akan melakukan update, pernahkan Anda mengalami munculnya halaman putih dengan tulisan “Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute”. Namun, setelah ditunggu lebih dari 1 menit, bahkan lebih dari 30 menit tapi masih tetap muncul tulisan itu. 

 

Cara Mengatasi Error WordPress Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance – Apa Penyebabnya?

Mendengar istilahnya mungkin agak asing. Namun sebenarnya kendala tersebut disebabkan oleh pembaharuan yang belum rampung. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda sedang memperbarui inti wordpress itu sendiri. Pesan yang Anda terima biasanya adalah “Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance, check back in a minute”.

Baca juga: Cara Mengatasi Error 403 Forbidden Pada Website

Bagaimana cara mengatasi Error WordPress Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance?

Ketika Anda sedang melakukan update pada WordPress, seringkali akan mengalami kendala selama update berlangsung. Untuk mengatasi munculnya error seperti  WordPress briefly unavailable for scheduled maintenance, Anda bisa melakukan seperti berikut ini!

  • Login ke cPanel

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan melakukan login ke cPanel. Kemudian langsung masuk ke file manager. 

  • Pastikan show hidden file sudah ter-settting.

  • Hapus file .maintenance yang ada di dalam public_html atau folder tempat website tersebut diletakkan.

  • Silakan lakukan akses kembali.
  • Jika akses mengalami problem, maka cobalah untuk  melakukan update ulang via wp-admin.
  • Jika wp-admin tidak bisa diakses, maka Anda perlu melakukan update WordPress atau plugin/themes nya secara manual dengan cara mengupload kembali menggunakan file manager.

 

Cara Melakukan Update WordPress Secara Manual

Cara ini dilakukan ketika langkah ke 6 tersebut masih mengalami kendala. Yang harus Anda lakukan yaitu:

Jika Anda memiliki backup, maka Anda bisa backup yang ada.

  • Namun jika backup tidak ada, maka Anda perlu meng-upload ulang file WordPress-nya.
  • Anda harus mempunyai backup dari semua folder yang ada di wp-content. Di dalam direktori itu terdapat semua post, plugin dan tema. Anda juga harus mempunyai backup dari database WordPress. 
  • Login ke dalam cpanel, kemudian pilih file manager.
  • Hapus direktori wp-content, maka semua malware atau script yang ada pada tema atau plugin juga akan terhapus.
  • Kemudian upload file backup dari direktori wp-content.
  • Jika Anda  tidak memiliki backupnya, maka Anda bisa mendownload dari github wordpress.
  • Jika sudah diupload kemudian ekstrak file wp-content.tar.gz, maka direktori wp-content akan muncul lagi.
  • Pada poin ini, Anda harus menghapus database yang Anda gunakan sebagai database WordPress. Pastikan Anda memiliki file backup database wordpress. Selanjutnya Anda bisa kembali ke menu utama cpanerl kemudian pilih menu phpMyAdmin.
  • Pilih database wordpress yang Anda gunakan, kemudian Check All (Pilih Semua) , setelah itu Drop Table semua.
  • Nantinya akan muncul pesan konfirmasi, silakan pilih Yes. Nah…sekarang semua table Anda sudah di drop.
  • Selanjutnya silakan import file backup Anda, pilh file Anda (yang berekstensi .sql).
  • Jika sudah terupload sekarang Anda tinggal pilih Go untuk melakukan upload file.

 

Demikianlah cara mengatasi Error WordPress Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance. Semoga bisa membantu Anda Ketika mengalami kendala yang sama dan semoga bermanfaat.

Related Posts