fbpx

Cara Mengarahkan Domain ke Email Hosting Paling Lengkap

Untuk Anda yang sudah menjadi member salah satu penyedia dan sudah mempunyai satu nama merupakan sebuah hal. Namun kemudian cara mengarahkan domain ke email hosting adalah hal yang lain. Memang sebenarnya proses tersebut tidak terlalu menyulitkan Anda, justru terbilang lebih murah. Namun sebaiknya Anda dapat melakukannya dengna cara yang runtut.

Jika Anda sudah mempunyai layanan domain serta email hosting, maka dapat menghubungkannya. Sebagai informasi kedua layanan tersebut dapat dihubungkan lewat Management yang ada di Member Area. Adapun hal ini dilakukan agar email hosting mempunyai domain yang pengguna indinkan. Misalnya saja Anda sudah mempunyai domain xxxx.co.id serta paket email hosting. Domain itu perlu Anda arahkan ke email hosting agar dapat dipakai menjadi domain email.

Inilah Cara Mengarahkan Domain ke Email Hosting Mudah untuk Pemula

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengarahkan domain ke email hosting, ada baiknya Anda memahami tentang email hosting itu sendiri. Adapun email hosting merupakan layanan dengan fungsi untuk menjalankan email. Atau sederhananya apabila Anda mempunyai nama domain serta ingin layanan email di nama domain tersebut, maka harus mendaftar guna layanan berupa hosting email. Beberapa perusahaan hosting menyediakan pengguna dengan hosting email pula.

Akan tetapi layanan hosting email yang perusahaan web hosting sediakan untuk sebagian besar menyediakan pengguna dengan dasar-dasar dalam perlindugnan spam atau virus, email POP3 serta fitur lainnya. Bukan hanya itu sejumlah penyedia hosting email yang jenisnya gratis didukung adanya iklan. Jika Anda mempunyai usaha kecil atau skala menengah yakni UKM maka tak perlu mengoprasikan email karena tidak terlalu darurat jika dibandingkan layanan hosting email yang professional.

1. Mengarahkan domain menuju email hosting

Adapun cara mengarahkan domain ke email hosting terjadi karena terdapat pengalihan akses yang berasal dari sebuah domain menuju lain. Biasanya terjadi lantaran terdapat satu halaman serupa namun memakai domain berbeda. Kalau Anda hanya mempunyai domain lalu hendak mengarahkan domain ke emal hosting, maka bisa mengikuti berikut ini :

Baca Juga :  Cara Instal Wordpress Secara Singkat Dengan Menggunakan softaculous

1. Pertama silahkan login terlebih dulu ke member perusahaan web memakai informasi login yang sebelumnya telah dikirimkan oleh penyedia layanan terkait.

2. Cara mengarahkan domain ke email hosting kedua tekan menu Domain agar bisa membuka menu bernama My Domains yang ada di halaman utama.

3. Selanjutnya tekan tombol icon setting yang berada di sebelah kanan domain yang sudah Anda pilih.

4. Nantinya Anda masuk ke dalam menu bertuliskan Setting Domain pada halaman berikutnya.

5. Pada sidebar yang ada di sebelarh kiri, Anda dapat memilih Setting DNS.

Baca Juga Berikut : 10+ Manfaat Email Hosting Untuk Kesuksesan Bisnis Online

6. Cara mengarahkan domain ke email hosting keenam adalah memilih tab MX Record lalu masukkan data MX Record pada email hosting Anda. Di tab hostname dapat diisikan dengan nama domain milik Anda. Setelah itu pada tab destination isikan sesuai informasi dari penyedia layanan hosting terkait. Jangan lupa untuk Anda tekan Save sesudah memasukkan MX Record.

7. Tahap berikutnya pilihlah tab A Record lalu masukkan dala dalam A Record webmail milik Anda. Di tab hostmane dapat diisikan dengan webmail lalu pada tab destination tuliskan dengan Alamat IP Server Anda. Sama seperti sebelumnya jangan lupa untuk tekan save sesudah memasukkan A Record.

Jika Anda sudah melakukan save serta mengikuti seluruh prosedur dalam cara mengarahkan domain ke email hosting, sesudah ini perlu menunggu untuk pengarahan domain menuju email hosting dalam waktu 2 x 24 jam. Sebagai informasi, seharusnya proses tersebut juga akan selesai dalam waktu tidak lebih dari 2 x 24 jam. Tetapi apabila prosesnya belum juga selesai, silahkan mencoba untuk menghubungi langsung penyedia layanan hosting terkait.

Baca Juga :  Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda

2. Cara Arahkan Domain ke Email Hosting

Selain menggunakan cara sebelumnya, Anda juga dapat mengikuti tahapan-tahapan di bawah ini agar bisa mengarahkan domain ke layanan berupa hosting. Untuk cara mengarahkan domain ke email hosting kali ini bisa Anda lakukan untuk contoh kasus nama domain .XYZ yang ingin diarahkan ke layanan email hosting. Pertama penting untuk Anda mencatat MX record email hosting, jika sudah ikuti langkah di bawah ini:

1. Tahapan pertama, silahkan Anda login dahulu ke penyedia layanan tepatnya ke menu member. Di sana silahkan input email serta password akun lalu lanjutkan dengan tekan login.

2. Setelah itu masuk ke menu bernama layanan Anda lalu tekan sub menu hosting. Selanjutnya pilih email hosting milik Anda yang sudah akif di sana, lanjutkan dengan tekan menu Kelola Hosting.

3. Nantinya Anda diarahkan ke laman Pengaturan Email Hosting atau tepatnya di tab detail, setelah itu copy atau catat informasi yang ada di MX Record yang berasal dari email hosting milik Anda.

4. Keempat dalam cara mengarahkan domain ke email hosting, silahkan masuk ke dalam menu bertuliskan Layanan Anda lalu tekan sub menu domain. Di sini pilih domain yang masih aktif serta tekan kelola domain yang hendak dihubungkan.

5. Selanjutkan cari serta pilih tab bertuliskan DNS Management, lihatlah ke bagian bawah dan tekan tombol Add Record guna menambah MX Record dan tambahkan sesuai ketentuan yang berlaku.

6. Pada cara mengarahkan domain ke email hosting berikutnya akan muncul pesan yang menyatakan record baru sudah ditambahkan.

7. Langkah terakhir Anda dapat mencoba untuk akses subdomain itu lewat , nantinya Anda diarahkan ke lama login untuk email hosting.

Seperti itulah cara mengarahkan domain ke email hosting terlengkap yang dapat Anda terapkan secara langsung.

Baca Juga Artikel Berikut : Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis