fbpx

Cara Menduplikat halaman atau Postingan di WordPress

Cara menduplikat halaman dan postingan di banyak dicari sebab masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara mengcloningnya. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan, mulai dari menyalin semua konten dan menyimpannya di draft, atau melakukan tweak di beberapa salinan lalu membandingkannya dengan versi sebelumnya.

Jika saat ini Bizzie ingin mengubah tampilan website namun tak ingin mengubah halaman post, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menduplikatnya. Kali ini, secara khusus akan dibahas bagaimana menduplikat halaman atau post di WordPress. Umuk langkah awal, sebaiknya Anda segera login ke admin panel WordPress.

Dengan cara ini Anda tak perlu khawatir konten asli akan berubah, dan tentu tidak perlu memakan banyak waktu. Bizzie juga tak perlu khawatir tidak bisa menyalin layout, serta mengatur dan metadata penting dari postingan asli. Semua bisa teratasi dengan plugin yang dibahas di bawah ini.

Apa yang Dipersiapkan?

Sebelum menyalin atau menduplikat postingan atau halaman di WordPress, hal pertama yang anda butuhkan adalah plugin yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Sebenarnya ada banyak sekali plugin yang bisa digunakan.

Namun, yang paling direkomendasikan dan akan dibahas pada postingan kali ini adalah plugin Duplicate Page. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu login ke dashboard , lalu pilih menu plugin-Add New. Setelah itu, ketik sei menu search bar. Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya pilih install dan aktifkan.

Bagaimana Duplikat Halaman di WordPres Secara Cepat dan Mudah?

Setelah mengetahui apa saja yang dipersiapkan, Anda tentu tidak ingin ketinggalan informasi bagaimana cara mudah untuk menduplikat halaman ini bukan? adapun caranya setelah Anda berhasil menginstal dan mengaktifkan plugin tadi adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Panduan Mudah Cara Membuat Focus Keyphrase WordPress

Menduplikasi Halaman di WordPress

Jika Anda sudah berhasil mengaktifkan plugin, selanjutnya Anda bisa langsung masuk ke Pages-All Pages lalu mengarahkan kursor pada halaman yang akan Anda salin. Jika sudah, akan muncul beberapa tulisan, dan disini Anda hanya perlu klik pada tulisan Duplicate This.

Selanjutnya, postingan yang sebelumnya sudah anda klik duplicate tadi akan memiliki salinan sesuai dengan nama aslinya. Hanya saja, file ini masih berbentuk draft. Kurang lebih seperti itulah duplikasi halaman yang Anda inginkan, dan untuk mengeditnya kembali, Anda bisa langsung mengklik tulisan edit.

Menduplikasi Postingan di WordPress

Berikutnya untuk cara menduplikat postingan di WordPress langkahnya yang harus dilakukan sebenarnya sama saja. Perbedaannya hanya terletak pada langkah awal yang harus dilakukan. Apabila ingin menyalin postingan di WordPress, maka pergilah ke menu Post-All Post.

Jika sudah masuk, carilah postingan yang ingin Anda salin, klik Duplicate ada postingan tersebut yang berada tepat di bawahnya. Sama seperti halaman tadi, salinan dari postingan tersebut akan muncul dengan sendirinya.

Pada dasarnya, plugin akan sangat membantu Anda dalam beberapa hal yang mungkin bermasalah di WordPress. Sama halnya plugin menduplikat ini, solusi mudah menyalin halaman dan postingan bisa Anda dapatkan.

Solusi Menduplikat dengan Cara Lain

Selain cara diatas, sebenarnya ada beberapa opsi lain yang bisa Anda coba. Apa saja? Berikut ini informasinya:

·         Menambahkan kode di file function.php yang ada di WordPress

·         Meyalin halamn dan postingans ecara manual

·         Memanfaatkan fungsi yang telah disediakan pada editor WordPress

Keuntungan Menduplikasi Halaman atau Website Menggunakan Plugin

Bukan hanya manfaat menyalin postingan dan halaman saja yang mungkin didapatkan saat keadaan tertentu, dengan menggunakan plugin untuk melakukan proses tersebut tentu akan menguntungkan Anda. Menduplikasi semua postingan di halaman WordPress bisa membuat Anda mengefisiensi waktu serta mempertahankan konsistensi konten yang telah ada di dalamnya,

Baca Juga :  Inilah Cara Mengubah Bahasa di Wordpress 

Selain itu, keuntungan lain yang bisa dirasakan saat menduplikasi postingan di WordPress adalah kemudahan mengedit tanpa takut resiko konten menjadi rusak. Mengapa? dengan mengedit secara langsung di halaman WorDpress berpotensi merusak pengaturan konten dan membuat hasilnya tidak sesuai yang diinginkan.

Bukan hanya itu, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan WordPress sebagai salah satu . Padahal cukup banyak resiko yang bisa ditimbulkan, salah satunya peluang viewers yang sedikit. Untuknya, agar efisiensi pelayanan semakin baik, anda harusnya menduplikat halaman agar bisa berfungsi sebagai template untuk menjual produk.

Bagaimana Jika Terjadi Error Saat Menyalin?

Pertanyaannya, bagaimana jadinya jika terjadi saat proses replikasi berlangsung di WordPress?  Informasi berikut ini akan sangat membantu:

Eror “A Valid URL was not provided”

Jika mendapati error semacam ini, Anda hanya perlu memeriksa kembali penulisan yang telah ditulis sebelumnya. Penggunaan huruf kapital sangat mempengaruhi, jadi jangan sampai keliru ya.

Error “Incompatible Archive”

Berikutnya untuk error sejenis ini timbul bisa jadi dikarenakan yang tidak bisa terhubung. Cara mengatasinya yakni dengan mengecek koneksi yang Anda gunakan. Bila masih bermasalah padahal stabil, cobalah menonaktifkan plugin dan mengulang proses aplikasinya kembali.

Error “Internal Server”

Terakhir error ini terjadi karena server yang tidak bisa terhubung. Adapun penyebabnya dikarenakan plugin yang digunakan tidak relevan atau  bisa jadi karena koneksi yang tidak stabil. Cara mengatasinya adalah mengecek koneksi dan menonaktifkan plugin lalu mencobanya kembali.

Itulah tadi beberapa cara menduplikasi halaman dan postingan di WordPress menggunakan plugin dan beberapa opsi lainnya. Bagaimana, cukup mudah bukan? namun, sebagai langkah antisipasi, usahakan selalu melakukan  backup data agar semua file penting yang ada di website WordPress tidak hilang.