fbpx

Cara Mencari Ide Domain dan Rekomendasi Tool yang Bisa Anda Coba

Bagi Anda yang berencana untuk memiliki atau , pastinya sudah menyadari pentingnya nama . Ya, tak sedikit pemilik yang dipusingkan dalam menentukan sebuah nama domain yang tepat, yaitu mencerminkan situs sekaligus mudah diingat pengunjung. Untuk itu, Anda bisa mencari ide domain menggunakan alat bantu bernama domain name generator.

Mencari Ide Domain Menggunakan Domain Name Generator

Nah, sebelum Anda mencoba mencari ide domain menggunakan tool, ada baiknya mengenal terlebih dahulu tentang alat yang akan digunakan. Domain name generator adalah yang dibuat untuk memudahkan pengguna mendapatkan ide nama-nama domain sesuai kata kunci yang digunakan.

Program ini dapat menawarkan opsi alternatif nama domain yang paling relevan berdasar kata-kata ataupun frase yang diinput oleh pengguna.

Cara mencari ide untuk nama domain yang ideal sendiri terbilang cukup sederhana. Jelas, karena nama ini berkaitan dengan identitas brand atau personal branding, produk maupun layanan yang hendak ditawarkan.

Dengan kata lain, nama domain pun tidak bisa asal seperti jasacateringhalal.co.id begitu saja, karena harus singkat, jelas dan mudah diingat.

Selain itu, nama domain juga harus sudah dicek ketersediaannya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan domain checker untuk memastikan bahwa nama domain tersebut belum dipakai oleh orang lain. Kalaupun sudah, Anda bisa memikirkan alternatif seperti menggunakan ekstensi berbeda dan sebagainya.

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan saat membuat nama domain antara lain:  

  • Gunakan kata kunci utama
  • Kata-kata kunci sebaiknya masih relevan satu sama lain
  • Nama yang singkat sekaligus unik: agar mudah ditulis di pencarian, mudah diingat dan mudah dipromosikan
  • Gunakan ekstensi yang sesuai: tak sekedar .com, atau .co.id saja, tetapi bisa juga .shop, .edu, ., photography dan sebagainya.
  • Hindari menggunakan angka dan tanda hubung: untuk menghindari calon pengunjung yang nyasar 
Baca Juga :  Cara Migrasi Blogger Ke WordPress Secara Aman

Apabila Anda sudah menentukan kata kunci utama situs Anda, mungkin menentukan nama domain sudah bukan lagi hal yang rumit.

Rekomendasi Tool Domain Name Generator

Ini karena Anda bisa menggunakan tool domain name generator. Berikut ini rekomendasi alat yang bisa Anda pertimbangkan:

Bust a Name

Alat yang juga punya domain maker ini menawarkan penggunaan yang mudah, cukup input kata kunci lalu daftar nama domain rekomendasi akan ditampilkan.

Ada pula alternatif ekstensi yang bisa Anda pilih di alat yang satu ini. Bust a Name juga mendukung penghilangan huruf vokal terakhir, kata benda jamak, dan awalan, akhiran hingga tanda hubung.

Name Boy

Alat yang satu ini sudah cukup lama diandalkan di luar sana. Penggunaannya cukup dengan memasukkan 1 atau 2 kata kunci saja sebelum ia menampilkan daftar rekomendasi nama domain yang relevan. Jika kurang puas, Anda juga bisa melanjutkan pencarian nama dengan cara klik tombol Show more results.

Instant Domain Search

Sama seperti kedua tool yang sudah disebutkan di atas, Instant Domain Search juga dapat menampilkan daftar nama domain rekomendasi.

Lebih jauh, alat ini juga memudahkan Anda dalam memeriksa apakah nama domain yang diincar juga tersedia sebagai domain premium. Seperti yang kita ketahui, jenis domain ini lebih berpotensi dalam mendatangkan traffic organic tinggi.  

Name Mesh

Sedikit berbeda, alat ini menggunakan pendekatan berupa kategori nama domain. Jadi pengguna bisa memilih nama domain dengan karakteristik tertentu sesuai preferensi. Melengkapi fiturnya, Name Mesh juga memiliki deretan kegunaan seperti -friendly, TLD baru maupun TLD premium.

Baca Juga : Alasan Menggunakan Domain Com Untuk Bisnis

Selain beberapa alat domain name generator di atas, masih ada beberapa tool lain yang mungkin juga bisa Anda coba, seperti Domain Puzzler, Domains Bot, Name Smith, I Want My Name, Wordoid, Pana Bee atau Naque.

Baca Juga :  5 Manfaat Website dalam Bisnis

Kesimpulan

Demikianlah cara mencari ide domain dan beberapa alat yang mungkin bisa membantu Anda untuk mendapatkan salah satu yang paling sesuai. Dan karena nama domain bisa ikut menentukan kesuksesan website, pastikan Anda memilih dengan tepat dan mewakili diri pribadi atau Anda.