fbpx

Cara Menaikkan WordPress Memory Limit yang Harus Diketahui

Sampai dengan saat ini banyak dari kalangan pengguna website yang mengalami error ketika sedang upload file. Apalagi ketika file tersebut mempunyai ukuran yang sangat besar.

Biasanya kejadian error tersebut terjadi ketika sedang melakukan upload dan juga tema yang mempunyai ukuran berat. Maka dari itu, bizzie harus mengetahui bahwa untuk CMS WordPress juga membutuhkan RAM yang khusus untuk jalan di sebuah .

Untuk memori RAM pada CMS WordPress yang stbizzier memang mempunyai ukuran penyimpanan yang tidak besar. Sehingga, ketika proses upload file dengan ukuran yang melebihi standar biasanya akan terjadi error.

Pada kebutuhan standar, memori RAM ini sudah cukup dan bisa berjalan dengan baik. Akan tetapi, untuk beberapa waktu yang menemukan kasus memory limit di harus di naikkan kapasitas penyimpanannya.

Kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara menaikkan limit WordPress memory limit. Sedangkan untuk bizzie yang membutuhkan informasi mengenai cara menaikkan limit WordPress memory limit bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Limit WordPress Memory Limit

Sebelum melanjutkan ke pembahasan mengenai cara menaikkan limit WordPress memory limit lebih baik dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. Memory limit merupakan batasan memory standar yang biasanya diberikan oleh CMS WordPress.

Untuk ukuran stbizzier penyimpanan pada dan saat memori RAM sudah mengalami penuh, maka akan terjadi lemot. Pada hal ini beda kasus ketika memory limit suda melewati batas, maka yang terjadi adalah error.

Ketika sudah lemot dan masih tetap dipaksakan, maka tetap saja tidak bisa. Maka, untuk solusinya adalah bizzie mencari cara menaikkan limit wordpress memory limit dengan ukuran yang lebih besar.

Cara Menaikkan Limit WordPress Memory Limit

Pada saat ingin menerapkan cara menaikkan limit WordPress memory limit ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Untuk beberapa langkah atau cara yang harus dilakukan adalah:

1. Melakukan Edit Script WP-Config.php

Cara menaikkan limit WordPress memory limit yang pertama adalah dengan mengedit script WP-Config.php. Akan tetapi sebelum bizzie melakukan edit script WP-Config harus melakukan login terlebih dahulu pada akun .

Baca Juga :  Cara Melihat Tema Web Kompetitor WordPress

Setelah proses login berhasil, bizzie bisa langsung saja pergi ke menu “files” dan kemudian memilih “file manager”. Di dalam halaman tersebut bizzie akan diberikan banyak pilihan folder yang membuat bingung.

Akan tetapi, untuk cara menaikkan limit WordPress memory limit bisa memilih folder yang bertuliskan “public_html” dan kemudian scroll sampai dengan bawah. Ketika sudah berada di bagian bawah memilih menu “wp-config.php”.

Pilih saja langsung beberapa menu untuk melakukan edit script WP-Config.php. Untuk pilihan tersebut berada di pojok kanan atas dan ada tulisan “thats all stop editing bizzie happy publishing”.

Perhatikan setelah bizzie memilih tulisan tersebut. Ketika belum dirubah biasanya masih berada di baris 80an. Setelah itu, bizzie bisa menambahkan script untuk cara menaikkan limit WordPress memory limit.

Untuk tambahan script tersebut untuk di bagian yang paling atas dengan  menuliskan “define(wp_memory_limit’,’256m”. Ketika semua proses tersebut sudah berhasil bizzie bisa memilih menu “save changes”.

Pada pilihan akhir ini biasanya berada di bagian pojok atas. Ada juga satu hal yang harus bizzie ketahui juga bahwa untuk ukuran memori   yang tersedia pada CMS WordPress mulai dari 32-512 MB.

2. Mengubah Settingan PHP

Cara menaikkan limit WordPress memory limit yang kedua adalah masih sama dengan yang pertama. Kesamaannya adalah kedua cara tersebut masih membutuhkan proses login terlebih dahulu.

Sedangkan untuk perbedaan cara menaikkan limit WordPress memory limit yang satu ini, bizzie tidak perlu menambahkan script terlebih dahulu. Sedangkan untuk langkah yang bisa bizzie lakukan adalah melakukan perubahan pada PHP settings.

Ketika sudah berhasil melakukan login, bizzie juga bisa langsung melakukan scroll sampai dengan bawah dan menemukan menu “”. Setelah itu, bizzie juga bisa memilih menu yang bertuliskan “select PHP version”.

Apabila sudah masuk pada menu “php selector”, bizzie juga bisa memilih menu “options” untuk melanjutkan cara menaikkan limit WordPress memory limit yang selanjutnya. Kemudian bizzie bisa lagi scroll sampai dengan bawah dan menemukan menu “memory limit”.

Setelah itu, bizzie bisa menaikkan memory limit sesuai dengan standarnya. Untuk persedian pilihan penyimpanan atau memori juga masih sama seperti yang sebelumnya yaitu 32-256MB.

Ada satu kelebihan atau keunikan untuk cara menaikkan limit WordPress memory limit yang satu ini yaitu semua perubahan bisa tersimpan secara otomatis. Sehingga, bizzie tidak perlu lagi melakukan penyimpanan setelah proses menaikkan limit memory.

3. Menghubungi Pihak Penyedia Jasa Hosting

Pada cara menaikkan limit WordPress memory limit kali ini paling gampang dan solusi yang paling akhir. Bizzie boleh langsung saja menghubungi pihak penyedia jasa untuk membantu menaikkan limit WordPress memory limit.

Baca Juga :  Kegunaan Hosting Yang Perlu Diketahui

Selain itu, bizzie juga bisa saja langsung menghubungi pihak penyedia jasa hosting dengan melewati atau kirim tiket langsung pada tim teknis. Di dalam pesan tersebut, bizzie bisa bilang bahwa terjadi error ketika sedang upload file dengan ukuran yang besar.

Ketika sudah melakukan pelaporan hal tersebut, bizzie diminta untuk menunggu sampai dengan proses benar-benar selesai. Sedangkan untuk masih ada juga kendala yang terjadi dan tidak bisa diselesaikan secara sendiri, maka bizzie bisa langsung saja melakukan konsultasi pada tim penyedia hosting tersebut.

Alasan Kenapa Harus Menaikkan Limit WordPress Memory Limit

Ketika bizzie ingin menerapkan cara menaikkan limit WordPress memory limit ada beberapa alasan yang harus diketahui. Untuk beberapa alasan ketika melakukan cara tersebut adalah:

1. Dapat Melakukan Upload Dengan Ukuran File yang Besar

Bagi bizzie yang mempunyai dan juga plugin dengan ukuran lumayan besar harus waspada. Apalagi ketika memory limit pada WordPress belum melakukan update.

Misalnya bizzie mempunyai memori pada cPanel website WordPress dengan ukuran 32 MB saja. Dengan ukuran memori tersebut hanya bisa digunakan untuk berbagai sistem lainnya saja.

Sedangkan untuk bizzie yang ingin melakukan upload plugin dengan berat lebih dari 4MB, maka akan otomatis memory limit bertambah berat. Jika website masih mampu menangani masalah tersebut, proses plugin akan tetap berjalan dan di akhir akan membuat error.

2. Menghindarkan Dari Terjadinya Error

Tentu saja untuk bizzie yang mempunyai website sangat merasa kesal ketika terjadi error. Selain itu, dengan terjadinya error tersebut bisa mengganggu performa dan ujung-ujungnya website tidak bisa berjalan secara maksimal.

Sedangkan untuk website WordPress yang sering bermasalah, tentu saja untuk hal pertama pengaruh di segi traffic website. Kemudian juga akan berlanjut pada omzet bisnis yang sedang bizzie miliki.

Maka dari itu, untuk bizzie yang sering melakukan upload file dengan ukuran besar bisa menaikkan memory limit. Sedangkan, untuk bizzie yang merasa kesulitan pada saat menerapkan cara menaikkan WordPress memory limit bisa langsung saja menggunakan solusi nomor 3.

Nah, itu sekian penjelasan mengenai cara menaikkan WordPress memory limit. Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu bizzie yang sedang mencari informasi tentang cara menaikkan WordPress memory limit. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.