fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Sistem Keamanan

Simak Cara Memperpanjang SSL dan Kegunaannya

Rianda

Sertifikat SSL memiliki masa waktu berlaku biasanya berkisar 8 tahun. Tetapi ada cara memperpanjang SSL termudah bagi pebisnis yang berkaitan dengan web developer. Berbagai pilihan cara tersedia untuk diakses oleh berbagai kalangan untuk menjaga keamanan sekaligus juga membuat website jadi lebih terpercaya.

Maka dari itu keberadaan sertifikat SSL pada sebuah website sangat diperlukan oleh semua kalangan. Serta juga tidak bisa dianggap sepele atau sebelah mata saja. Untuk itu perlu menyimak berbagai pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Memperpanjang SSL

Pembahasan pertama tentu berkaitan cara memperpanjang SSL sertifikat. Untuk ini ada berbagai pilihan yang bisa dipilih oleh masing-masing kalangan entah itu lewat berbagai bantuan aplikasi atau hosting. Penyelesaiannya untuk berbagai cara ini juga amat mudah dengan mematuhi sejumlah aturan serta stepnya.

SSL atau secure socket layer memiliki fungsi dalam hal keamanan data di internet. Belakangan ini juga ada pengganti SSL dengan nama tsl dengan fungsi yang sama atau versi baru yang lebih upgrade. Untuk hal tersebut simaklah cara memperpanjangnya berikut:

1. Memperpanjang Lewat Hosting

Cara memperpanjang SSL sertifikat pertama yaitu dengan bantuan hosting. Untuk cara penyelesaian langkah ini sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh saat melakukan pendaftaran website, terutama saat hendak mendapatkan sertifikat SSL itu sendiri. Simak langkah selengkapnya, yaitu:

  • Pertama yaitu dengan mengunjungi situs di halaman sslforfree.com.
  • Kemudian juga jangan lupa untuk memasukkan alamat website yang dimiliki oleh pebisnis atau calon pengguna. Hingga kemudian download file yang terdapat di generate system.
  • Selanjutnya yaitu dengan mengupload file tersebut pada bagian website untuk memastikan adanya proses verifikasi yang berjalan.
  • Baru kemudian install lagi sertifikat SSL yang ada melalui bantuan cpanel. Maka dari itu dipastikan akan ada perubahan terkait tanggal kadaluarsanya dengan melihat pada cek expired date.

2. Mengganti Sertifikat yang Kadaluarsa

Berikutnya sebagai cara memperpanjang SSL sertifikat yaitu dengan pengganti yang telah kadaluarsa. Lalu dipajang pada situs tersebut dikarenakan akan ada tautan perpanjang yang diberikan oleh ssl.com untuk dapat memilih jenis yang sama. Untuk langkah ini simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut:

  • Pertama yaitu dengan masuk pada bagian portal atau akun yang dimiliki lalu klik pada perintah pesanan.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk mengklik daftar sertifikat yang telah dibeli. Maka dari itu semua sertifikat yang berwarna merah atau kadaluarsa akan segera tertampil.
  • Jika ingin melakukan perpanjangan cukup klik pada perintah perpanjangan lalu akan ada informasi baru yang diberikan berkaitan dengan hal ini.
  • Biasanya ini juga berkaitan dengan perubahan pembaharuan serta link email serta berbagai hal yang mesti diubah oleh masing-masing pemiliknya.

Guna Memperpanjang SSL

Setelah mengetahui sejumlah acara untuk memperpanjangnya pasti ada hal lain yang ingin diketahui. Termasuk diantaranya adalah kegunaan dari memperpanjang sertifikat SSL tersebut. Seperti yang telah dijelaskan jika SSL begitu penting untuk sebuah website.

Sehingga dengan tetap memastikan adanya sertifikat dengan cara memperpanjang ini akan sangat membantu. Utamanya dalam pengoperasian karena memastikan server tujuan menerima informasi yang hendak dikirim. Serta meminimalisir kerugian dari adanya pencurian data pada website.

Jadi itulah bahasan singkat terkait cara memperpanjang SSL termudah. Sekaligus juga kini ada berbagai pilihan yang bisa dilakukan oleh masing-masing orang untuk dapat memperpanjang hal tersebut. Sehingga berbagai keinginan pun dapat diwujudkan secara mudah.

Terlebih rasa percaya konsumen akan menurun bila tidak ada kredibilitas baik sebuah website. Keberadaan SSL dapat jadi jaminan nama baik website bagi pihak lain. Jadi jangan pernah menyepelekan hal ini.

Baca Juga