fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AffiliatePanduanWebsite

Cara Membuat Web Afiliasi untuk Pemasaran

Wiliam

Pemasaran digital  kian banyak diterapkan oleh pengusaha, baik itu mikro maupun makro. Salah satunya melalui program afiliasi. Pada dasarnya, strategi afiliasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi di setiap penjualan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait cara membuat website afiliasi agar Anda memperoleh keuntungan pada setiap penjualan. Program ini diperuntukkan untuk semua orang. 

Dibandingkan menjual produk secara fisik, mengikuti program afiliasi memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan hanya dengan memasang tautan hingga ada transaksi dari pembeli melalui link yang anda bagikan.

Nah untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini langkah mudah membuat website sebelum akhirnya memulai program afiliasi:

Menentukan niche afiliasi

Saat ini, ada banyak sekali program afiliasi yang dibuka oleh beberapa perusahaan hingga marketplace. Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja menentukan niche afiliasi Anda.

 Membangun situs Web pemasaran afiliasi mengharuskan anda menentukan topik tertentu, baik itu yang sedang tren, ataupun produk yang banyak dicari oleh pengguna. Beberapa pertanyaan terkait riset niche ini meliputi:

  • Apa yang anda sukai?
  • Kegiatan seperti apa yang sedang Anda lakukan saat Senggang dan membuat anda lupa waktu?
  • Topik apa yang disukai teman, kerabat, atau orang yang ada disekitar anda?

Beberapa  pertanyaan diatas bisa membantu Anda menentukan topik afiliasi yang sesuai dengan lingkungan sekitar.

Setelah itu, pastikan untuk membuat beberapa daftar dan memilah manakah yang paling keren dan memungkinkan Anda untuk menjalankannya. Pastikan topik yang dipilih itu sesuai dengan minat serta kemampuan anda.

Join dengan Program Afiliasi Terbaik

Selanjutnya setelah menentukan topik afiliasi ya nit menemukan program pemasaran afiliasi terbaik yang bisa anda tempati untuk bergabung. Dalam hal ini, anda bisa menemukan peluang afiliasi, diantaranya:

  • Afiliasi internal, di mana dalam program ingin diterbitkan langsung oleh perusahaan seperti contohnya Amazon associate
  • Jaringan afiliasi, merupakan program yang menjembatani afiliasi dengan penjual dengan berbagai merek.

Tidak masalah jika ingin bergabung di kedua program afiliasi tersebut, namun ada beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan. Diantaranya:

  • Ikan program afiliasi atau perusahaan yang anda pilih memiliki reputasi dan track record yang baik
  • Pilih produk atau layanan yang sesuai dengan topik yang sudah dipilih sebelumnya
  • Mencari program afiliasi dengan harga kompetitif
  • Ikan untuk membaca syarat serta ketentuan yang diberikan oleh pemilik program afiliasi

Tentukan jenis situs website

Telah menemukan topik afiliasi, ini membantu Anda agar bisa menentukan jenis situs Web yang akan digunakan. Entah itu menggunakan blog, daftar ritel, situs tinjauan produk, perbandingan harga, hingga situs Web penawaran harian.

Beberapa daftar di atas tentu memiliki spesifikasi nya masing masing dan untuk informasi lebih jelasnya bisa menyimak poin di bawah ini:

  • Blog,  jika Anda memilih website pemasaran afiliasi jenis blok maka hanya perlu menyematkan link afiliasi pada konten yang diupload. Pastikan tautan ini relevan dengan topik blog anda agar pembaca tidak merasa bahwa ini adalah penipuan
  • Daftar ritel, merupakan website pemasaran afiliasi yang bentuknya seperti e commerce. Perbedaan ya, daftar ritel ini mencantumkan Aitem Pengecer lain lalu mengarahkan konsumen ke Web mereka dengan cara menggunakan tautan afiliasi
  • Situs tinjauan produk, merupakan sebuah website yang berisikan ulasan produk yang sebelumnya sudah terlebih dahulu digunakan oleh pemiliknya. Setiap ulasan nantinya akan berisi tautan afiliasi
  • Situs perbandingan harga, adalah sebuah platfrom yang didalamnya menunjukkan perbandingan harga kepada pelanggan dari berbagai toko. Di sini, konsumen akan dimudahkan untuk mencari produk sesuai dengan budget yang dimilikinya
  • Situs web penawaran harian, di mana Anda bisa mendapatkan komisi dengan cara mengumpulkan berbagai kesepakatan dari bisnis serta produsen di suatu tempat. Situs ini juga menguntungkan konsumen karena mereka bisa menggunakan kupon pada situs Web tersebut

Memilih nama domain serta penyedia web hosting

Selanjutnya, Anda dihadapkan pada pemilihan nama domain serta mencari penyedia web hosting yang. Saat ini, ada banyak sekali provider yang bisa memfasilitasi Anda untuk membuat Web pemasaran afiliasi guna mendapatkan keuntungan dari berbagi  tautan.

Nama domain membantu pelanggan menemukan situs Anda saat mencarinya di Google search. Apalagi sekarang, para provider sudah menyediakan nama domain Included dengan web hostingnya.

Setelah memilih nama domain dan memastikan bahwa tidak ada yang sama, selanjutnya Anda harus menyesuaikan situs Web dengan mengatur beberapa pengaturan seperti tema, widget dan personalisasi menu, dan menginstal beberapa plugin penting lainnya.

Mulai membuat konten yang relevan dengan produk afiliasi yang ditawarkan

Setelah  website pemasaran afiliasi selesai dibuat oleh penyedia layanan, selanjutnya anda sudah bisa membuat konten agar bisa membagikan tautan afiliasi.

Ikan, konten yang dibuat ini sudah relevan dengan produk yang ditawarkan. Jangan lupa untuk menerapkan teknik SEO, agar konten Anda atau Web bisa muncul di pencarian Google dalam hal ini page one.

Ada beberapa indikator lain yang bisa menaikkan trafik website Anda, seperti diantaranya:

  • Penggunaan gambar yang berkualitas
  • Penyebaran kata kunci yang tepat
  • Konten yang mobile friendly

Penting juga untuk anda ingat dalam program afiliasi ini, yaitu membuat dokumen agar kerjasama ini bisa memiliki nilai di mata hukum. Artinya, jika terjadi sesuatu di luar dugaan nantinya, ada perlindungan hukum yang anda pegang.

 Nah, demikianlah beberapa langkah membuat Web pemasaran afiliasi yang wajib Anda coba jika tertarik terjun dalam bidang pekerjaan satu ini. Bagaimana? Siap untuk memulai? Jangan lupa pakai layanan dari provider terpercaya, ya!

Baca Juga