Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula – DewaBiz

Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula – DewaBiz

Kali ini DewaBiz akan share cara membuat toko online untuk pemula. Tentu artikel ini merupakan kabar gembira bagi setiap pebisnis online yang belum tahu caranya membuat website toko online. Dalam tutorial ini, Anda akan menemukan betapa mudahnya membuat website toko online dengan menggunakan WordPress.

Dengan WordPress, Anda bisa membuat toko online sehingga Anda bisa menjual berbagai produk atau layanan dari brand Anda. Bagi pemula, WordPress ini dapat menjadi solusi paling mudah dan murah dalam membuat toko online.

Jadi tak perlu lagi tuh, beli website toko online di developer. Anda tinggal beli domain dan hosting di DewaBiz, dan sedikit melakukan setting dengan menggunakan WordPress. Penasaran bukan? Anda bisa menemukan cara membuat toko online untuk pemula di bawah ini!

 

Cara Membuat Toko Online Menggunakan WordPress

Apakah Anda ingin membuat website online shop, namun tidak tahu harus memulainya dari mana? Apakah Anda tidak tahu apa saja kebutuhan untuk membuat website e-commerce? Enyahkan segera keraguan dan kekhawatiran Anda. Dalam artikel ini, DewaBiz akan menjelaskan secara gamblang cara membuat toko online untuk pemula!

Tak dapat dipungkiri, cara membuat toko online untuk pemula bisa menggunakan WordPress. Jadi mengapa mesti menggunakan WordPress? Yes akan kami jelaskan ya! WordPress merupakan CMS (content management system) yang bersifat open-source. Jadi pengguna bisa melakukan kostumisasi sesuka hati, salah satunya yaitu membuat online shop.

Selain itu, WordPress itu bisa didapatkan secara free! Ya betul sekali, tak perlu mengeluarkan budget karena WordPress bisa diunduh gratis! Kerennya WordPress, CMS satu ini cocok untuk semua kalangan. Mulai dari developer pro hingga pemula.

Tak mengherankan jika ¼ website yang ada di internet dibuat dengan menggunakan WordPress. Meskipun sangat user-friendly, namun hasilnya sangat mencengangkan! Anda bisa membuat website dengan sistem dan tampilan profesional dengan mudah dan cepat.

 

Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula – Memilih Domain dan Hosting

Langkah pertama yang mesti Bizzie lakukan dalam membuat website WordPress yaitu membeli domain dan hosting di DewaBiz. Perlu Anda ketahui, Anda hanya bisa membuat website toko online yang sifatnya fully customized dengan menggunakan WordPress self-hosting. Itu artinya, Anda membutuhkan domain dan hosting.

Bagi Bizzie yang belum tahu, domain merupakan URL utama website, dimana orang-orang akan mengetikannya di browser nanti. Contohnya seperti www.dewabiz.com. Anda bisa cek link di bawah ini jika membutuhkan panduan membeli domain di DewaBiz!

Cara Beli Domain di DewaBiz

Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula – Memilih Hosting

Selain domain, Anda juga membutuhkan hosting. Hosting itu ibarat ‘rumah’ untuk website Anda nantinya. Disanalah tersimpan berbagai file, sistem, email, dan lainnya.

DewaBiz menyediakan berbagai paket hosting unlimited untuk pemula. Jika Anda benar-benar pemula, Anda bisa memilih paket Starter Pro dengan harga 9.9 ribu saja perbulannya. Jika Anda ingin spesifikasi yang lebih bagus, Anda bisa memilih paket Marketer Pro. Untuk panduan lengkap mengenai cara beli hosting di DewaBiz, bisa Anda temukan di bawah ini.

Cara Beli Hosting di DewaBiz

 

Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula – Install WordPress

Setelah Anda membeli domain dan hosting, maka Anda bisa mengakses berbagai software di cPanel. Nah salah satu software yang bisa Anda akses lewat cPanel yaitu Softaculous. Nah lewat Softaculous ini, Anda bisa melakukan instalasi WordPress.

Setelah Anda membeli hosting, Anda bisa menemukan akses cPanel di member area. Selain itu, Anda ‘pun bisa menemukan data akses cPanel lewat email yang dikirimkan oleh DewaBiz. Nah untuk instalasi WordPress lewat Softaculous ini, silakan Anda cek link di bawah ini!

Cara Install WordPress Lewat Softaculous

 

Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula – Install Plugin E-Commerce

Setelah Anda meng-install WordPress, maka langkah selanjutnya yaitu meng-install plugin e-commerce. Kok mesti pakai plugin e-commerce? Ya karena WordPress tidak menyediakan fitur-fitur pembuatan website e-commerce. Untungnya, Anda bisa mengunduh plugin e-commerce sehingga Anda ‘pun bisa membuat situs e-commerce dengan mudah.

Nah salah satu plugin pembuatan olshop paling cocok untuk pemula yaitu WooCommerce. Yap, betul sekali WooCommerce! Tak perlu keluar budget sama sekali, karena WooCommerce ini sepenuhnya free. Ada banyak kelebihan WooCommerce ini dan bisa menemukannya di bawah ini!

  • Gratis

Jika dana Anda pas-pasan, maka jangan khawatir. Anda tetap bisa membuat website toko online dengan WooCommerce. Tenang saja, WooCommerce ini sepenuhnya free kok!

  • Simpel Namun Sangat Powerful

Pada dasarnya, WooCommerce ini merupakan plugin yang bersifat all-purpose. Anda bisa membuat jenis website apapun, termasuk toko online. Kerennya lagi, WooCommerce ini sangat simpel sehingga cocok untuk pemula. Selain itu, WooCommerce ini juga mendukung strong security system untuk website.

  • SEO-friendly

Jika berbicara mengenai situs dengan kategori SEO-friendly, maka situs yang dibuat dengan WordPress masuk dalam lineup. Yes, Google sangat menyukai WordPress. Itulah mengapa membuat toko online dengan WordPress yang didalamnya terpasang WooCommerce, merupakan pilihan tepat.

  • Multifungsi

Setelah Anda meng-install WooCommerce, Anda ‘pun bisa menambahkan berbagai addon dan plugin sehingga Anda berhasil membuat toko online yang sesuai dengan ekspektasi.

  • Update Berkala

WooCommerce merupakan plugin yang bersifat open-source, jadi pengguna bisa meng-update plugin kapanpun.

 

Panduan Setting Dasar WooCommerce di WordPress

Nah setelah Anda memutuskan untuk menggunakan WooCommerce, maka langkah selanjutnya melakukan setting WooCommerce di WordPress. Tenang saja, DewaBiz akan memandu Anda di bawah ini!

  • Silakan Anda log in dulu ya ke dashboard WordPress.

  • Nah sebelum install WooCommerce, pastikan Anda mengatur hal-hal mendasar terlebih dahulu mengenai toko online Anda.
  • Silakan Anda klik Settings, maka Anda akan diarahkan ke laman General Settings.

  • Silakan Anda masukan berbagai informasi dasar mengenai toko online Anda. Pastikan untuk WordPress Address dan Site Address menggunakan https:// agar website lebih aman.

  • Setelah beres dengan setting dasar, maka langkah selanjutnya yaitu menambahkan plugin WooCommerce. Silakan masuk ke Plugin lalu klik Add New.

  • Setelah itu masukan kata kunci ‘WooCommerce’ di kolom pencarian.

  • Setelah itu klik Install Now.

  • Lalu WordPress membawa WooCommerce ke presentasi khusus, lalu Anda tinggal klik ‘Activate’.

  • Setelah aktif, maka WooCommerce akan menunjukan setup informasi mengenai toko online. Pertama WooCommerce mempersilakan Anda untuk mengisi form alamat toko online.

  • Jika Anda tidak memiliki toko fisik atau enggan menyebutkan alamat toko, maka klik Skip setup store details.

  • Setelah itu WooCommerce akan menunjukan rekomendasi penggunaan fitur Usage Tracking. Silakan centang Yes, count me in! lalu klik Continue.

  • Setelah itu jelaskan mengenai bisnis toko online Anda lebih jauh lagi. Jenis bisnis apa yang Anda jalankan? Silakan pilih salah satu. Selain produk fisik, ada biaya yang mesti Anda keluarkan. Jika sudah memilih, silakan klik Continue.

  • Setelah itu masukan detail bisnis Anda. Berapa banyak produk yang Anda jual, silakan Anda pilih.

  • Apakah Anda melakukan penjualan di tempat lainnya? Selain opsi No, maka ada pertanyaan lanjutan yaitu total pendapatan tahunan dan platform penjualan lain yang Anda ikuti.

  • WooCommerce juga memberikan rekomendasi dari beberapa platform lainnya.

  • Jika sudah, klik Continue.

  • Pada menu lainnya, Anda diperlihatkan pemilihan theme toko online.

  • Anda bisa cek semua theme di All themes. Anda juga bisa memilih theme berbayar. Silakan Anda pilih salah satu theme dengan mengklik Choose. Anda pun bisa melihat live demo dari penggunaan theme tersebut.

  • Jika Anda scroll ke bawah, Anda pun bisa menemukan opsi upload theme. Jika Anda punya theme sendiri, silakan upload theme Anda.

  • Setelah memilih theme, WooCommerce juga menawarkan plugin Jetpack dan WooCommerce Shipping & Tax. Kedua plugin tersebut free, jika Anda tertarik silakan klik Yes please! Jika kurang yakin silakan klik Terms of Service.

  • Setelah itu, silakan Anda buat akun Jetpack agar segera bisa digunakan. Klik Create your account.

  • Jika Anda butuh panduan silakan klik Next. Jika tidak silakan klik tanda X di kanan atas.

  • Nah setelah itu, Anda bisa edit tampilan website dengan mengakses fitur Customize. Silakan Anda edit tampilan website toko online sesuai kebutuhan.

 

Menambahkan Produk di WooCommerce

Nah lewat WooCommerce, Anda bisa menambahkan produk dengan mudah di website. Berikut panduannya!

  • Anda tinggal ke menu Products, lalu klik Add New.

  • Silakan masukan judul produk, ulasan produk, dan termasuk media.

  • Setelah itu silakan masukan data produk Anda.

  • Anda pun bisa memasukan deskripsi singkat produk Anda. Anda bisa memasukan foto produk dan form kontak.

 

Kesimpulan

Seperti yang Anda baca di atas, cara membuat toko online untuk pemula di atas bisa disebut relatif mudah. Anda bisa menggunakan WordPress dan WooCommerce untuk menciptakan toko online profesional. Setelah Anda bisa membuat website toko online, Anda jadi kaget sendiri. Kenapa? Karena Anda tak perlu lagi membayar developer untuk membuatkan toko online. Semoga bermanfaat!

 

Related Posts