Apa Itu Softaculous Auto Installer? Bangun Website Jadi Lebih Mudah dan Cepat!

Apa Itu Softaculous Auto Installer? Bangun Website Jadi Lebih Mudah dan Cepat!

Bagi Anda yang punya pertanyaan mengenai apa itu Softaculous auto installer, Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini! Jika Anda sudah membeli hosting murah berkualitas di DewaBiz, Anda akan mendapatkan akses cPanel. Nah didalam cPanel ini Anda akan menemukan salah satu installer yaitu Softaculous.

Sesuai namanya, Softaculous merupakan auto installer yang bisa digunakan di control panel hosting. Dari segi kecepatan install, auto installer satu ini tak dapat diragukan lagi kecepatannya. Bahkan bisa dibilang, Softaculous merupakan auto installer tercepat dengan berbagai kelebihan lainnya. Dengan Softaculous, siapapun bisa meng-install script dengan mudah dan cepat. Khususnya dalam pembuatan website, Softaculous ini memudahkan setiap developer, marketer, hingga blogger dalam membangun website.

Bagi Anda yang ingin membangun website dengan cepat dan mudah, Softaculous mesti masuk kedalam wishlist Anda. Nah dalam artikel ini, DewaBiz akan membahas Softaculous auto installer hingga ke akar-akarnya! Jadi simak terus ya!

 

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

Bagi Bizzie yang selalu bertanya-tanya apa itu Softaculous auto installer, kami akan bahas lebih jauh. Di era digital seperti sekarang, kecepatan adalah segala-galanya. Jika Anda lambat sedikit saja, maka Anda ‘pun ‘ketinggalan kereta’. Termasuk dalam hal pembuatan website, aplikasi, atau software, Anda mesti menggunakan tool yang dapat membuat proses pembuatannya jadi lebih cepat.

Jika dibandingkan dengan auto installer lain, Softacalous ini lebih banyak digunakan. Mengapa? Simpel saja yaitu karena kecepatan dan fleksibilitasnya! Selain itu, Softaculous auto installer juga pada umumnya merupakan tool wajib yang dimiliki penyedia hosting berkualitas seperti DewaBiz.

Lebih detailnya, Softacauous merupakan script library yang diperjualbelikan secara bebas. Instalasi script dijalankan secara otomatis, baik itu untuk kontrol panel open-source ataupun closed-source. Nah, Softaculous ini bisa ditemukan dan difungsikan di control panel. Berbagai layanan control panel seperti cPanel, Plesk, hingga DirectAdmin bisa dipasangi auto-installer satu ini.

Baca juga: Cara Aktivasi ionCube Loader di cPanel

Proses instalasi sangatlah cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja. Misalnya saat meng-install CMS WordPress, maka lewat Softaculous ini, Anda hanya tinggal menunggu beberapa detik saja. Auto-installer satu ini cocok untuk semua kalangan, baik itu web builder pemula ataupun developer profesional.

Cloud hosting, cloud VPS, hingga semi dedicated hosting dari DewaBiz juga sangat cocok disandingkan dengan Softaculous. Selain memudahkan proses instalasi, Softaculous juga sangat memudahkan untuk backup data. Softaculous ini bisa Anda dapatkan secara gratis ataupun berbayar. Untuk versi berbayar, Anda bisa mendapatkan hingga 436 script dan 1115 PHP class. Kabar baiknya, jika Anda memesan paket hosting di DewaBiz, Anda bisa mendapatkan auto installer terbaik di dunia ini secara cuma-cuma.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

Dengan banyaknya jenis script yang bisa di-install, tentu hal ini sangat menguntungkan bagi web builder. Khususnya bagi Anda yang punya banyak klien, Softaculous auto installer ini menawarkan banyak opsi script pembuatan website.

 

Kelebihan Softaculous Auto Installer

Apa Itu Softaculous Auto Installer? 3

Dengan banyaknya opsi script yang ditawarkan, tentu Softaculous auto installer ini wajib Anda gunakan. Namun jika Anda masih ragu dengan salah satu auto installer terbaik di dunia ini, coba Anda cek beberapa kelebihan Softaculous di bawah ini!

  • Mudah Digunakan

Kunci utama mengapa Softaculous jadi installer terbaik di dunia yaitu kecepatannya yang ‘gila’. Dengan sekali klik saja, sistem script langsung ter-install. Semudah menjentikan jari! Anda tak perlu lagi mengunggah file lewat FTP, melakukan kompresi data, dan berbagai pengaturan yang kompleks. Jadi tak mengherankan jika banyak internet marketer yang memfavoritkan Softacalous, khususnya saat meng-install WordPress.

  • Terorganisasi Dengan Baik

Auto installer satu ini juga memiliki interface yang sangat terorganisir. Semua opsi script tertata dengan rapi sesuai kategori. Jadi Anda bisa dengan mudah menemukan CMS atau aplikasi sesuai dengan yang Anda butuhkan.

  • Komunitas

Nah agar pengguna Softaculous semakin teredukasi, Softaculous juga menyediakan forum. User bisa berkomentar, mengevaluasi, hingga memberi ulasan pada script yang dibuat oleh user lain. Jika Anda mengalami kesulitan, maka Anda tinggal membuat thread. User lain akan memberikan solusi untuk Anda.

  • Keamanan

Hal keren lainnya terkait Softaculous yaitu dari sisi keamanannya. Jika ada update pada CMS, maka tool satu ini akan memberi peringatan. Perlu dicatat bahwa update CMS sangatlah penting saat mengelola website. Jika tidak, maka website sangat rentan terkena serangan hacker.

Selain dari sisi peringatan saat adanya update, Softaculous juga menjamin keamanan informasi personal dari pengguna. Berbagai informasi yang sifatnya privat tersimpan dan terinkripsi. Selain itu, berbagai CMS dan aplikasi yang ada di Softacalous juga ter-install pada HTTPS. Jadi lebih aman dong tentunya!

 

Perbandingan Softaculous dengan Fantastico

Apa Itu Softaculous Auto Installer? 5

Jika beberapa kelebihan di atas masih membuat Anda ragu, maka kami akan membandingkan Softacalous dengan auto installer lain. Rival terberat Softacalous yaitu Fantastico, jadi kami akan membandingkannya dengan Fantastico. Keduanya pada esensinya memiliki prinsip fungsi yang sama, namun memiliki beberapa perbedaan! Coba cek di bawah ini!

  • Jumlah Script yang Ditawarkan

Softacalous ini menawarkan lebih banyak script dibanding Fantastico, baik itu versi gratis maupun yang berbayar.

  • Backup

Perbedaan paling kentara yaitu dari segi backup data. Lewat Softaculous, Anda bisa backup dan restore data website Anda. Kebalikannya, Fantastico tidak bisa melakukan hal itu.

  • Interface

Dari sisi interface keduanya juga berbeda. Nah untuk hal ini sifatnya personal, sesuai selera Anda.

  • Update

Butuh notifikasi yang lebih banyak dan cepat? Maka gunakanlah Softaculous auto installer! Softaculous memberikan update yang lebih sering dibanding rivalnya yaitu Fantastico.

 

Cara Menggunakan Softaculous

Apa Itu Softaculous Auto Installer? 6

Bagaimana cara penggunaan Softaculous? Oke, kami jamin bahwa Anda bisa menggunakannya dengan sangat mudah, bahkan jika Anda masih newbie. Softaculous ini memiliki tagline ‘1-click installation’, jadi hanya dengan sekali klik saja Anda sudah bisa mengakses dashboard Softaculous auto installer. Dengan sekali klik, Anda bisa mendapatkan segalanya lewat Softaculous!

Jadi jika hosting menyediakan layanan Softaculous, itu menjadi suatu keberkahan, karena Anda bisa melakukan instalasi dengan mudah dan cepat! Untuk memudahkan Anda, kami akan menggunakan sampel instalasi CMS WordPress lewat Softaculous auto installer.

  • Pertama, Anda tinggal masuk ke cPanel.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Lalu cek di bagian Software, Anda akan menemukan ikon Softaculous auto installer. Klik oleh Anda ikon tersebut! Dengan sekali klik, Anda sudah masuk ke dashboard Softaculous.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Lalu di kategori Blogs, klik WordPress (selain WordPress, Anda juga bisa install CMS lain seperti Pretashop).

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Lalu pada logo WordPress, klik Install Now.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Setelah itu, Anda atur pengaturan WordPress di Softaculous. Isi berbagai kolom yang ada.
  • Pada bagian Software Setup isi versi WordPress (pastikan Anda memilih versi terbaru) dan juga domain.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Pada bagian Site Settings isi nama website dan deskripsi website.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Lalu pada bagian Admin Account, isi username, password, dan email admin.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Dibawahnya pilih bahasa yang ingin digunakan.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Lalu dibawahnya ada opsi plugin, silakan pilih yang Anda butuhkan.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Lalu pilih template website yang ingin digunakan.

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

  • Terakhir, klik Install!

Apa Itu Softaculous Auto Installer?

Catatan: Jika Anda menemukan bahwa website tidak bisa terbuka setelah meng-install WordPress lewat Softaculous, sebaiknya cek name server. Jika sudah diperbaiki, maka tunggu untuk propagation. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa menggunakan layanan tiket untuk mendapatkan support dari tim DewaBiz.

 

Install Softaculous Langsung ke Server

Apa Itu Softaculous Auto Installer? 7

Kelebihan Softaculous yaitu juga bisa di-install tanpa cPanel. Ya, Anda bisa melakukan instalasi langsung ke web server. Caranya yaitu dengan menggunakan Softaculous Remote. Nah Anda bisa install install script dengan bantuan FTP.

 

Fitur-fitur Lain Dari Softaculous

Apa Itu Softaculous Auto Installer? 8

Selain fitur instalasi yang super cepat, Softaculous juga menawarkan berbagai fitur keren lainnya. Anda bisa menemukannya di bawah ini!

Update Harian

Softaculous memonitor semua program yang dimilikinya dan terus di-update setiap hari. Jadi Softaculous memastikan bahwa user mendapatkan versi terbaru.

Demo

Agak ribet jika Anda mesti install CMS secara keseluruhan hanya untuk melakukan pengetesan. Kabar baiknya, Softaculous menyediakan fitur demo, dimana Anda bisa menjajal satu persatu CMS tanpa perlu install secara keseluruhan.

Backup dan Restore

Lewat Softaculous, Anda bisa melakukan backup dan restore dengan mudah.

Rating dan Review

Agar user mendapatkan CMS atau aplikasi terbaik, Softaculous auto installer menyertakan rating dan review di setiap CMS dan aplikasi.

Installation Cloning

Ini nih salah satu fitur keren yang dimiliki Softaculous! Ya, auto installer satu ini menyediakan fitur installation cloning. Anda bisa menggandakan program yang sudah ada. Setiap elemen bisa di-cloning, baik itu kode kustom, konfigurasi, hingga database yang berisikan konten-konten.

 

Pertanyaan-pertanyaan Umum Mengenai Softaculous

  • Apakah softaculous bisa didapatkan secara gratis?

Ya Anda bisa mendapatkannya gratis namun dengan opsi dan fitur yang terbatas. Untuk mendapatkan opsi dan fitur maksimal, Anda mesti membeli Softaculous berbayar.

  • Apakah Bisa Menghapus Program yang Sudah Di-install?

Bisa! Anda bisa uninstall program yang sudah terpasang di Softaculous.

  • Bisakah Softaculous Bisa Mengambil Program yang Sudah Ter-install di Fantastico?

Bisa!

 

Nah itulah jawaban atas pertanyaan apa itu Softaculous auto installer, bagaimana sudah tercerahkan bukan? Tak diragukan lagi, Softaculous auto installer merupakan tool yang wajib dimiliki bagi Bizzie yang butuh kecepatan dan ketepatan. Anda bisa membuat berbagai jenis program! Mau itu blog, e-commerce, forum, gaming, dan lainnya! Selain itu, Softaculous juga menawarkan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh auto installer lain! Jika Anda membeli hosting di DewaBiz, Anda bisa mendapatkan akses Softaculous secara cuma-cuma!

 

Related Posts