Cara Membuat Subdomain di cPanel – DewaBiz

Cara Membuat Subdomain di cPanel – DewaBiz

Hi Bizzie, lagi cari cara membuat subdomain di cPanel? Yes, you get what you want! Kabar baiknya, membuat subdomain tidaklah serumit dan semahal saat Anda membeli domain utama. Ya betul sekali, subdomain ini bisa dibuat dengan mudah dan pastinya tidak memerlukan budget sama sekali!

Bagi Bizzie yang belum tahu, subdomain merupakan bagian tambahan dari domain utama. Dengan adanya subdomain, maka Anda bisa membuat alamat berbeda, namun masih satu rumpun dengan domain utama. Selain itu, subdomain ini juga bisa menjadi resource data tambahan untuk website. Tentunya dengan directory terpisah dari domain utama.

Subdomain ini bisa saja diperlukan, khususnya jika Anda membutuhkan halaman khusus yang berkenaan dengan produk, layanan, form, ataupun penawaran khusus. Oke bagi Anda yang butuh cara membuat subdomain di cPanel, akan kami jelaskan di bawah ini!

 

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Nah Bizzie sebelum kita landing ke pembahasan cara membuat subdomain di cPanel, ada baiknya kita pahami dulu apa itu subdomain. Subdomain atau disebut juga child domain dibuat khususnya dengan tujuan untuk mengatur dan mengarahkan bagian lain dari website. Anda bisa menciptakan banyak sekali subdomain di cPanel loh!

Baca juga: Syarat Transfer Domain ke DewaBiz

Salah satu tujuan pembuatan subdomain yang paling umum yaitu untuk testing website. Ya, banyak developer yang menjadikan subdomain ini sebagai sarana testing sebelum website landing secara online. Selain itu, subdomain juga sering digunakan untuk mengetes plugin, theme, dan berbagai update yang berkaitan dengan software.

Contoh subdomain ini yaitu https://member.dewabiz.com. Penambahan label ‘member’ sebelum label domain utama menunjunkan bahwa URL tersebut merupakan subdomain. Nah di bawah ini, DewaBiz akan menunjukan cara membuat subdomain di cPanel. Dimohon untuk fokus ya, biar Anda paham!

  • Silakan Anda log in dan masuk ke cPanel Anda. Lalu di cPanel telusuri menu Domains, lalu klik Subdomains.

  • Pada laman Subdomains, silakan masukan nama subdomain yang Anda inginkan. Untuk Document Root, jika Anda tidak punya opsi directory apapun, biarkan document root ke opsi default.

  • Lalu klik Create.

  • Selesai, Anda berhasil membuat subdomain.

 

Nah Bizzie, itulah cara membuat subdomain di cPanel. Bagaimana, mudah banget kan? Hanya dengan beberapa klik, Anda sudah bisa membuat subdomain lewat cPanel. Pastikan Anda tidak asal-asalan ya saat membuat subdomain. Anda mesti punya alasan yang kuat. Misalnya, subdomain digunakan untuk produk/layanan khusus, menargetkan kata kunci yang lebih spesifik, menggunakan bahasa yang berbeda, untuk testing, dan lainnya.

 

Related Posts