Cara Membuat Database MySQL di cPanel Hosting

Cara Membuat Database MySQL di cPanel Hosting

Hi Bizzie! Apa kabar? Kali ini kami akan share cara membuat database MySQL di cPanel hosting. Jadi Anda bisa membuat sistem pengelolaan database website.

Fitur MySQL ini bisa memiliki banyak manfaat. Selain bisa mengelola volume data dalam jumlah banyak, Anda ‘pun bisa menyimpan data dalam bentuk tabel dan menghimpunnya dalam satu database. Dengan user interface yang simpel, Anda bisa membuat dan mengelola database MySQL dengan mudah dan cepat.

Oke langsung saja Bizzie, segera cek cara membuat database MySQL di cPanel hosting di bawah ini!

 

Langkah-langkah Membuat Database MySQL di cPanel Hosting

Selain bisa digunakan untuk mengelola database website, MySQL ini juga mampu meningkatkan security system. Dengan mengatur profil MySQL, itu artinya Anda menetapkan izin khusus kepada setiap user/admin website.

Baca juga: Cara Reset Password WordPress di cPanel

Jadi selain Anda, tidak ada yang memiliki akses penuh terhadap pengelolaan database website. Oke langsung saja, berikut ini Bizzie akan menemukan cara membuat database MySQL di cPanel hosting!

  • Pertama silakan Bizzie log in ke cPanel, cari menu Databases, lalu klik MySQL Databases.

  • Langkah selanjutnya, silakan Bizzie beri nama database pada kolom paling atas. Jika terdiri lebih dari dua kata, jangan pakai spasi ya! Jika sudah klik Create Database.

  • Nah selanjutnya coba scroll ke bawah, lalu Anda akan menemukan Add New User. Silakan masukan username tanpa spasi ya jangan lupa. Lalu masukan password yang Anda kehendaki. Agar lebih cepat dan aman, Anda bisa menggunakan Password Generator. Jika sudah, langsung saja klik Create User.

  • Setelah itu scroll lagi ke bagian bawah, Anda akan menemukan Add User To Database. Disini Anda bisa menghubungkan user dengan database tertentu. Jika sudah menentukan User dan Database, silakan klik Add.

  • Pada laman Manage User Privileges, klik All Privileges. Maka semuanya akan tercentang, lalu klik Make Changes.

 

That’s it! Akhirnya Anda bisa membuat database MySQL di cPanel hosting! Mudah bukan? Dengan memasang MySQL, itu artinya Anda memiliki izin khusus pengelolaan database website. Semoga bermanfaat ya Bizzie!

 

 

Related Posts